Sukses

Sauron, Musuh Utama yang Penuh Misteri di The Lord of The Rings

Simak penjelasan karakter, sejarah, dan kekuatan Sauron.

Liputan6.com, Jakarta Sauron, musuh utama di The Lord of the Rings, adalah sosok yang telah menghantui para pecinta kisah ini sejak pertama kali muncul di karya J.R.R. Tolkien. Sebagai pencipta Cincin Utama yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan semua cincin lainnya, Sauron menjadi ancaman terbesar bagi Middle-earth. Namun, siapa sebenarnya Sauron, dan bagaimana dia mendapatkan kekuatan yang begitu besar?

Dalam trilogi epik ini, Sauron digambarkan sebagai entitas jahat yang berambisi menguasai dunia dengan segala cara. Kisahnya tidak hanya terbatas pada buku-buku The Lord of the Rings, tetapi juga merambah hingga ke serial mendatang dari Prime Video, The Rings of Power. Serial ini berlatar di Zaman Kedua dan menceritakan proses pembuatan Cincin Kekuatan, yang membuat banyak orang bertanya-tanya apakah Sauron akan memainkan peran penting dalam alur ceritanya.

Meski detail tentang keterlibatan Sauron dalam serial baru ini masih misterius, ada banyak hal menarik yang bisa kita pelajari tentang karakter, sejarah, dan kekuatannya. Bagaimana dia menjadi begitu berbahaya, dan apa yang membuatnya menjadi musuh yang sangat ditakuti? 

Temukan jawabannya melalui penjelasan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pada Senin (27/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Siapakah Sauron?

Sepanjang tahun, Sauron telah mengambil banyak peran dan dikenal dengan berbagai nama. Dia adalah penguasa cincin yang menjadi eponim, Sang Penguasa Kegelapan, namun namanya yang lain termasuk Mairon, Annatar, Artano, Aulendil, Gorthaur, dan Zigûr. Dia juga dikenal sebagai Necromancer dalam The Hobbit.

Tolkien tidak pernah menggambarkan ciri fisik Sauron secara rinci dalam novelnya. Sauron pada awalnya mampu mengubah penampilannya, tetapi ketika dia menjadi pelayan Morgoth, dia mengambil bentuk yang jahat yang oleh Tolkien dalam surat-suratnya digambarkan sedikit lebih besar dari ukuran manusia namun tidak raksasa. 

Versi Sauron ini memiliki mata yang menakutkan dan muncul sebagai personifikasi dari kebencian dan kejahatan. Sauron juga pernah mengambil bentuk serigala jadi-jadian, ular, dan dalam upaya untuk memikat dan memanipulasi orang lain, dia juga bisa berubah menjadi makhluk yang cantik dan menawan.

Lalu ada Mata, citra yang paling terkait dengan Sauron selama seri The Lord of the Rings. Mata Sauron juga disebut Mata Besar, Mata Barad-dûr, Mata Merah, Mata Tanpa Kelopak, dan Mata Jahat. Simbol mata tanpa kelopak Sauron menjadi gambar yang menebar ketakutan di seluruh Middle-earth selama Zaman Ketiga. Tidak jelas apakah Mata itu sebenarnya adalah Sauron sendiri atau apakah dia berwujud selain mata tersebut. 

Namun, apakah Sauron adalah makhluk yang sepenuhnya jahat tanpa bisa ditebus? 

"Dalam cerita saya, Sauron mewakili pendekatan yang paling mendekati kehendak yang sepenuhnya jahat sebisa mungkin," jelas Tolkien. 

"Dia telah mengikuti jalan semua tiran: memulai dengan baik, setidaknya pada tingkat bahwa sementara dia menginginkan untuk mengatur semua hal sesuai dengan kebijaksanaannya sendiri, dia pada awalnya masih mempertimbangkan kesejahteraan (ekonomi) penghuni bumi lainnya. Tetapi dia melangkah lebih jauh daripada tiran manusia dalam hal kebanggaan dan nafsu untuk dominasi." 

Jadi, meskipun Sauron tidak sepenuhnya jahat, Sauron serakah, licik, dan haus akan kekuasaan dan dia bersedia menyebabkan kerusakan dan kehancuran besar untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

 
3 dari 6 halaman

Sauron pada Zaman Lampu

Sauron adalah yang terkuat dari para Maiar—roh-roh primordial yang diciptakan untuk membantu para Valar membentuk Dunia. Nama aslinya adalah Mairon, yang berarti "Yang Terpuji," dan sebagai roh abadi yang lahir sebelum penciptaan dunia, ia mampu merasakan langsung keberadaan Sang Pencipta, Eru Ilúvatar. 

