Sukses

Rempah Rendang Daging Sapi Apa Saja? Ini Resep Lengkapnya

Mengetahui komposisi rempah-rempahnya, siapa saja dapat meracik rendang daging sapi dengan sempurna di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Rempah rendang daging sapi menjadi kunci utama untuk menciptakan hidangan khas yang lezat dan beraroma. Dalam kekayaan kuliner Indonesia, rempah-rempah ini tidak hanya memberikan cita rasa yang khas namun juga mendalamkan pengalaman menyantap hidangan tradisional. 

Mengetahui komposisi rempah-rempahnya, siapa saja dapat meracik rendang daging sapi dengan sempurna di rumah.

Rendang daging sapi adalah salah satu olahan kuliner yang terkenal dengan bumbu rempahnya yang melimpah. Biasanya, rendang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, jintan, cengkeh, kayu manis, dan kapulaga.

Proses memasaknya sendiri memakan waktu yang cukup lama untuk meresapkan bumbu ke dalam daging hingga empuk dan berwarna cokelat kehitaman. Hidangan ini tidak hanya dikenal di rumah-rumah masyarakat Indonesia, tetapi juga populer di kancah internasional sebagai salah satu masakan khas yang harus dicoba.

Perbedaan mencolok antara mengolah rendang daging sapi dengan rempah-rempah tradisional dan menggunakan bumbu rendang instan terletak pada kualitas rasa dan keaslian masakan. Bumbu rendang instan sering kali mengandung pengawet dan tambahan kimia lainnya, yang dapat mengurangi kualitas rasa dan kandungan nutrisinya.

Sebaliknya, penggunaan rempah-rempah alami tidak hanya menghasilkan cita rasa yang lebih autentik tetapi juga memberikan kebebasan untuk menyesuaikan tingkat kepedasan dan rasa sesuai selera. Hal ini menjadikan penggunaan rempah-rempah rendang daging sapi sebagai pilihan utama.

Berikut Liputan6.com ulas rempah rendang daging sapi dan resepnya yang dimaksudkan, Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rempah Rendang Daging Sapi

Untuk menghasilkan rendang daging sapi yang lezat dan autentik, tidak terlepas dari penggunaan rempah-rempah khas yang menjadi ciri khas masakan ini. Rempah-rempah yang digunakan dalam rendang daging sapi termasuk ketumbar, jintan, cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan bunga lawang.

Kombinasi rempah-rempah ini tidak hanya memberikan aroma yang khas namun juga menyumbang pada cita rasa kompleks rendang yang terkenal di seluruh dunia. Ketumbar dan jintan memberikan aroma harum sedangkan cengkeh dan kayu manis menambahkan sentuhan hangat yang khas.

Pentingnya penggunaan rempah-rempah dalam rendang daging sapi bukan hanya untuk menambahkan rasa dan aroma, tetapi juga untuk meresapkan bumbu ke dalam daging. Proses meresapkan bumbu yang dilakukan secara perlahan dengan menggunakan rempah-rempah ini memberikan kesempurnaan pada tekstur daging yang empuk dan kaya akan rasa.

Rempah-rempah juga berperan dalam memperpanjang umur simpan rendang sehingga dapat dinikmati dalam beberapa hari setelah dimasak, dengan cita rasa yang semakin matang.

Dibandingkan dengan bumbu rendang instan yang sering tersedia di pasaran, memasak rendang daging sapi dengan rempah-rempah alami memiliki keunggulan tersendiri. Selain menghasilkan rasa yang lebih autentik, penggunaan rempah-rempah tradisional memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan cita rasa sesuai dengan preferensi pribadi.

Bumbu instan cenderung menggunakan pengawet dan tambahan bahan kimia lainnya yang dapat mengurangi kualitas rasa dan kesehatan. Hal ini membuat rendang daging sapi dengan rempah-rempah tradisional lebih disukai karena kesegaran dan keaslian rasanya.

Mengetahui rempah-rempah yang tepat untuk rendang daging sapi juga membantu meningkatkan apresiasi terhadap budaya kuliner Indonesia yang kaya. Setiap rempah memiliki peran masing-masing dalam menciptakan harmoni rasa yang terdapat dalam setiap suapan rendang.

 

3 dari 3 halaman

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi Pertama

Tips Memasak Rendang Daging Sapi: Sebelum memasak, pastikan untuk memotong daging sapi menjadi potongan yang sesuai dan mencucinya bersih. Untuk meresapkan bumbu dengan baik, ungkep daging dengan air panas hingga setengah empuk sebelum memasukkan santan. Proses ini akan membantu daging memperoleh tekstur yang empuk dan meresapkan rasa bumbu secara maksimal.

Bahan-bahan:

  1. 1200 gr daging sapi, potong-potong
  2. 1 liter santan dari 2 butir kelapa besar
  3. 5 lembar daun salam
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 1 lembar daun kunyit
  6. 3 buah asam kandis
  7. 6 buah cengkeh
  8. 5 cm kayu manis
  9. 2 buah bunga lawang
  10. 3 buah kapulaga
  11. 2 sdm kelapa sangrai yang sudah dihaluskan

Cara Memasak:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan potongan daging sapi dan ungkep dengan air panas hingga setengah empuk.
  3. Tuang santan dan tambahkan semua bahan pelengkap.
  4. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan santan mengeluarkan minyak.
  5. Sajikan rendang daging sapi hangat dan siap untuk dinikmati.

Resep Rendang Daging Sapi Kedua

Tips Memasak Rendang Daging Sapi: Sebelum memasak, pastikan untuk menyiapkan semua bahan-bahan rempah dengan benar. Sangrai dan haluskan bumbu rempah agar aroma dan rasa lebih kuat. Gunakan santan dari kelapa yang cukup matang untuk menghasilkan rendang dengan tekstur yang kaya dan lezat.

Bahan-bahan:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 3,5 liter santan dari 4 buah kelapa
  3. 250 gr bawang merah
  4. 150 gr bawang putih
  5. 250 gr cabe merah keriting
  6. 100 gr jahe
  7. 200 gr lengkuas
  8. 3 batang serai
  9. 1 lembar daun kunyit
  10. 5 lembar daun salam
  11. 5 lembar daun jeruk
  12. 4 sdt garam
  13. 3 buah asam kandis

Bumbu Rempah:

  1. 1 sdm ketumbar
  2. 1 biji pala
  3. 3 cm kayu manis
  4. 1/2 sdt cengkeh
  5. 2 buah bunga lawang
  6. 5 buah kapulaga
  7. 1 sdt jintan

Cara Memasak:

  1. Sangrai dan haluskan bumbu rempah hingga halus.
  2. Masukkan santan ke dalam wajan besar.
  3. Tambahkan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, jahe, lengkuas, serai, daun kunyit, daun salam, dan daun jeruk.
  4. Aduk merata dan masak dengan api sedang hingga santan mengeluarkan minyak.
  5. Tambahkan bumbu rempah yang sudah dihaluskan, asam kandis, dan garam. Masak hingga rendang matang dan kuah menyusut.
  6. Rendang daging sapi siap disajikan hangat bersama nasi putih.

Mengikuti kedua resep di atas, Anda bisa menikmati rendang daging sapi yang lezat dan kaya akan rempah. Selamat mencoba memasak!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.