Sukses

Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meskipun Google Play Store merupakan platform yang terpercaya dan populer, terkadang pengguna mengalami masalah ketika mencoba men-download aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Google Play Store adalah platform resmi dari Google yang menjadi tempat untuk mendownload berbagai macam aplikasi, game, buku, dan musik untuk perangkat android. Google Play Store menyediakan beragam aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang dari seluruh dunia, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan Google Play Store, pengguna dapat menjelajahi berbagai kategori aplikasi, seperti sosial media, permainan, fotografi, hiburan, produktivitas, dan banyak lagi. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan aplikasi populer, rekomendasi, serta ulasan pengguna lainnya untuk membantu mereka dalam memilih aplikasi yang terbaik.

Namun, meskipun Google Play Store merupakan platform yang terpercaya dan populer, terkadang pengguna mengalami masalah ketika mencoba men-download aplikasi. Beberapa masalah ini dapat berupa kesalahan saat mengunduh, lambat atau terhenti proses pengunduhan secara tiba-tiba, atau kadang-kadang bahkan aplikasi tidak dapat didownload sama sekali.

Lalu kenapa Play Store tidak bisa mendownload? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload?

Play Store merupakan platform yang sangat populer untuk mengunduh aplikasi dan game di perangkat berbasis Android. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah di mana mereka tidak dapat mendownload aplikasi atau game melalui Play Store. Ada beberapa penyebab yang dapat menjadi alasan mengapa hal ini terjadi.

1. Koneksi Wifi Tidak Stabil

Salah satu penyebab utama mengapa Play Store tidak bisa mendownload adalah karena koneksi WiFi atau internet yang tidak stabil. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Support Google, jaringan WiFi yang tidak stabil dapat mengganggu proses download aplikasi di Play Store.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa koneksi WiFi Anda. Pastikan bahwa sinyal WiFi memiliki kekuatan yang cukup dan koneksi stabil. Jika sinyal lemah atau tidak stabil, cobalah untuk memindahkan perangkat Anda lebih dekat ke router WiFi atau mencari tempat dengan sinyal yang lebih kuat.

Selain itu, jika Anda tidak menggunakan WiFi dan mengandalkan jaringan data seluler, pastikan bahwa koneksi data seluler Anda cukup kuat untuk mendownload aplikasi. Bila perlu, periksa pengaturan jaringan di perangkat Anda dan pastikan mode data seluler aktif.

Selain masalah koneksi, masalah lain yang sering terjadi adalah kehabisan ruang penyimpanan pada perangkat. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh dan menginstal aplikasi baru. Jika perlu, hapus beberapa aplikasi atau file yang tidak terlalu penting untuk memberikan ruang yang cukup.

Dalam situasi yang jarang terjadi, Play Store mungkin mengalami masalah dengan pembaruan sistem atau kesalahan cache. Anda dapat mencoba membersihkan cache Play Store atau menghapus data aplikasi Play Store melalui pengaturan perangkat. Namun, sebaiknya lakukan langkah tersebut hanya jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengaturan perangkat.

Jadi, jika Anda mengalami masalah ketika mencoba mendownload aplikasi di Play Store, pastikan untuk memeriksa koneksi WiFi atau data seluler yang stabil dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada perangkat Anda.

2. Memori Penuh

Salah satu alasan utama mengapa Play Store tidak dapat mendownload aplikasi adalah memori penuh pada perangkat. Terkadang kita terburu-buru untuk mengunduh aplikasi tanpa memeriksa kapasitas memori yang tersedia di handphone kita. Ketika memori penuh, proses pengunduhan tidak dapat dilakukan dan aplikasi mungkin akan berhenti mendownload.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, Anda dapat menghapus aplikasi atau file yang tidak lagi diperlukan atau dianggap tidak penting di perangkat Anda. Hal ini akan mengosongkan sebagian ruang memori dan memberikan lebih banyak ruang untuk pengunduhan aplikasi.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan memori eksternal, seperti kartu SD, untuk menambah kapasitas memori yang tersedia di perangkat Anda. Dengan menambahkan memori eksternal, Anda dapat menyimpan beberapa aplikasi atau file di sana, dan dengan demikian membebaskan ruang di memori internal perangkat untuk pengunduhan aplikasi baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat mengatasi masalah Play Store yang tidak dapat mendownload aplikasi akibat memori penuh. Pastikan selalu untuk memonitor dan memeriksa kapasitas memori di perangkat Anda secara teratur agar proses pengunduhan aplikasi berjalan lancar tanpa kendala.

