Sukses

Dekorasi Rumah Bak Kebakaran Ini Undang Pemadam, Bikin Geleng Kepala

Momen pemadam kebakaran terkecoh api palsu

Liputan6.com, Jakarta Demi mendapatkan rumah indah, perlu direncanakan seperti apa dekorasi di dalamnya. Pasalnya, pilihan nuansa memperindah rumah sangat banyak juga ditentukan selera setiap orang. Namun tak jarang dekorasi rumah yang justru terkesan nyeleneh. Seperti dekorasi ala rumah kebakaran yang satu ini. 

Departemen Pemadam Kebakaran Glens Falls, New York dipanggil ke sebuah rumah di wilayah utara kota dengan laporan tentang kebakaran struktur yang dikonfirmasi. Namun, ketika petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, apa yang mereka temui tidaklah seperti yang mereka harapkan. 

Tidak ada kepulan asap hitam yang mengepul ke langit, tidak ada sentuhan panas api yang menyala-nyala. Yang ada hanyalah pemandangan yang mengejutkan namun memukau: sebuah rumah yang tampak seperti tengah dilahap oleh nyala api yang membara.

Tidak, itu bukan kebakaran yang sesungguhnya. Itu hanyalah dekorasi Halloween yang sangat realistis. Alhasil penampakan dekorasi rumah ini membuat petugas pemadam kebakaran dan seluruh komunitas setempat tercengang. 

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum momen absurd pemadam kebakaran terkecoh dekorasi rumah mirip api ini melansir dari New York Post, Rabu (3/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dekorasi Bak Terbakar Mengecoh Tim Pemadam

Video yang direkam oleh pemilik rumah, dan kemudian dibagikan kepada petugas pemadam kebakaran, menunjukkan betapa detailnya dekorasi yang menghadirkan ilusi sebuah kebakaran yang menakutkan. Sekilas jika dilihat dari luar, dekorasi bertema api Halloween pada Oktober 2023 lalu itu seperti nyata.

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Glens Falls menyatakan bahwa reaksi awal petugas pemadam kebakaran adalah kebingungan yang tidak dapat disangkal. Mereka memanggil untuk melawan api, tetapi yang mereka temui adalah pertunjukan visual yang begitu realistis sehingga sulit dipercaya. 

“Yang mengejutkan kami, ini adalah dekorasi Halloween yang menakjubkan," kata salah seorang petugas pemadam kebakaran.

3 dari 4 halaman

Dibuat Pakai Lampu LED

Terlihat nyala api palsu dengan hebatnya memercik dan seolah-olah melahap bagian dalam rumah melalui jendela-jendela yang terbuka lebar, menciptakan pemandangan yang menakjubkan namun menggetarkan.

Dekorasi ini, menurut penuturan pemiliknya, dibuat dengan menggunakan berbagai peralatan sederhana yang diubah menjadi efek visual yang dramatis. Dua lampu LED, kipas kotak, lembaran perak, dan mesin kabut adalah komponen utama yang membentuk ilusi kebakaran yang sangat realistis. 

Meskipun tidak ada api yang sesungguhnya, efek yang dihasilkan oleh dekorasi tersebut berhasil menimbulkan perasaan ketegang

4 dari 4 halaman

Reaksi Tetangga Pemilik Rumah Dekor Api

Reaksi dari masyarakat setempat, terutama dari para tetangga pemilik rumah, pun sangat positif. Mereka memberikan pujian kepada pemilik rumah atas kekreatifan mereka dalam merancang dekorasi yang sangat realistis. 

"Tetangga kami sangat kreatif! Bagus sekali John & Matt, ini sangat realistis!" tulis salah satu tetangga, sementara halaman resmi Facebook Departemen Pemadam Kebakaran Glens Falls juga memberikan komentar positif atas karya tersebut.

Namun, tidak semua tanggapan terhadap dekorasi ini positif. Beberapa netizen menyarankan agar pemilik rumah memberitahu pemadam kebakaran terlebih dahulu sebelum melakukan dekorasi serupa di masa depan. 

Mereka menganggap penting untuk mencegah kesalahpahaman yang dapat terjadi, yang mungkin mengakibatkan pemborosan sumber daya dan waktu petugas pemadam kebakaran yang berharga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.