Awalnya, Mairon baik dan belum tercemar, dan ia menghabiskan waktunya belajar tentang keahlian kerajinan dari Aulë. Namun, ketika Vala Melkor (kemudian dikenal sebagai Morgoth) memberontak melawan Eru, kejahatan mulai merasuki dunia. Melkor berusaha menghancurkan Middle-earth, sementara Mairon ingin mengendalikannya. Maka, Mairon bersekutu dengan Melkor, menjadi pelayan utamanya.

Sauron pada Zaman Pertama

Pada awalnya, Mairon tetap berada di antara para Valar, diam-diam memata-matai mereka dan memberikan informasi kepada Morgoth. Dengan informasi yang diberikan Mairon, Morgoth mampu menghancurkan Almaren, tempat tinggal para Valar. Para Valar kemudian pindah ke Alam Diberkati Valinor, tanpa mengetahui bahwa Sauron lah yang telah mengkhianati mereka. 

Namun pada titik ini, Sauron siap meninggalkan Alam Diberkati dan secara resmi bergabung dengan Morgoth di Middle-earth. Kaum Elf Sindar di Beleriand memberikan Mairon nama Gorthaur, yang berarti "abominasi menakutkan," sementara yang lain menyebutnya Sauron, yang berarti "yang dibenci" atau "yang mengerikan," sebuah permainan kata dari nama aslinya. 

Morgoth dan pengikutnya berperang melawan para Valar dan para Elf. Pada masa ini, Sauron bertarung melawan gadis Elf Lúthien dan Huan, anjing serigala. Sauron mengambil bentuk serigala jadi-jadian untuk melawan mereka, tetapi ketika jelas bahwa ia kalah dalam pertempuran, ia berubah menjadi kelelawar vampir raksasa dan melarikan diri. Dalam Perang Kemarahan, Morgoth dikalahkan dan dibuang ke Void Luar di luar dunia. Namun, Sauron berhasil melarikan diri.

4 dari 6 halaman

Sauron pada Zaman Kedua

Setelah bersembunyi selama lima abad, Sauron muncul kembali. Dengan niat untuk menguasai Middle-earth, ia menamakan dirinya Penguasa Kegelapan berikutnya. Pada tahun SA 1000, Sauron mendirikan benteng di tanah Mordor di timur Middle-earth. Di sana, ia mulai membangun benteng gelap Barad-dûr dekat Gunung Doom. Dengan kekuatan manipulasi dan kelicikannya, Sauron dengan cepat menarik pengikut, segera mengumpulkan pasukan Orc dan Troll. 

Ia juga mampu mempengaruhi banyak bangsa Manusia, seperti Easterlings dan Haradrim, untuk berpihak padanya. Selanjutnya, Sauron berusaha membawa para Elf ke dalam pelayanannya, sehingga ia menyamar sebagai Annatar, Lord of Gifts, untuk memikat mereka. Para Elf membantu Sauron menempa Cincin Kekuatan. 

Secara rahasia, Sauron juga menempa Cincin Utama, untuk menguasai semua cincin lainnya, di api Gunung Doom di Mordor. Tetapi ketika para Elf mengetahui kekuatan Cincin Utama Sauron, mereka melepaskan Cincin Kekuatan mereka. Sauron marah, dan ia memulai perang melawan para Elf. Ia menuntut agar semua Cincin Kekuatan diserahkan kepadanya. 

Para Elf berhasil menyembunyikan tiga cincin terkuat dari Sauron, tetapi 16 Cincin Kekuatan lainnya jatuh ke tangan Sauron. Sauron memberikan tujuh dari cincin tersebut kepada para Kurcaci, yang tetap tahan terhadap kekuatannya, tetapi Cincin-cincin tersebut menumbuhkan perasaan serakah dan nafsu tak terpuaskan akan emas di antara para Kurcaci. 

Sembilan cincin lainnya diberikan kepada Manusia, yang benar-benar dirusak oleh kekuatan Cincin-cincin tersebut. Sembilan manusia ini menjadi Nazgûl, atau Ringwraiths, pelayan paling menakutkan dari Sauron. Pada akhir Zaman Kedua, Sauron dikalahkan oleh Isildur, yang mampu memotong Cincin dari tangan Sauron. 