3. Cache HP Penuh

Salah satu alasan kenapa Play Store tidak bisa mendownload aplikasi adalah karena cache di hp Android sudah penuh. Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat proses penggunaan aplikasi tersebut. Namun, seiring waktu, cache yang tidak terpakai dapat menumpuk dan menghabiskan ruang penyimpanan dalam perangkat.

Membersihkan cache secara rutin dapat membantu memaksimalkan ruang penyimpanan internal hp Anda dan memperpanjang usia perangkat. Untuk membersihkan cache, Anda cukup membuka Settings (Pengaturan) pada perangkat, pilih opsi Apps and Device Care, klik Storage pada setiap aplikasi yang ingin dibersihkan, dan pilih Clear Cache.

Dengan membersihkan cache secara rutin, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan Play Store dan mencegah masalah download yang disebabkan oleh cache hp yang penuh. Selain itu, perangkat Anda juga akan tetap awet dan berjalan dengan baik.

4. Gangguan Proxy

Salah satu penyebab utama mengapa Play Store tidak bisa mendownload adalah adanya gangguan proxy. Proxy adalah sistem yang berfungsi sebagai perantara dalam jaringan. Gangguan pada proxy dapat mempengaruhi proses download aplikasi di Play Store, menyebabkannya tertunda atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus pengaturan proxy. Caranya adalah dengan membuka pengaturan pada data Access Point Name (APN) di perangkat Anda.

Setelah itu, carilah opsi proxy dan pastikan opsi tersebut dalam keadaan nonaktif atau kosong. Jika tidak, hapus atau kosongkan baris yang berisi pengaturan proxy tersebut. Setelah menghapus proxy, biasanya Play Store akan dapat mendownload aplikasi dengan normal.

Namun, jika masalah masih terjadi, Anda bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi Play Store, membersihkan cache dan data aplikasi, atau melakukan pembaruan sistem perangkat. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan namun masalah masih persisten, ada baiknya menghubungi penyedia layanan internet atau produsen perangkat Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dalam menghadapi masalah Play Store yang tidak dapat mendownload, menghapus pengaturan proxy adalah salah satu solusi yang dapat Anda lakukan. Dengan menjaga pengaturan proxy dalam kondisi yang tepat, Anda dapat memastikan proses download aplikasi di Play Store berlangsung dengan lancar.

5. Gangguan di Google Play Service

Salah satu penyebab utama Play Store tidak bisa melakukan proses pengunduhan adalah gangguan di Google Play Service. Google Play Service merupakan salah satu aplikasi atau layanan yang sangat penting untuk menjalankan Play Store dengan baik. Gangguan pada aplikasi ini dapat mengakibatkan Play Store tidak berfungsi dengan baik.

Selain gangguan di Google Play Service, masalah internal dari sistem Play Store juga dapat menjadi penyebab Play Store tidak bisa mendownload. Masalah ini bisa terjadi karena terdapatnya kesalahan dalam pengaturan atau kesalahan dalam proses update aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus data dan cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Service. Caranya adalah dengan membuka pengaturan pada perangkat Android, lalu pilih Aplikasi atau Aplikasi Terinstal. Cari dan pilih Google Play Service, kemudian pilih Hapus Data dan Hapus Cache.

Setelah melakukan langkah di atas, restart perangkat Anda dan coba masuk kembali ke aplikasi Google Play Store untuk mendownload aplikasi. Dengan menghapus data dan cache Google Play Service, diharapkan masalah pengunduhan pada Play Store dapat teratasi. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba langkah lain seperti memperbarui Play Store ke versi terbaru atau mengatur ulang akun Google pada perangkat Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Mendownload

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ketika Play Store tidak bisa mendowload, antara lain sebagai berikut.

