Sukses

10 Manfaat Kapulaga Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui, Bantu Turunkan Berat Badan

Kapulaga ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kapulaga merupakan rempah aromatik yang sering digunakan dalam masakan dan minuman. Kapulaga ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Dikenal sebagai "ratu rempah-rempah," kapulaga tidak hanya menambah cita rasa pada hidangan tetapi juga kaya akan antioksidan dan nutrisi penting. Kapulaga ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Nutrisi yang terkandung dalam kapulaga mulai dari kalium, serat, vitamin C, B6, Magnesium, minyak atsiri, protein, karbohidrat, hingga zat besi. Secara keseluruhan, kapulaga adalah rempah yang tidak hanya memperkaya rasa makanan tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan melalui berbagai nutrisi yang dikandungnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat kapulaga bagi tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membantu Melawan Kanker

Dikutip dari laman Healthline, kandungan senyawa dalam kapulaga dipercaya dapat membantu melawan sel kanker. Sebuah studi pada pada tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa di dalam kapulaga mampu menghentikan sel kanker mulut. Hal itu berguna agar sel kanker tidak berkembang biak. 

Sedangkan penelitian pada tikus, bubuk kapulaga mampu meningkatkan aktivitas enzim tertentu untuk melawan kanker. Selain itu, juga dapat meningkatkan sel pembunuh alami untuk menyerang tumor. Namun penelitian pada manusia sangat diperlukan agar memiliki klaim yang kuat.

2. Mencegah Gigi Berlubang dan Bau Mulut

Masih dari sumber yang sama, kapulaga dipercaya dapat mengobati bau mulut dan mencegah gigi berlubang. Pada beberapa budaya kuno, mengonsumsi kapulaga setelah makan merupakan hal umum yang dilakukan untuk menyegarkan napas.

Sebuah penelitian di tabung reaksi mengungkapkan bahwa ekstrak kapulaga efektif melawan lima bakteri penyebab gigi berlubang, mencegah tumbuhnya bakteri dan mengurangi jumlah bakteri pada air liur.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kapulaga memiliki antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi mengatakan, jika mengkonsumsi 3 gram bubuk kapulaga setiap hari dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi kapulaga sebagai suplemen dengan cara dicampurkan ke dalam masakan.

3 dari 5 halaman

4. Melindungi dari Penyakit Kronis

Kapulaga ternyata memiliki kandungan yang mampu melawan peradangan. Peradangan sendiri dapat terjadi jika tubuh terpapar zat asing. Pada peradangan jangka panjang maka akan menyebabkan penyakit kronis.

Kandungan antioksidan dalam kapulaga mampu melindungi sel dari kerusakan. Antioksidan juga bisa menghentikan peradangan. Sebuah studi yang diuji coba pada tikus mengungkapkan bahwa ekstrak kapulaga dalam dosis 50-100 mg bisa menghambat empat senyawa inflamasi yang berbeda.

Selain itu, mengonsumsi bubuk kapulaga juga dapat menurunkan peradangan hati. Meskipun penelitian anti-inflamasi kapulaga pada manusia tidak banyak, namun pada penelitiannya menunjukkan terdapat peningkatan antioksidan sampai 90% jika kapulaga dikonsumsi sebagai suplemen.

5. Melancarkan Pernapasan

Kapulaga dipercaya dapat membantu meningkatkan pernapasan. Saat kapulaga berbentuk aromaterapi, maka akan memberikan bau yang menyegarkan. Kapulaga dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru.

Terdapat sebuah studi pada manusia untuk membuktikan manfaat kapulaga dalam pernapasan. Mereka mencoba menghirup minyak esensial kapulaga selama satu menit. Setelah itu, mereka berjalan di atas treadmill selama 15 menit. Hasilnya, mereka memiliki serapan oksigen lebih tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kencing

Manfaat kapulaga lainnya adalah juga ampuh untuk menyelesaikan masalah buang air kecil. Kapulaga yang memiliki sifat diuretic ini berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih dan juga peradangan pada ginjal. Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

7. Mengurangi Stres

Manfaat kapulaga lainnya adalah untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stress. Kapulaga dipercaya ampuh sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedative atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat terus membuat mood kamu membaik dan kamu bisa mengurangi dan juga menghindari stress.

4 dari 5 halaman

8. Menurunkan Berat Badan

Kandungan melatonin dalam kapulaga dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini membantu proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Selain itu, kapulaga juga memiliki efek termogenik yang dapat membantu menekan nafsu makan. Dengan mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk ngemil, kapulaga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian. Sehingga rempah ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kapulaga ternyata sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan, entah pria maupun wanita. Kapulaga ini termasuk dari salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Pada setiap sendok kapulaga, terdapat kandungan 2 gram serat. Sehingga kapulaga dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya. Ini merangsang produksi enzim pencernaan, sehingga membantu pencernaan makanan lebih efisien.

Selain itu, kapulaga juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lain, seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

10. Mendukung Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam kapulaga membantu melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol. Hal ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Studi penelitian pada tikus menemukan kapulaga membantu melindungi dari serangan jantung, meningkatkan fungsi jantung, dan menurunkan kadar kolesterol. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah efek yang sama juga akan dialami manusia.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Kapulaga

Untuk mendapatkan kapulaga, kamu bisa menemukannya di pasaran dalam berbagai bentuk. Mulai dari biji kapulaga yang sudah dikeringkan, kapulaga bubuk, suplemen kapulaga, teh kapulaga, minyak kapulaga, hingga jamu kapulaga.

Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan atau penyakit yang diderita. Bila ingin meredakan stress, kamu bisa menggunakan teh kapulaga. Sedangkan untuk kapulaga sebagai obat nyeri bisa kamu gunakan minyak kapulaga atau dengan mengonsumsi suplemen kapulaga.

Meskipun terjual dalam berbagai bentuk, namun dosis penggunaan kapulaga yang tepat belum ada hingga saat ini. Untuk itu, anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya dan jangan menggunakannya secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang terlalu lama. Apabila anda terlalu berlebihan dalam menggunakan kapulaga dalam jangka waktu yang panjang bisa menimbulkan efek samping seperti alergi dan juga komplikasi batu empedu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.