Sukses

15 Obat Pilek Alami, Atasi Masalah Tanpa Efek Samping

Jadi obat-obat pilek alami apa saja yang dapat digunakan?

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi pilek dan flu adalah pengalaman umum yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan sehari-hari. Di antara berbagai pilihan pengobatan yang tersedia, obat pilek alami menjadi pilihan yang diminati banyak orang karena tidak hanya efektif mengatasi gejala, tetapi juga cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit. 

Penggunaan obat pilek alami dapat memberikan kelegaan tanpa efek samping yang serius, membuatnya menjadi pilihan yang diminati oleh banyak orang yang mengutamakan kesehatan alami. Di samping itu, obat pilek alami juga sering kali dapat ditemukan dengan mudah di rumah atau toko-toko kesehatan, menjadikannya pilihan yang praktis untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dalam upaya menghadapi musim pilek dan flu, mengenal dan memahami keunggulan obat pilek alami menjadi hal penting. Dengan memilih perawatan yang lembut namun efektif, kita dapat merespon gejala pilek dan flu dengan lebih baik tanpa khawatir akan efek samping yang berlebihan. 

Untuk panduan lengkap obat-obat pilek alami apa saja yang dapat digunakan, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari HealthLine daftar lengkapnya, pada Kamis (2/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kaldu Ayam

Kaldu ayam memiliki sejumlah nutrisi yang mendukung sistem kekebalan tubuh meskipun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa kaldu ayam dapat menyembuhkan pilek atau flu atau mempercepat proses penyembuhan. Namun, makanan yang nyaman ini memberikan hidrasi dan mungkin membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu, terdapat beberapa bukti bahwa nutrisi dalam kaldu ayam dapat melambatkan gerakan neutrofil dalam tubuh Anda. Neutrofil adalah jenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Saat gerakannya melambat, mereka tetap lebih terkonsentrasi di area tubuh yang paling membutuhkan perlindungan, yang mungkin berkontribusi pada proses penyembuhan.

Coba resep ini untuk kaldu ayam. Anda memerlukan daging ayam, wortel, seledri, dan bawang. Atau, pertimbangkan juga untuk menggunakan kaldu tulang, yang juga dapat memiliki manfaat kesehatan. Jika Anda menggunakan kaldu siap pakai, pilihlah varietas kaldu rendah sodium.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi. Penggunaannya mencakup mengurangi nyeri otot dan mengatasi mual.

Buatlah teh dengan merebus beberapa iris akar jahe mentah dalam air mendidih. Selain memberikan hidrasi, teh jahe ini mungkin meredakan nyeri otot, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi mual jika ada.

3. Madu

Madu memiliki beragam sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon dapat meredakan nyeri tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa madu juga dapat bertindak sebagai penghambat batuk.

Anda sebaiknya tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 12 bulan, karena madu dapat mengandung spora botulinum. Meskipun spora tersebut biasanya tidak berbahaya bagi anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh bayi belum mampu melawannya.

3 dari 6 halaman

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba dan mungkin juga antivirus. Menambahkan bawang putih ke dalam diet Anda mungkin dapat mengurangi keparahan gejala pilek. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bahkan dapat membantu Anda tidak sakit sama sekali.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut tentang manfaat bawang putih dalam melawan pilek, menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam diet Anda kemungkinan besar tidak akan merugikan.

5. Echinacea

Suku Indian asli Amerika telah lama menggunakan tanaman dan akar echinacea untuk tujuan medis. Bahan aktifnya termasuk flavonoid, zat kimia yang memiliki banyak efek terapeutik pada tubuh. Misalnya, flavonoid dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi peradangan.

Bukti menunjukkan bahwa echinacea mungkin membantu mencegah pilek tetapi tidak mungkin mempersingkat durasinya. Sebuah studi pada tahun 2020 menyarankan bahwa mengonsumsi echinacea mungkin membantu mengobati gejala pilek umum pada anak-anak. Dengan begitu, ini adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu meredakan gejala pilek dan flu. 

6. Vitamin C

Vitamin C adalah sejenis antioksidan yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang kaya akan vitamin C meliputi:

  • Buah-buahan sitrus
  • Paprika merah
  • Sayuran hijau berdaun, seperti brokoli

Menambahkan jus lemon segar ke dalam teh panas dengan madu dapat mengurangi lendir saat Anda sakit. Minum lemonade panas atau dingin juga bisa membantu.