1. Cek Koneksi Internet

Ketika menghadapi masalah tidak dapat mengunduh aplikasi di Play Store, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa koneksi internet. Cek apakah koneksi internet pada perangkat Anda stabil. Bisa jadi Play Store tidak dapat mengunduh aplikasi karena koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang kuat dan stabil. Jika Anda menggunakan jaringan seluler, pastikan sinyal yang Anda terima cukup kuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya Anda dapat mengatasi masalah tidak dapat mengunduh aplikasi di Play Store. Namun, jika masalah masih berlanjut, mungkin perlu mencari bantuan dari dukungan teknis Play Store atau memastikan perangkat Anda bekerja dengan baik.

2. Hapus Cache dan Data Play Store

Apakah Anda mengalami masalah ketika mencoba mendownload aplikasi di Play Store? Salah satu penyebab umum mengapa Play Store tidak bisa mendownload adalah karena cache dan data yang terlalu berat. Untungnya, ada cara efektif untuk mengatasi masalah ini dengan menghapus cache dan data Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan pada HP Anda.
  • Pilih pengaturan aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Play Store.
  • Ketuk opsi 'Storage & Memory' di dalam aplikasi Play Store.
  • Klik 'Clear data and Clear cache' untuk menghapus cache dan data yang tertumpuk.
  • Setelah selesai, tutup pengaturan dan buka kembali Play Store.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menghilangkan cache dan data yang tidak perlu, dan ini dapat memberikan ruang yang cukup untuk proses unduh aplikasi berjalan lancar kembali. Jadi, jika Anda mengalami masalah unduhan tertunda di Play Store, jangan ragu untuk menghapus cache dan data Play Store.

3. Restart Ponsel

Ketika menghadapi masalah di mana Play Store tidak bisa mendownload aplikasi, salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah dengan merestart ponsel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Tekan tombol power pada ponsel Anda hingga menu muncul.
  • Cari opsi "matikan" atau "muat ulang" dalam menu tersebut dan klik salah satunya.
  • Jika Anda tidak menemukan pilihan tersebut, Anda dapat menekan tombol power secara tahan hingga ponsel mati dan kemudian nyalakan kembali.

Dengan merestart ponsel, Anda dapat memperbaiki beberapa kesalahan sederhana dan memungkinkan Play Store untuk kembali mendownload aplikasi dengan normal. Namun, jika setelah merestart ponsel masih menghadapi masalah yang sama, ada baiknya mencoba solusi lain yang mungkin lebih mendalam.

4. Hapus Proxy

Anda mungkin mengalami masalah ketika mencoba mendownload aplikasi di Play Store, ini bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem proxy. Proxy adalah sebuah sistem yang berfungsi sebagai perantara jaringan. Jika ada masalah dengan proxy, maka proses download aplikasi di Play Store dapat terganggu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghapus pengaturan proxy pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut:

  • Buka pengaturan pada perangkat Anda.
  • Cari dan klik pada opsi "Access Point Name" atau "APN".
  • Cari APN yang sedang digunakan oleh provider jaringan Anda.
  • Klik pada APN yang sedang digunakan dan buka pengaturan detailnya.
  • Pada pengaturan detail APN, cari opsi "Proxy" atau "Proxy server".
  • Hapus pengaturan proxy yang ada, atau nonaktifkan opsi proxy jika memungkinkan.
  • Simpan perubahan yang telah Anda lakukan.
  • Mulai ulang perangkat Anda agar perubahan dapat diterapkan.

Setelah menghapus proxy, Anda seharusnya dapat mendownload aplikasi di Play Store tanpa masalah. Pastikan untuk memeriksa koneksi internet Anda setelah melakukan ini. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba langkah-langkah lain seperti membersihkan cache Play Store atau memperbarui aplikasi Play Store ke versi terbaru.

 

5. Periksa Google Play Service

Apabila Anda mengalami masalah tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store, bisa jadi penyebabnya terletak pada Google Play Service. Google Play Store memiliki keterikatan dengan Google Play Service, sehingga kegagalan dalam mengunduh aplikasi mungkin disebabkan oleh masalah pada Google Play Service.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda bisa mencoba menghapus data dan cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Service. Caranya, buka pengaturan ponsel kemudian pilih Aplikasi atau Aplikasi Aplikasi. Cari Google Play Service, lalu pilih Hapus Data dan Hapus Cache.

