Sukses

18 Universitas Buka Ujian Mandiri Pakai Nilai UTBK SNBT 2024, Catat Jadwal dan Biayanya

Setelah pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 pada 13 Juni 2024, sejumlah universitas membuka jalur ujian mandiri dengan nilai SNBT tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pengumuman hasil UTBK SNBT 2024 pada 13 Juni 2024, sejumlah universitas membuka jalur ujian mandiri dengan menggunakan nilai SNBT sebagai kriteria utama dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. 

Universitas yang menerapkan sistem seleksi mandiri berbasis nilai UTBK SNBT 2024 termasuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), yang membuka pendaftaran hingga Juli 2024.

Selain itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga menetapkan persyaratan yang mengharuskan calon mahasiswa menyertakan nilai rapor serta hasil ujian seleksi daring, menunjukkan komitmen untuk menilai secara holistik kemampuan akademik calon mahasiswa.

Jika demikian, calon mahasiswa perlu memperhatikan jadwal dan biaya pendaftaran masing-masing universitas untuk mempersiapkan diri dengan baik. Pentingnya informasi tentang universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 tidak hanya berkaitan dengan proses pendaftaran, tetapi juga memungkinkan calon mahasiswa untuk memilih opsi terbaik sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Berikut Liputan6.com ulas sejumlah universitas yang membuka jalur ujian mandiri dengan menggunakan nilai UTBK SNBT 2024, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Jalur Mandiri Non Subsisdi (JNS) UTBK 2024

Unhas membuka jalur seleksi mandiri dengan nama Jalur Mandiri Non Subsisdi (JNS) UTBK 2024. Meskipun belum ada informasi resmi mengenai jadwal dan persyaratan tahun ini, Unhas tetap memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memanfaatkan skor UTBK SNBT 2024 sebagai salah satu kriteria penilaian.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Seleksi Mandiri (SM) ITB

ITB menerapkan Seleksi Mandiri (SM) yang mewajibkan peserta untuk memiliki nilai UTBK 2024 sebagai syarat utama. Selain itu, calon mahasiswa juga harus menyertakan nilai rapor serta hasil ujian seleksi daring (bagi pendaftar selain FSRD).

Bagi pendaftar FSRD, tambahan persyaratan berupa hasil tes keterampilan seni juga diperlukan. Ini menunjukkan bahwa ITB mengutamakan penggunaan nilai UTBK SNBT 2024 dalam proses seleksi mereka.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jalur Seleksi Mandiri Skor UTBK 2024

UNY membuka periode pendaftaran jalur seleksi mandiri skor UTBK 2024 hingga 12 Juli 2024. Calon mahasiswa dapat memilih dua prodi jenjang S1 atau D4. Biaya registrasi untuk jalur ini sebesar Rp 250 ribu. Dengan ini, UNY menegaskan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru.

4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Seleksi Mandiri Nilai UTBK SNBT 2024

UNJ membuka jalur seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK SNBT 2024. Pendaftar dapat memilih satu prodi S1 atau D4 di UNJ melalui jalur ini. Masa pendaftaran dibuka hingga 28 Juni 2024 dengan biaya registrasi sebesar Rp 350 ribu. Ini menunjukkan komitmen UNJ untuk menerapkan sistem seleksi yang berbasis nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Mandiri Pakai Nilai UTBK

UB juga membuka seleksi mandiri dengan menggunakan nilai UTBK. Meskipun belum ada pengumuman resmi mengenai jadwal dan persyaratan jalur ini, UB memberikan opsi bagi calon mahasiswa untuk memanfaatkan hasil UTBK SNBT 2024 sebagai salah satu kriteria penilaian.

6. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jalur Portofolio Nilai UTBK SNBT

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka jalur seleksi mandiri dengan nama Jalur Portofolio Nilai UTBK SNBT. Pendaftaran dilaksanakan dari 13 Juni hingga 19 Juli 2024, dengan proses seleksi berlangsung dari 16 hingga 24 Juli 2024 dan pengumuman hasil pada 31 Juli 2024. Masa sanggah dapat dilakukan dari 1 hingga 7 Agustus 2024. Jalur ini menunjukkan bahwa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerapkan sistem seleksi berbasis nilai UTBK SNBT 2024 untuk menilai kemampuan akademik calon mahasiswa.

7. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

SPMB Mandiri UTBK

Unsoed membuka jalur SPMB Mandiri UTBK yang memungkinkan peserta untuk menggunakan nilai UTBK 2024, nilai rapor, dan prestasi kejuaraan untuk lolos seleksi. Biaya pendaftaran untuk jalur ini sebesar Rp 350 ribu. Meskipun belum ada informasi resmi mengenai jadwal pendaftaran seleksi mandiri di Unsoed, universitas tetap mengadopsi prinsip universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru.

3 dari 3 halaman

8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Seleksi Mandiri Nilai UTBK dan Rapor 2024

Unpad membuka jalur seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK SNBT 2024 dan nilai rapor untuk tahun 2024. Jalur ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin memilih program Sarjana atau Vokasi. Kriteria penilaian pada jalur ini didasarkan pada gabungan nilai dari skor UTBK 2024 dan nilai rapor semester 1-5.