Vitamin C dalam diet atau sebagai suplemen tidak mungkin mencegah pilek, tetapi beberapa bukti menunjukkan bahwa dapat memperbaiki gejala dan sedikit mempersingkat durasi pilek.

4 dari 6 halaman

7. Probiotik

Probiotik adalah bakteri "ramah" dan ragi yang ada di dalam tubuh Anda, beberapa makanan, dan suplemen.

Mereka dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh Anda serta mungkin mengurangi kemungkinan Anda terkena infeksi saluran pernapasan atas, serta mempersingkat durasi infeksi tersebut. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Yogurt probiotik mungkin bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda serta memberikan protein dan kalsium. Cari produk yang mencantumkan bakteri hidup di label.

8. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam mungkin dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan atas. Ini juga dapat mengurangi keparahan gejala pilek, misalnya, dengan meredakan nyeri tenggorokan dan kemacetan hidung.

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi dan melonggarkan lendir, yang mengandung bakteri dan alergen. Untuk mencoba metode ini di rumah:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air penuh.
  • Berkumurlah di mulut dan tenggorokan.
  • Ludahkan.

9. Irigasi Hidung dengan Larutan Salin

Menggunakan semprotan salin atau neti pot mungkin dapat membantu meringankan hidung tersumbat saat pilek, dan mungkin juga membantu dengan beberapa gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Namun, pastikan untuk menggunakan hanya air murni, steril, atau yang sebelumnya sudah direbus dan didinginkan serta untuk mencuci neti pot dengan bersih setelah digunakan. Tidak melakukannya bisa memperkenalkan mikroba yang dapat menyebabkan infeksi potensial yang serius.

5 dari 6 halaman

10. Salep Topikal

Salep yang mengandung kamfer, minyak eukaliptus, dan menthol, seperti VapoRub, mungkin dapat mengurangi batuk di malam hari. Satu atau dua tetes sebelum tidur dapat membantu membuka saluran udara dan membantu memperbaiki:

  • Kemacetan
  • Tidur
  • Batuk

Gunakan hingga 3 kali dalam 24 jam. VapoRub tidak cocok untuk anak di bawah 2 tahun, dan tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakannya pada anak yang lebih besar.

11. Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial dapat membantu mengelola gejala pilek, flu, dan kondisi pernapasan lainnya. Hal ini disebabkan oleh sifat mikroba, pereda nyeri, atau antiinflamasi mereka. Contohnya termasuk:

  • Eukaliptus
  • Peppermint (menthol)
  • Frankincense
  • Thyme
  • Tea tree

Gunakan diffuser atau tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air mandi hangat.

12. Humidifier

Peningkatan kelembaban dapat membantu mengurangi kekeringan dan peradangan di hidung dan tenggorokan.

Humidifier di kamar tidur atau di tempat lain di rumah Anda dapat membantu Anda merasa lebih nyaman. Menambahkan beberapa tetes minyak eukaliptus juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

Untuk efek yang sama tanpa humidifier, mandi air panas atau berlama-lama di kamar mandi yang beruap.

Ingat, air yang digunakan dalam humidifier perlu diganti setiap hari untuk mencegah pertumbuhan jamur dan fungi lainnya. Selain itu, ketika menyangkut anak-anak, lebih aman menggunakan humidifier beruap dingin.

6 dari 6 halaman

13. Mandi Air Hangat

Terkadang, Anda dapat mengurangi demam pada anak dengan memberikan mandi spons yang hangat, namun tidak panas. Mandi air hangat juga dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu pada orang dewasa. Menambahkan garam Epsom dan soda kue ke dalam air mandi juga dapat mengurangi nyeri tubuh.

14. Elderberry

Beberapa studi menyarankan bahwa suplemen elderberry dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas dan flu.

15. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh mungkin tidak membantu jika Anda sudah menderita flu, tetapi dapat melindungi Anda dari serangan lainnya dan gejala yang lebih parah dalam jangka panjang.

Tips meliputi:

  • Mendapatkan setidaknya 7 jam tidur di malam hari
  • Mengikuti diet yang bervariasi dan nutrisi
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengikuti pedoman vaksinasi flu

Dengan memperhatikan berbagai metode ini, Anda dapat mencoba pendekatan alami lainnya untuk mengelola gejala pilek, flu, dan kondisi pernapasan lainnya. Tetap konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mencoba metode baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.