Sukses

Gaet Simpati Santriwati , Caleg di Solo Berikan Pelatihan Hijab

Liputan6.com, Solo - Pada masa kampanye Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 seperti saat ini, para calon legislatif (caleg) sibuk melakukan berbagai kegiatan untuk menarik perhatian masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan caleg DPR RI dari Partai NasDem Eva Yuliana.

Eva Yuliana melakukan kampanye dengan menggelar pelatihan tata cara pemakaian hijab. Pelatihan itu digelar di hadapan puluhan santri dan kelompok pengajian ibu-ibu.

Eva Yuliana yang merupakan caleg DPR RI nomor urut 2 Partai NasDem untuk Daerah Pemilihan Jawa Tengah V memilih cara kampanye seperti ini karena ingin mendekati konstituen dari kalangan pesantren. Selain itu, pengalamannya sebagai santriwati saat remaja itulah yang menuntunnya untuk mengadakan kegiatan pelatihan hijab.

Pelatihan tata cara hijab yang bertema  "Tips tampil cantik dengan hijab bersama Eva Yuliana, M.Si" dilakukan di aula Pondok Pesantren Az-Zayidi, Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo, Sabtu malam (29/03/2014).

"Dulu waktu saya masih nyantri hampir tidak ada yang mengajari penggunaan model  hijab. Karena pengalaman itu, maka saya ingin berbagi tata cara model berhijab kepada para santriwati di pesantren," kata Eva Yuliana ketika ditemui di Pondok Pesantren Az-Zayidi, Solo.

Dalam pelatihan itu, sang caleg perempuan itu pun mengundang salah satu ahli penata mode hijab. Diharapkan ilmu yang ditularkan oleh instruktur itu bisa diterapkan dan ditiru oleh para santri.  "Tidak perlu kain mahal, yang penting adalnya cara dan tips berhijab," ucapnya.

Dia mengungkapkan, hijab di kalangan pesantren terkesan tidak rapi. Untuk itu dengan adanya pelatihan seperti ini pandangan tersebut pun akan hilang.

"Kalau tampil dengan hijab rapi akan terlihat cantik.  Dengan begitu pastinya akan lebih percaya diri untuk tampil di depan umum," ujarnya.

Dia juga mengatakan, dengan cara kampanye seperti ini manfaatnya akan dirasakan langsung oleh para santriwati dan kelompok pengajian ibu-ibu yang hadir dalam pelatihan ini.  "Saya ingin memberikan sesuatu kepada santri. Caranya ya saya memberi tata cara berhijab itu," kata dia.

Usai  pelatihan, puluhan santriwati dan kelompok pengajian ibu-ibu pun mendapatkan kenang-kenangan dari caleg itu  berupa jilbab berwarna biru gelap yang serupa dengan warna lambang Partai NasDem. Pada permukaan wadah bingkisan hijab itu terdapat pula foto dan nama sang caleg, lengkap dengan nomor urut dan partai yang mengusungnya.