Sukses

Paripurna Sepi, BK Keluhkan Anggota DPR yang Sibuk Nyaleg

Masa kampanye Pemilu 2014 membuat para wakil rakyat lebih memilih berkunjung ke daerah pemilihannya (dapil) ketimbang sidang paripurna DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Masa kampanye Pemilu 2014 membuat para wakil rakyat lebih memilih berkunjung ke daerah pemilihannya (dapil) ketimbang menghadiri rapat kerja dan sidang paripurna DPR. Badan Kehormatan (BK) DPR pun mengeluhkannya.

Wakil Ketua BK DPR Siswono Yudo Husodo menilai rendahnya kehadiran anggota dewan karena 520 dari 560 orang kembali maju sebagai caleg, baik untuk DPR maupun DPD. Meski begitu, BK akan terus menyiasati cara-cara agar mengubah kinerja para anggota dewan yang malas.

"Untuk mengantisipasi (rendahnya tingkat kehadiran) itu, BK bersama pimpinan DPR telah membicarakan, dan akhirnya menetapkan hari Jumat itu hari fraksi. Maksudnya, kalau fraksi mengizinkan, mereka ke dapil. Jadi, Senin sampai Kamis itu hari legislasi," kata Siswono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Politisi Partai Golkar ini menilai, akhir-akhir ini para anggota dewan lebih memilih dapilnya ketimbang di DPR karena mereka menginginkan kembali menjadi anggota dewan. Para anggota dewan yang lebih memilih mengunjungi dapilnya karena terus berlomba-lomba merebut hati masyarakat agar terpilih kembali.

"Tapi saya bisa mengerti mereka takut tidak terpilih lagi dengan sepinya sidang (paripurna)," pungkas Siswono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.