Pendaftaran untuk jalur ini masih dibuka hingga 16 Juni 2024. Bagi calon mahasiswa yang tertarik, ini adalah kesempatan bagus karena universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024, yang memungkinkan kombinasi nilai akademik sebagai syarat masuk.

9. Universitas Airlangga (Unair)

Mandiri UTBK Plus

Di Unair, jalur seleksi mandiri yang menggunakan nilai UTBK disebut Mandiri UTBK Plus. Calon mahasiswa yang mengikuti jalur ini harus menyerahkan skor UTBK SNBT 2024 dan mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) sesuai dengan program studi pilihan mereka.

Pendaftaran untuk jalur Mandiri UTBK Plus dibuka mulai 5 Juni hingga 10 Juli 2024. Jalur ini memberikan kesempatan tambahan bagi mahasiswa untuk memanfaatkan hasil UTBK mereka, menunjukkan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 untuk menilai kemampuan akademik.

10. UPN Veteran Jawa Timur

Seleksi Mandiri Non-tes UTBK

UPN Veteran Jawa Timur juga membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes UTBK. Pendaftaran dibuka dari 17 Juni hingga 6 Juli 2024, dengan pengumuman hasil seleksi pada 12 Juli 2024. Meskipun tanpa tes, peserta tetap harus memenuhi persyaratan tertentu. Universitas ini mengadopsi pendekatan berbeda dalam ujian mandiri, namun tetap mendukung konsep universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari seleksi.

11. Universitas Negeri Malang (UM)

Jalur Mandiri Skor UTBK 2024

Universitas Negeri Malang (UM) memanfaatkan skor UTBK SNBT 2024 untuk salah satu jalur seleksi mandirinya. Pada jalur ini, peserta dapat memilih dua program studi tanpa harus sejalan dengan jurusan di SMA/SMK/MA.

Pendaftaran dibuka dalam dua gelombang: gelombang pertama dari 1 Mei hingga 15 Juni 2024 dan gelombang kedua dari 16 Juni hingga 25 Juni 2024. Ini memberikan fleksibilitas tambahan bagi calon mahasiswa, menunjukkan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 untuk berbagai jurusan.

12. Universitas Andalas (Unand)

Seleksi Masuk (SIMA) Akademik Nilai UTBK

Unand membuka seleksi masuk (SIMA) menggunakan nilai UTBK sebagai kriteria utama. Pendaftaran dibuka dari 27 Mei hingga 24 Juni 2024, dengan pengumuman hasil seleksi pada 8 Juli 2024. Jalur ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk menggunakan hasil UTBK mereka secara maksimal, selaras dengan tema universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024.

13. Universitas Negeri Padang (UNP)

Pendaftaran Jalur Mandiri

UNP membuka pendaftaran jalur mandiri dari 19 April hingga 10 Juli 2024. Jalur ini memberikan kesempatan luas bagi calon mahasiswa untuk memanfaatkan hasil UTBK mereka, memperkuat gagasan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024.

14. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Seleksi Mandiri Non Tes UTBK

Unesa membuka jalur seleksi mandiri Non Tes UTBK, di mana peserta tidak perlu mengikuti tes atau wawancara seperti pada seleksi mandiri reguler. Syarat pendaftaran adalah memiliki nomor tes UTBK 2024, sehat jasmani dan rohani, serta mengunggah dokumen yang diminta.

Pendaftaran dibuka dari 19 hingga 26 Juni 2024. Ini menunjukkan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024, meskipun tanpa tes tambahan.

15. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Seleksi Mandiri Skor UTBK

IPB menawarkan jalur seleksi mandiri yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/sederajat tahun 2024, 2023, hingga 2022 dengan syarat memiliki skor UTBK 2024. Pendaftaran masih dibuka hingga 19 Juni 2024 dengan biaya seleksi Rp 300 ribu untuk jalur skor UTBK dan Rp 500 ribu untuk jalur ujian online. Ini menunjukkan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses seleksi.

16. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Tiga Jalur Seleksi Mandiri

ITS membuka tiga jalur seleksi mandiri: seleksi mandiri beasiswa, seleksi mandiri umum, dan seleksi mandiri kemitraan. Calon mahasiswa dapat memilih untuk mendaftar menggunakan skor UTBK atau nilai TKA SMITS. Bagi yang memiliki skor UTBK, tidak perlu mengikuti tes TKA yang diadakan ITS. Ini menegaskan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 untuk berbagai jalur.

17. UPN Veteran Jakarta

Pendaftaran SEMA UPNVJ Tahun 2024

UPN Veteran Jakarta membuka pendaftaran jalur SEMA UPNVJ dari 13 hingga 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB sampai 11.00 WIB. Jalur ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memanfaatkan skor UTBK mereka, menunjukkan bahwa universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses penerimaan.

18. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Seleksi Mandiri Jalur UTBK 2024

UNS membuka seleksi mandiri jalur UTBK 2024, meskipun informasi resmi mengenai jadwal dan persyaratannya belum diumumkan. Namun, UNS tetap berkomitmen pada konsep universitas buka ujian mandiri pakai nilai UTBK SNBT 2024 sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.