Isildur kemudian didesak untuk menghancurkan Cincin dengan melemparkannya ke dalam Gunung Doom, yang akan mengusir Sauron dari Middle-earth untuk selamanya. Namun terpikat oleh kekuatan Cincin, Isildur tidak mampu menghancurkannya, meninggalkan celah bagi kembalinya Sauron.

 
5 dari 6 halaman

Sauron pada Zaman Ketiga

Selama Cincin itu ada, Sauron tidak bisa benar-benar dikalahkan, dan selama bertahun-tahun, ia tetap dorman, sebuah kejahatan tanpa wujud dan tidak berbentuk. Setelah Isildur mati dalam pertempuran mencoba menggunakan Cincin Utama, Cincin itu hilang. Akhirnya, Cincin ditemukan di Sungai Anduin oleh seorang Hobbit bernama Déagol. 

Ketika sepupunya Sméagol melihat Cincin itu, ia menjadi sangat cemburu dan membunuh Déagol untuk mendapatkan Cincin tersebut untuk dirinya sendiri. Dihukum karena kejahatannya, Sméagol pergi bersembunyi di Pegunungan Berkabut dengan Cincin berharga miliknya, dan di sana ia berubah menjadi makhluk yang cacat dan korup yang dikenal sebagai Gollum. 

Pada saat ini, Sauron telah mendirikan kembali dirinya di selatan Mirkwood sebagai Necromancer. Awalnya, para Elf tidak menyadari bahwa ancaman di Mirkwood adalah Sauron sendiri dan malah percaya itu adalah Nazgûl. Akhirnya, Gandalf the Gray mengungkapkan bahwa Necromancer sebenarnya adalah Sauron, dan Dewan Putih mengusirnya dari Dol Guldur. 

Sauron mundur kembali ke Mordor, di mana ia secara resmi menyatakan dirinya sebagai tuan dan mulai membangun kembali pasukannya untuk mengambil alih Middle-earth sekali lagi. Pada tahun TA 3017, Gandalf menemukan bahwa Cincin itu sekarang berada di tangan seorang Hobbit bernama Bilbo Baggins, yang kemudian menyerahkannya kepada keponakannya, Frodo. 

Gandalf membantu Frodo melakukan perjalanan ke Rivendell, di mana mereka mendirikan Persekutuan Cincin, sembilan jiwa pemberani yang akan melakukan perjalanan ke Gunung Doom untuk menghancurkan Cincin, sehingga menghancurkan Sauron. Penyihir Saruman mencoba mengambil Cincin dari Frodo, tetapi pasukannya dihancurkan dan bentengnya di Isengard digulingkan. 

Dalam pertempuran terakhir Perang Cincin, Pertempuran Morannon, Aragorn memimpin Pasukan Barat, dan mereka mengalihkan perhatian Sauron sementara Frodo Baggins dan Samwise Gamgee mencoba menghancurkan Cincin. Namun pada saat terakhir, Frodo terpengaruh oleh kekuatan Cincin dan mengklaimnya sebagai miliknya. 

Pada saat itu, Gollum, yang telah mengikuti Frodo dan Sam, menyerang Frodo, mencuri Cincin, dan kemudian jatuh ke dalam Gunung Doom yang berapi, menghancurkan Cincin dalam apinya dan mengakhiri kekuasaan Sauron untuk selamanya.

 
6 dari 6 halaman

Kekuatan dan Senjata Sauron

Sauron adalah salah satu dari Maiar yang paling kuat. Awalnya dari golongan Aulë, dia memperoleh pengetahuan "ilmiah" besar tentang substansi dunia dan cara menggunakannya. Pengetahuan ini tetap ia pertahankan sepanjang masa pemerintahannya sebagai Penguasa Kegelapan di Middle-earth, menggunakannya untuk menempa Cincin Utama dan membangun bentengnya Barad-dûr. Sauron juga terkait dengan penggunaan api, dan sebagai letnan utama Morgoth, kemampuannya untuk memanfaatkan api di dalam Bumi sangat berharga.

Salah satu kekuatan utama Sauron adalah tipu muslihat dan penyamaran: Pada Zaman Pertama, Sauron mengambil banyak bentuk. Selama pertempuran melawan Lúthien dan Huan dalam The Silmarillion, ia mengambil tidak kurang dari empat bentuk yang berbeda: bentuk "normal"-nya, seorang penyihir gelap yang mengerikan, serigala besar, ular, dan akhirnya vampir yang "mengucurkan darah dari tenggorokannya ke atas pohon-pohon" ("Of Beren and Lúthien," The Silmarillion). 

