Sukses

Butuh Waktu 5 Hari Diputar, Ini Lagu Terpanjang di Dunia yang Pernah Direkam

Lima hari baru habis mendengarkannya, ini adalah lagu terpanjang yang pernah direkam di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, lagu lokal maupun internasional memiliki durasi tiga hingga lima menit. Biasanya lagu-lagu itu mempunyai lima bagian yaitu intro, bait, pre-chorus, chorus dan bridge. Tak ada ketentuan baku memang, yang mengatur tentang jumlah bagian dalam sebuah lagu.

Ada beberapa lagu yang tidak mengikuti norma biasa di industri musik mainstream seperti Stairway to Heaven (Led Zeppelin), Bohemian Rhapsody (Queen) dan November Rain (Guns N' Roses).

Lagu-lagu tersebut memiliki durasi yang melebihi rata-rata durasi lagu di chart musik pada umumnya, yaitu enam hingga sepuluh menit. Namun, bukan salah satu lagu tersebut yang merupakan lagu yang memiliki durasi terlama sepanjang sejarah dunia rekaman di dunia.

Bersiap dibuat geleng-geleng kepala oleh lagu berikut ini. Simak ulasannya yang telah Liputan6.com lansir dari Siakap Keli, Senin (6/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh 5 hari untuk diputar sampai habis

Lagu terpanjang di dunia yang pernah resmi tayang ini baru dirilis pada bulan April 2023, yaitu sekitar tahun lalu. Saking panjangnya, butuh setidaknya lima hari untuk mendengarkan satu lagu sampai selesai.

Penulis dan musisi berasal dari Uttar Pradesh, India, Dr. Jagadeesh Pillai diakui oleh Guinness Book of Records pada 5 Maret 2023. Ia telah menghasilkan lagu yang berdurasi sekitar 138 jam, 41 menit, dan 20 detik. Dengan kata lain, pendengar harus menghabiskan waktu lima hari untuk menyelesaikan keseluruhan lagu.

3 dari 3 halaman

Lagu terpanjang berasal dari India

Lagu berjudul 'Shri Ram Charit Manas' itu didasarkan pada puisi abad ke-16 dengan judul yang sama. Dapat dipahami bahwa lagu tersebut berisi seluruh syair puisi yang terlibat, yang memiliki kurang lebih lebih dari 15.000 syair dalam bahasa Awadhi.

Prestasi Pillai memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh lagu berjudul 'The Rise and Fall of Bossanova'. Lagu ini diciptakan oleh Michael dan Kelley Bostwick dari Palmer, Massachusetts. Mereka merilis lagu tersebut pada 1 November 2016.

Berbeda dengan lagu-lagu Pillai, The Rise and Fall of Bossanova hanya berdurasi sekitar 13 jam dan tidak memakan waktu berhari-hari untuk mendengarkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.