Sukses

10 Masjid Terbesar di Dunia, Mampu Tampung Ribuan Hingga Jutaan Jamaah

Seiring berkembangnya zaman kemudian bermunculan masjid terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Masjid memiliki kedudukan penting sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid, yang juga dikenal sebagai Baitullah atau rumah Allah, memancarkan kesucian dan keagungan yang mendalam. Masjid tidak hanya menjadi pusat kegiatan ibadah, tetapi juga menjadi pusat komunitas di mana berbagai kegiatan sosial, pendidikan, dan budaya berlangsung. Oleh sebab itu, masjid umumnya memiliki bangunan yang besar untuk dapat memenuhi perannya di masyarakat. Dimana masjid terbesar di dunia?

Masjid pertama dibangun ketika Rasulullah SAW bersama para sahabatnya hijrah ke Madinah. Dalam perjalanan mereka, Rasulullah SAW berhenti di Quba selama lima hari. Di tempat ini, beliau mendirikan masjid pertama yang dikenal dengan sebutan Masjid Quba. Masjid Quba menjadi rumah ibadah pertama bagi umat Islam, menandai awal dari pembangunan masjid yang terus berkembang hingga kini. Seiring berkembangnya zaman kemudian bermunculan masjid terbesar di dunia.

Masjid telah berkembang di seluruh dunia dengan berbagai macam desain arsitektur yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi umat Islam. Berikut daftar  masjid terbesar di dunia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia, terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan tempat suci karena di dalamnya terdapat Ka'bah, yang menjadi kiblat umat Islam dalam beribadah. Masjidil Haram adalah lokasi pelaksanaan ibadah haji dan umrah, dua rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu.

Sejarah Masjidil Haram dimulai sejak zaman Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Selama berabad-abad, masjid ini telah mengalami berbagai renovasi dan perluasan. Saat ini, Masjidil Haram memiliki luas sekitar 357 ribu meter persegi dan dapat menampung hingga 2 juta jamaah. Keagungan dan kapasitasnya menjadikan Masjidil Haram sebagai pusat spiritual dan destinasi utama bagi umat Islam dari seluruh dunia.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi adalah masjid terbesar di dunia setelah Masjidil Haram, terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW dimakamkan, menjadikannya salah satu situs paling suci dalam Islam.

Masjid Nabawi memiliki luas sekitar 400 ribu meter persegi dan dapat menampung hingga 1 juta jamaah. Masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas megah, termasuk Kubah Hijau yang menandai makam Nabi Muhammad SAW, Menara Bilal, dan halaman yang luas. Masjid Nabawi tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga tempat ziarah bagi umat Islam yang ingin mendekatkan diri kepada Nabi Muhammad SAW.

3. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal terletak di kota Islamabad, Pakistan, dan merupakan masjid terbesar ketiga di dunia. Masjid ini dapat menampung sekitar 300 ribu jamaah. Keunikan Masjid Faisal terletak pada desain arsitekturnya yang berbeda dari masjid tradisional. Masjid ini memiliki kubah berbentuk tenda raksasa, yang terinspirasi dari tenda suku Badui di Arab Saudi.

Masjid Faisal dibangun pada tahun 1976 sebagai hadiah dari Raja Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdul Aziz. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu landmark kota Islamabad, simbol kebanggaan nasional, dan pusat kegiatan keagamaan dan sosial.

3 dari 5 halaman

4. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia dan mampu menampung hingga 120 ribu jamaah. Masjid ini terletak di kota Jakarta dan memiliki luas sekitar 10 hektar. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal sering menjadi tujuan wisata religi bagi umat Muslim dari berbagai daerah.

Pembangunan Masjid Istiqlal dimulai pada tahun 1961 dan masjid ini menjadi simbol kemerdekaan Indonesia. Arsitektur Masjid Istiqlal unik dan megah, dengan kubah besar yang dikelilingi oleh empat menara. Kubah utama memiliki diameter 45 meter dan tinggi 45 meter, menjadikannya salah satu kubah masjid terbesar di dunia. Keindahan dan kemegahan Masjid Istiqlal mencerminkan semangat kemerdekaan dan kebanggaan nasional Indonesia.

5. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II terletak di kota Casablanca dan merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini dapat menampung hingga 105 ribu orang dan dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-60 Raja Hassan II dari Maroko. Salah satu fitur paling menonjol dari Masjid Hassan II adalah menara setinggi 210 meter, yang merupakan menara masjid tertinggi di dunia.

Arsitektur Masjid Hassan II bergaya Maroko modern dan menjadi daya tarik wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Letaknya yang menghadap Samudra Atlantik dan sebagian bangunannya yang berada di atas laut menambah keunikan dan keindahan masjid ini.

6. Masjid Imam Reza, Iran

Masjid Imam Reza terletak di kota Mashhad, Iran, dan merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menggabungkan berbagai gaya arsitektur, termasuk Persia, Turki, dan Mughal. Kompleks Masjid Imam Reza merupakan tempat makam Imam Reza, imam ke-8 dari 12 imam Syiah.

Interior masjid dihiasi dengan mozaik keramik berwarna-warni, kaligrafi, dan lampu gantung kristal yang menambah kemegahan dan keindahannya. Dengan luas sekitar 331 meter persegi dan kapasitas hingga 100 ribu orang, Masjid Imam Reza menempati urutan keenam sebagai masjid terbesar di dunia. Keberadaan Masjid Imam Reza tidak hanya penting bagi umat Syiah, tetapi juga menjadi simbol keberagaman arsitektur Islam.

4 dari 5 halaman

7. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi adalah masjid terbesar kedua di Pakistan dan menempati urutan ketujuh sebagai masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Lahore, Pakistan, masjid ini dibangun pada abad ke-17. Masjid Badshahi terkenal dengan arsitektur Mughal yang memadukan elemen Persia dan India. Bangunan masjid ini terbuat dari batu pasir merah yang kokoh dan dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi indah.

Masjid ini memiliki halaman dengan luas sekitar 26 ribu meter persegi yang dapat menampung kurang lebih 100 ribu orang, menjadikannya halaman masjid terbesar di dunia. Keindahan dan kemegahan arsitekturnya membuat Masjid Badshahi menjadi salah satu warisan budaya yang penting dan daya tarik wisata utama di Lahore.

8. Masjid Al-Saleh, Yaman

Masjid Al-Saleh terletak di ibu kota Yaman, Sana'a, dan menempati urutan kedelapan dalam daftar masjid terbesar di dunia. Dengan luas area sekitar 27 ribu meter persegi, masjid ini dapat menampung kurang lebih 44 ribu jamaah. Masjid Al-Saleh dihiasi dengan enam menara setinggi 100 meter dan kubah-kubah besar yang megah. Kubah utamanya berdiameter 28 meter dan tinggi 22 meter.Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Al-Saleh berfungsi sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan Islam. Di dalam masjid ini terdapat museum dan perpustakaan yang menyimpan koleksi buku-buku Islam dan Arab, menjadikannya pusat pembelajaran yang penting di Yaman.

5 dari 5 halaman

9. Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi

Masjid Sheikh Zayed terletak di Abu Dhabi dan merupakan salah satu landmark paling terkenal di Uni Emirat Arab. Masjid ini menempati urutan kesembilan sebagai masjid terbesar di dunia dengan luas sekitar 22 ribu meter persegi dan dapat menampung hingga kurang lebih 41 ribu jamaah.Kubah utama Masjid Sheikh Zayed terbuat dari marmer putih dengan berat mencapai sekitar 100 ton. Kubah ini dihiasi dengan kaligrafi dan muqarnas yang menambah kemegahan masjid ini. Keindahan arsitektur dan dekorasi interiornya menjadikan Masjid Sheikh Zayed sebagai salah satu masjid paling ikonik dan dikunjungi di dunia.

10. Masjid Jama, India

Masjid Jama terletak di kota Delhi, India, dan menempati urutan kesepuluh sebagai masjid terbesar di dunia. Dibangun pada tahun 1656, masjid ini dapat menampung sekitar 25 ribu orang. Masjid Jama dibangun dengan gaya arsitektur Mughal yang khas, menggunakan batu bata merah dan marmer putih.Masjid ini telah berdiri selama lebih dari 300 tahun dan pernah menjadi pusat kehidupan keagamaan dan sosial di Delhi. Hingga kini, Masjid Jama masih menjadi tempat ziarah yang populer bagi umat Muslim di India, mencerminkan kekuatan dan kejayaan Kekaisaran Mughal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.