Sukses

Cara Memotong Kaki Sapi Menjadi Bagian-Bagian Kecil, Mudah Pakai Trik Ini

Salah satu trik paling mudah untuk cara memotong kaki sapi adalah memastikan golok yang digunakan sangat tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Memotong kaki sapi bisa menjadi tugas yang cukup menantang bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang belum berpengalaman. Kaki sapi memiliki struktur tulang yang kuat dan tebal, sehingga memerlukan teknik khusus agar proses pemotongan berjalan dengan lancar.

Kali ini akan membahas cara memotong kaki sapi menjadi bagian-bagian kecil dengan mudah menggunakan beberapa trik praktis merangkum dari video Channel YouTube "Theonk Chanel." 

Mengetahui cara memotong kaki sapi menjadi bagian-bagian kecil sangat penting untuk berbagai keperluan kuliner. Potongan-potongan kecil memudahkan dalam pengolahan lebih lanjut, baik untuk pembuatan kaldu, sup, atau hidangan lainnya.

Selain itu, pemotongan yang tepat juga membantu memaksimalkan penggunaan seluruh bagian kaki sapi tanpa banyak terbuang.

Salah satu trik paling mudah untuk cara memotong kaki sapi adalah memastikan golok yang digunakan sangat tajam. Mulailah dengan memotong sedikit sisa daging yang menghubungkan tulang dan sendi kaki sapi, lalu potong bagian tengah tulang dengan gerakan memutar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara memotong kaki sapi menjadi bagian-bagian kecil, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pastikan Menggunakan Golok yang Tajam

Langkah pertama dalam cara memotong kaki sapi adalah memastikan golok yang digunakan sangat tajam. Golok yang tajam memudahkan proses pemotongan karena mengurangi hambatan saat memotong tulang dan daging.

Selain itu, golok yang tajam juga mengurangi risiko cedera karena potongan bisa dilakukan dengan lebih sedikit tenaga. Ketajaman golok memastikan potongan yang lebih bersih dan rapi, sehingga mengurangi usaha dan waktu yang dibutuhkan. Sebelum mulai, pastikan untuk mengasah golok hingga mencapai ketajaman optimal.

2. Potong Bagian Sedikit Sisa Daging Penghubung dengan Tulang Kaki Sapi atau Sendi Kaki Sapi

Setelah memastikan golok dalam kondisi tajam, langkah berikutnya dalam cara memotong kaki sapi adalah memotong bagian sedikit sisa daging yang menghubungkan tulang kaki sapi atau sendi kaki sapi. Potongan ini bertujuan untuk memisahkan daging dari tulang, membuat proses pemotongan tulang menjadi lebih mudah dan efisien.

Memisahkan daging terlebih dahulu, dapat menghindari hambatan saat memotong tulang dan mencegah golok dari tersangkut di antara daging dan tulang. Langkah ini juga membantu dalam mendapatkan potongan daging yang lebih bersih dan tidak tercemar dengan serpihan tulang.

3. Potong Bagian Tengah Tulang Kaki Sapi dengan Mengayunkan Golok ke Kaki Sapi Memutar

Langkah selanjutnya dalam cara memotong kaki sapi adalah memotong bagian tengah tulang kaki sapi. Dalam video channel YouTube Theonk Chanel, golok diayunkan ke tulang kaki sapi dengan gerakan memutar. Golok diayunkan sebanyak 8 kali hingga tulang kaki sapi terpotong sepenuhnya.

Gerakan memutar ini membantu memastikan potongan yang merata dan efisien, karena setiap ayunan membantu memperdalam potongan dan menjamin semua sisi tulang terpotong secara seimbang. Teknik ini meminimalkan risiko tulang patah dengan cara yang tidak diinginkan atau potongan yang tidak rata.

 

3 dari 3 halaman

4. Lanjutkan ke Bagian Bawah Sampai Kuku Sapi dan Belah Bagian Tengah dari Kuku Sapi Sampai Ujung Kaki Terbelah Menjadi Dua

Setelah memotong bagian tengah tulang, langkah berikutnya dalam cara memotong kaki sapi adalah melanjutkan pemotongan ke bagian bawah kaki sapi hingga kuku. Proses ini dimulai dengan memotong bagian tengah dari kuku sapi dan terus mengayunkan golok sampai ujung kaki terbelah menjadi dua.

Contoh praktiknya seperti yang ditunjukkan di channel YouTube Theonk Chanel, pemotongan dilakukan secara hati-hati dan bertahap agar hasilnya rapi dan bagian kaki dapat diolah dengan lebih mudah. Pemotongan ini membantu memisahkan bagian kaki yang lebih kecil, mempermudah pengolahan lebih lanjut seperti perebusan atau pengolahan lain sesuai kebutuhan.

5. Pastikan Mengetahui Jalur Tulangnya

Dalam cara memotong kaki sapi, sangat penting untuk mengetahui jalur tulang agar pemotongan bisa dilakukan dengan tepat. Memahami struktur tulang sapi membantu dalam melakukan potongan yang benar dan menghindari kesalahan yang bisa mengakibatkan cedera atau potongan yang tidak sesuai.

Sebagai contoh, mengetahui di mana sendi dan sambungan tulang berada akan mempermudah proses pemisahan dan memastikan bahwa pemotongan dilakukan pada titik yang benar. Adanya pengetahuan ini, pemotongan kaki sapi menjadi lebih efisien dan hasil potongan lebih rapi.

6. Bagian Kaki Paling Bawah Dipotong Menjadi 6-8 Bagian, Tergantung Besar Kaki Sapinya

Tahap terakhir dalam cara memotong kaki sapi adalah memotong bagian paling bawah kaki sapi menjadi beberapa bagian. Ukuran potongan disesuaikan dengan besar kaki sapi, biasanya dipotong menjadi 6-8 bagian.

Contohnya, seperti yang dicontohkan dalam video channel YouTube Theonk Chanel, kaki sapi yang lebih kecil dipotong menjadi 6 bagian sedangkan yang lebih besar bisa dipotong menjadi 8 bagian. Potongan-potongan ini kemudian siap untuk diolah lebih lanjut, misalnya direbus untuk membuat kaldu atau diolah menjadi hidangan khas lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.