Sukses

Wasekjen PDIP: Jokowi Bertemu Dubes Asing Bukan Minta Restu

Liputan6.com, Jakarta - Bakal capres PDIP Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bertandang ke kediaman pengusaha Jacob Soetoyo di Jalan Sircon G73, Permata Hijau, Jakarta Selatan, Senin 14 April . Di rumah itu, hadir pula para dubes-dubes negara tetangga, termasuk Dubes Amerika untuk Indonesia Robert O Blake Jr.

"Ya Pak Jokowi ketemu dalam rangka sebagai Gubernur DKI Jakarta, dia perlu menjalin komunikasi yang baik dengan semua perwakilan negara sahabat yang dubesnya tinggal di ibukota," kata Wasekjen PDIP Achmad Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

"Saya kira pertemuan kemarin tidak ada kaitannya dengan minta doa restu. Itu murni tanggung jawab Pak Jokowi untuk menjaga komunikasi."

Pertemuan dengan para dubes pun tak dianggap sebagai latihan bagi Jokowi untuk berdiplomasi dengan dunia internasional. Anggota Komisi III itu tetap menyatakan, pertemuan sebatas menjalin komunikasi.

"PDIP mengajarkan kadernya untuk jaga hubungan baik di dunia internasional. Kalau terpilih sebagai presiden, dia harus jaga komunikasi internasional dan itu yang perlu dilakukan Jokowi, tapi kemarin itu jauh dari urusan latihan," kata Achmad.

Pertemuan yang berlangsung selama hampir 2,5 jam itu juga dihadiri Dubes Norwegia Stig Traavik, Dubes Vatikan Mgr Antonio Guido Filipazzi, Dubes Myanmar U Min Lwin, Dubes Meksiko Melba, Dubes Peru  Roberto Seminario Purtorrero, dan Dubes Inggris Mark Canning. Sementara, si pemilik rumah dikenal sebagai Presiden Direktur PT Gesit Sarana Perkasa yang memiliki Hotel JS Luwansa, Kuningan.

Apakah Jacob salah satu donatur atau penyandang dana untuk kampanye Jokowi? "Nggak ada (penyandang dana). Nggak pernah urusan," ujar Jokowi di kediamannya di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Senin 14 April 2014 malam.

Dia menjelaskan, meski digelar di rumah Jacob Soeyoto, undangan sebenarnya datang dari Meriana, pemilik yayasan autis-hiperaktif di kawasan Cempaka Putih. Meriana merupakan saudara Jacob.

Selain Megawati, Jokowi memastikan tak ada elite PDIP lain yang hadir dalam pertemuan itu. Gubernur DKI itu juga membantah ada pembahasan terkait bakal cawapres untuknya nanti.

"Yang mengundang Bu Meriana, keluarga besar Jacob. Saya sebagai Gubernur. Karena undangan resminya ke saya sebagai Gubernur," tandas Jokowi. (Yus Ariyanto)