Sukses

Profil 3 Partai Lokal Aceh

Liputan6.com, Banda Aceh - Semarak pesta demokrasi di Aceh akan diwarnai pertarungan 3 partai politik lokal. Antara lain, Partai Damai Aceh, Partai Nasional Aceh, dan Partai Aceh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (27/3/2014), Partai Damai Aceh (PDA) yang semula bernama Partai Daulat Aceh tidak memasang target muluk.

Partai yang dibentuk para ulama Aceh ini hanya menargetkan 5 persen suara sebagai syarat agar parpol tetap bisa bertahan di tanah Serambi Mekah ini. Dengan platform agar syariat Islam dijalankan di Aceh dengan adil dan bijaksana. PDA meyakini target tersebut bisa tercapai.

Partai Nasional Aceh (PNA) yang merupakan partai baru lebih menekankan programnya pada bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Partai bentukan Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf ini ingin meneruskan program kesehatan gratis seperti pada masa kepemimpinannya dulu.

Sementara Partai Aceh optimistis akan meraih 60 persen suara atau naik 12 persen dari pemilu sebelumnya. Partai pimpinan Muzakir Manaf ini lebih menekankan programnya pada pemberdayaan masyarakat terutama untuk kalangan petani dan nelayan.

Pada pemilu 2009, partai besutan para mantan tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu telah menguasai 33 kursi dari jumlah total 69 kursi DPR Provinsi Aceh.

Lihat juga: 
Profil Partai Nasdem
Profil Partai Golkar
Atribut Partai Aceh Dibakar Massa, Takengon Mulai Kondusif

Loading