Jika langkah pertama belum berhasil, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi Google Play Service dan melakukan restart pada ponsel Anda. Setelah itu, coba kembali untuk mengunduh aplikasi Google Play Service melalui Play Store.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, diharapkan masalah tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store dapat teratasi. Namun, jika masalah masih berlanjut, disarankan untuk menghubungi tim dukungan teknis Google untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

6. Periksa Preferensi Pengunduhan

Apabila mengalami kendala dalam mengunduh aplikasi di Google Play Store, salah satu penyebabnya mungkin terletak pada pengaturan preferensi pengunduhan. Seringkali, pengguna tanpa disadari telah mengatur aplikasi hanya bisa diunduh saat terhubung dengan WiFi, padahal saat itu sedang menggunakan paket data. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Anda.
  • Ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih "Settings" dari menu yang ditampilkan.
  • Di dalam pengaturan, cari dan pilih "Network preferences".
  • Selanjutnya, pilih "App download preferences".
  • Pilih opsi "Over any network" untuk memungkinkan unduhan aplikasi kapan saja, baik menggunakan WiFi maupun paket data.
  • Setelah itu, ketuk "Done" untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.
  • Saat ini, Anda seharusnya dapat mengunduh ulang aplikasi yang diinginkan melalui Google Play Store tanpa adanya kendala.

Dengan memeriksa dan mengubah preferensi pengunduhan di Play Store, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi dapat diunduh dengan lancar tanpa tergantung pada jenis koneksi internet yang digunakan. Jika masalah tersebut masih bertahan, ada kemungkinan kendala lain seperti masalah koneksi internet yang perlu diperiksa dan diperbaiki.

7. Periksa Antrean Download

Biasanya, ketika Play Store tidak bisa mendownload aplikasi, salah satu penyebabnya adalah adanya aplikasi yang sedang antre proses download. Hal ini terjadi karena aplikasi yang sedang diunduh memiliki pembaruan fitur. Update fitur ini biasanya dilakukan secara otomatis ketika ponsel terhubung ke WiFi. Namun, kadang-kadang proses pembaruan ini berjalan bersamaan dengan aplikasi lain, yang menyebabkan penundaan dalam proses download aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu pada ponsel Anda dengan mengetuk gambar profil.
  • Pilih opsi "Manage apps & device".
  • Klik tab "Manage" untuk melihat daftar aplikasi yang sedang antre proses download.
  • Cari aplikasi yang ingin Anda download dan ketuk tanda 'X' di sebelahnya untuk menghentikan proses download otomatis.
  • Setelah menghentikan proses download, Anda dapat melanjutkan proses download aplikasi yang diinginkan dengan menekan tombol unduh di Play Store.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki masalah Play Store tidak bisa mendownload aplikasi karena adanya antrean download. Pastikan juga bahwa ponsel Anda terhubung ke WiFi yang stabil untuk memastikan proses pembaruan berjalan lancar.

8. Periksa Pengaturan Kalender

Salah satu penyebab Play Store tidak bisa mendownload adalah masalah pengaturan kalender di HP. Bisa jadi kamu telah mengatur tanggal atau tahun lebih maju atau mundur dari waktu sebenarnya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan HP.
  • Pilih 'System' lalu 'Date & time'.
  • Aktifkan atau centang opsi 'Automatic date & time' dan 'Automatic time zone'.
  • Sesuaikan tanggal dan waktu di HP dengan tempat tinggalmu.
  • Setelah itu, cobalah untuk mengunduh kembali aplikasi yang sebelumnya terhenti di Play Store.

Melakukan langkah-langkah di atas dengan benar dapat membantu mengatasi masalah download tertunda di Play Store. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa versi Android yang digunakan, karena beberapa aplikasi mungkin tidak dapat berjalan pada versi Android tertentu. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, masalah pengunduhan di Play Store dapat terselesaikan dengan mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.