Sukses

AM Fatwa Pimpin Perolehan Suara Sementara DPD DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua MPR Andi Mappetahang Fatwa masih memimpin penghitungan sementara perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DKI Jakarta. Calon incumbent atau petahana ini meraih meraih 172.875 suara.

Hasil tersebut berdasarkan data penghitungan suara calon anggota DPD DKI yang diperoleh Posko Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum DKI di Balaikota Jakarta. Dengan jumlah suara yang masuk hingga Selasa 15 April kemarin sebanyak 1.340.514 suara.

"AM Fatwa mengalahkan 34 caleg DPD DKI lainnya. Untuk sementara ini dia masih memimpin jumlah perolehan suara dalam Pileg (Pemilu Legislatif) 9 April lalu," kata petugas posko Woko di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Posisi kedua diduduki caleg DPD Fahira Idris dengan perolehan suara 170.041. Fahira merupakan anak dari Kartini Hasan Basri, putri mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hasan Basri.

Di peringkat ketiga diraih Dailami Firdaus dengan 137.960 suara. Dailami yang merupakan calon independen DPD DKI adalah Wakil Rektor II Universitas Islam As-Syafi'iyah, Jakarta. Politisi berusia 75 tahun ini telah dilantik sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syari'ah (MES) Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Sementara, perolehan suara terbanyak keempat diraih Abdul Azis Khafia dengan 113.387 suara. Abdul Azis adalah anggota DPRD DKI periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.