Sukses

Demokrat: Konvensi Capres Gagal Angkat Elektabilitas Partai

Ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Assegaf menilai ajang konvensi capres telah gagal mengangkat elektabilitas Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Nurhayati Ali Assegaf menilai ajang konvensi capres telah gagal mengangkat elektabilitas Partai Demokrat. Terbukti, kata dia, Demokrat hanya mendapatkan suara sekitar 9 persen dalam hasil hitung cepat atau quick count Pileg 2014 berbagai lembaga survei.

"Konvensi capres dilakukan dengan harapan demokrat bisa mengusung capresnya sendiri. Tapi hasilnya begini, konvensi tidak memberikan kontribusi apa pun bagi suara Demokrat kemarin. Konvensi gagal angkat elektabilitas Demokrat," kata Nurhayati di Edhie Wibowo Media Center, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/4/2014) siang.

Raihan suara 9 persen untuk Demokrat, menurut Nurhayati tidak berasal dari usaha dan perjuangan para capres konvensi. Menurutnya, caleg dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono lah yang telah mengangkat suara partainya.

"Dulu kan kita diprediksi berbagai lembaga survei cuma dapat 4-5 persen, nyatanya kita sekarang dapat 9 persen itu karena caleg kita, karena Pak SBY sebagai jurkam yang bekerja keras, bukan karena konvensi," ujarnya.

Di dapilnya di Malang Raya saja, Nurhayati mengaku tidak melihat peserta konvensi yang ikut berkampanye dan mengibarkan bendera Demokrat, kecuali Pramono Edhie Wibowo. Dari situ saja, menurutnya dia dapat melihat bagaimana kecilnya kontribusi peserta konvensi terhadap Demokrat.

"Ini saya bukannya mau menyalahkan konvensinya atau peserta konvensinya, tapi ini memang kenyataan," tandas Nurhayati. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.