Pada akhir Zaman Pertama, Sauron mengambil bentuk yang indah untuk memohon ampun kepada Kapten Pasukan Valar. Pada Zaman Kedua, Sauron kembali mengambil bentuk yang indah dan menggunakannya dengan nama samaran "Annatar" untuk menipu para Elf dalam menciptakan Cincin Kekuatan.

Tingkat tipu muslihat yang dibutuhkan untuk menipu para Elf dari Eregion pasti melebihi hanya mengambil bentuk yang indah, karena Sauron sebenarnya menginstruksikan para Elf untuk membuat artefak yang, meskipun mampu melakukan kebaikan besar, pada akhirnya bertujuan untuk dominasi dirinya sendiri dan diberi kekuatan untuk menahan tatanan alam dunia. Namun para Elf tidak menyadari dengan siapa mereka berurusan hingga detik terakhir, dan hanya dengan sedikit lolos dari jebakan Sauron.

Berabad-abad kemudian, Sauron berhasil menipu Númenóreans dan mengarahkan mereka langsung kepada kehancuran mereka sendiri dengan janji kehidupan abadi. Kehancuran seperti itu adalah bukti dari sifat manipulatif Sauron dan kemampuannya untuk memutar persepsi musuh-musuhnya. Namun, kekuatan ini lebih dari sekadar manipulasi licik, karena Sauron (seperti kebanyakan Maiar) dapat berubah wujud. 

Ia kemungkinan mengambil bentuk Elf ketika tinggal di antara para Elf selama berabad-abad, dan ada sebuah kutipan dalam The Lost Road yang mengatakan bahwa ia pertama kali muncul di antara Númenóreans dalam bentuk "manusia" tapi jauh lebih tinggi dari manusia normal dan dengan cahaya yang mengerikan di matanya. Namun, ini adalah versi awal dan versi-versi kemudian hanya berbicara tentang "bentuk yang indah" nya.

Dia adalah guru besar dalam cara-cara sihir, mampu memberikan pelatihan dalam nekromansi dan seni-seni sihir lainnya.

Sebuah dikotomi menarik dibuat antara sifat tipu muslihatnya dan simbolnya. Meskipun jarang muncul secara langsung dan menipu kecuali bagi yang sangat waspada, ia mewakili dirinya sebagai mata yang melihat segala hal yang bisa menembus segala penyamaran.

Luas, alam, dan detail-detail kekuatan Sauron sebagian besar dibiarkan kepada imajinasi. Seperti Morgoth, ia mampu mengubah substansi fisik dunia di sekitarnya hanya dengan keinginan.

Meskipun jarang turun tangan bertarung sendiri, Sauron bisa menjadi lawan yang menakutkan di medan perang. Ia mampu membunuh Elendil dan Gil-Galad sendirian, meskipun duel itu membuatnya lemah. Sentuhan tangannya saja bisa menyebabkan luka bakar fatal.

Setelah Sauron menyuntikkan sebagian besar kekuatannya, kehendak, dan esensi ke dalam Cincin Utama, ia menjadi lebih lemah dan lebih kuat secara bersamaan. Lebih kuat ketika memiliki cincin karena cincin itu diciptakan untuk meningkatkan kekuatan penggunanya dan memberikan kemampuan tambahan (seperti menundukkan kemauan mereka yang berada di sekitarnya tanpa memandang apakah mereka mengenakan cincin kekuatan atau tidak) dan lebih lemah ketika tanpanya. 

Wujud jasmani Sauron dihancurkan setidaknya 3 kali namun setelah kali ketiga cincin itu diambil darinya, butuh waktu yang lama untuk mendapatkan wujud fisiknya kembali dan cukup kekuatan untuk mengumpulkan pasukannya sambil menjalankan rencananya. Meskipun Sauron tidak dapat dibatalkan secara permanen selama cincin itu ada, ia jauh lebih lemah tanpanya. 

Namun, karena keberadaan cincin itu, kekuatan Sauron, berbeda dengan Morgoth, tidak berkurang karena kekuatan besar Morgoth terdilusi ketika tersebar di seluruh Arda, tetapi kekuatan Sauron terkonsentrasi ketika ditempatkan dalam sebuah wadah tunggal yang kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.