Sukses

Dominasi Banteng Versus Beringin pada Pemilu 2014

PDIP, Golkar dan Demokrat diperkirakan akan bersaing ketat dalam pemilu legislatif 2014 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Pemilu sebentar lagi digelar. Namun sepertinya belum ada satupun partai yang akan mampu meraih 25 persen suara dalam pemilu legislatif (Pileg) mendatang. Sehingga tidak ada partai yang bisa sendirian mengusung calonnya dalam pemilihan presiden mendatang. Koalisi pun tidak terhindarkan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (9/3/2014), demikian setidaknya yang tergambar dari hasil survei yang dilakukan Syaiful Mudjani Research and Consulting (SMRC).

Partai berlambang banteng bermoncong putih PDI Perjuangan (PDIP) akan bersaing ketat dengan partai berlambang beringin, Golkar. Partai Demokrat yang 5 tahun lalu memimpin diperkirakan hanya akan mendapat 10,4 persen suara. Sedangkan partai lainnya diperkirakan akan meraih suara di bawah 10 persen.

Kampanye langsung yang tidak lama lagi akan digelar diprediksi akan menentukan pemenang pemilu kelak. Kampanye tatap muka akan mengangkat suara partai dengan signifikan.

Sementara itu berdasarkan riset pilihan anak muda yang dilakukan Lembaga Riset Political Communication Institute, sebagian besar responden setuju bila pemimpin daerah muncul menjadi pemimpin nasional.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo misalnya. Ia menjadi pemimpin daerah paling populer pilihan anak-anak muda, disusul dengan wakilnya Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam survei juga disebutkan bahwa Jokowi juga menjadi calon presiden pilihan anak muda paling populer. (Rizki Gunawan)

Baca juga:

1.715 Surat Suara Pileg di Bogor Rusak

Perjanjian `Batu Tulis`, Puan: Gerindra Sebaiknya Fokus Pileg

[VIDEO] Tasikmalaya Banjir, Bilik Suara Rusak Parah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini