Sukses

Fanny Crosby: Tokoh yang Menginspirasi Melalui Ketulusan dan Bakat

Biografi singkat Fanny Crosby yang menerangkan kehidupan dan karirnya

Liputan6.com, Jakarta Fanny Crosby, seorang ikon dalam sejarah musik dan sastra Amerika Serikat, lahir dengan tantangan kebutaan yang kemudian menjadi pendorong kuat dalam karier dan kehidupannya. Sejak usia muda, Fanny Crosby menunjukkan bakatnya yang luar biasa dalam menulis puisi dan lagu, dengan karya-karyanya yang terkenal hingga saat ini. Namun, lebih dari sekadar bakatnya, kepribadian dan dedikasinya terhadap gerakan sosial, terutama pendidikan untuk orang buta, membuatnya menjadi figur yang menginspirasi banyak orang.

Dari perjuangannya sebagai seorang wanita buta hingga menjadi bagian dari fakultas di sekolahnya, Fanny Crosby menunjukkan ketangguhan dan semangatnya yang mengesankan. Kiprahnya dalam menulis puisi dan lagu-lagu populer mencerminkan bakatnya yang luar biasa dan kemampuannya untuk menginspirasi melalui kata-kata dan melodi. Selain itu, perannya dalam mendukung gerakan sosial untuk pendidikan orang buta menjadi landasan penting dalam warisan yang dia tinggalkan.

Untuk lebih mengenal siapa itu Fanny Crosby, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber biografi singkat Fanny Crosby yang menerangkan kehidupan dan karirnya, pada Rabu (19/3).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Siapakah Fanny Crosby?

Frances Jane van Alstyne, yang lebih dikenal dengan nama Fanny Crosby, adalah seorang pekerja misi, penyair, pengarang lirik, dan komposer Amerika. Dia adalah seorang hymnist yang produktif, dengan lebih dari 8.000 lagu hymn dan musik gospel yang ditulisnya, dan jumlah cetakan lebih dari 100 juta kopi. Selain itu, ia juga dikenal karena karyanya dalam mengajar dan pekerjaan misi penyelamatan.

Pada akhir abad ke-19, namanya menjadi sangat terkenal di Amerika, dan ia dikenal sebagai "Ratu Penulis Lagu Gospel" dan "Ibu dari nyanyian congregational modern di Amerika," dengan sebagian besar buku nyanyian gereja Amerika mengandung karyanya. Lagu-lagu gospelnya dianggap sebagai contoh dari semua musik kebangunan rohani, dan Ira Sankey mengaitkan kesuksesan kampanye evangelis Moody dan Sankey sebagian besar dengan lagu-lagu hymn Crosby. 

Beberapa lagu rohani Kristen terkenalnya meliputi "Pass Me Not, O Gentle Saviour", "Blessed Assurance", "Jesus Is Tenderly Calling You Home", "Praise Him, Praise Him", "Rescue the Perishing", dan "To God Be the Glory". Beberapa penerbit awalnya enggan untuk menyertakan begitu banyak lagu dari satu orang dalam buku nyanyian mereka, sehingga Crosby menggunakan hampir 200 nama samaran yang berbeda selama kariernya.

Selain karya-karya rohani, Crosby juga menulis lebih dari 1.000 puisi sekuler dan memiliki empat buku puisi yang diterbitkan, serta dua autobiografi terlaris. Selain itu, ia juga menulis lagu-lagu sekuler populer, lagu-lagu politik dan patriotik, dan setidaknya lima kantata dengan tema-tema biblis dan patriotik, termasuk The Flower Queen, yang merupakan kantata sekuler pertama oleh seorang komposer Amerika. Ia sangat peduli dengan misi penyelamatan Kristen dan dikenal karena pidato publiknya yang menginspirasi.

 
3 dari 5 halaman

Pendidikan dan Awal Kehidupan Fanny Crosby

Frances Jane Crosby lahir pada tanggal 24 Maret 1820, di desa Brewster, sekitar 80 km di utara Kota New York. Dia adalah anak tunggal dari John Crosby dan istri keduanya, Mercy Crosby, keduanya adalah kerabat dari mata-mata Perang Revolusi, Enoch Crosby. John adalah seorang duda yang memiliki seorang putri dari pernikahan pertamanya. 

Crosby bangga dengan warisan Puritannya. Dia melacak keturunannya dari Anna Brigham dan Simon Crosby yang tiba di Boston pada tahun 1635 (dan termasuk di antara pendiri Harvard College); keturunan mereka menikahi keluarga Mayflower, membuat Crosby menjadi keturunan Elder William Brewster, Edward Winslow, dan Thomas Prence, serta menjadi anggota eksklusif Daughters of the Mayflower.

Dia juga merupakan anggota Daughters of the American Revolution di Bridgeport, Connecticut, dan menulis syair lagu negara bagian cabang Connecticut. Melalui Simon Crosby, Fanny juga merupakan kerabat dari pendeta Presbyterian Howard Crosby dan putranya yang neoabolisionis, Ernest Howard Crosby, serta penyanyi Bing dan Bob Crosby.

Pada usia enam minggu, Crosby mengalami pilek dan peradangan pada mata. Obat diberikan untuk mengobati keluarnya cairan. Menurut Crosby, prosedur ini merusak saraf optiknya dan membuatnya buta, tetapi para dokter modern berpendapat bahwa kebutaan ini kemungkinan lebih bersifat kongenital dan, mengingat usianya saat itu, mungkin saja tidak diperhatikan oleh orang tuanya.

Ayahnya meninggal pada November 1820 ketika Fanny masih berusia enam bulan, sehingga dia dibesarkan oleh ibunya dan neneknya, Eunice Paddock Crosby. Wanita-wanita ini mengakarinya pada prinsip-prinsip Kristen, membantunya menghafal ayat-ayat panjang dari Alkitab, dan dia menjadi anggota aktif di John Street Methodist Episcopal Church di Manhattan.

Ketika Crosby berusia tiga tahun, keluarga pindah ke North Salem, New York, tempat Eunice dibesarkan. Pada April 1825, ia diperiksa oleh ahli bedah Valentine Mott, yang menyimpulkan bahwa kondisinya tidak dapat dioperasi dan bahwa kebutaan permanen. Pada usia delapan tahun, Crosby menulis puisi pertamanya yang menggambarkan kondisinya. 

Dia kemudian menyatakan bahwa kebutaan ini adalah bagian dari takdir yang diberikan oleh Tuhan, dan dia bersyukur atas itu. Jika penglihatan sempurna di dunia diberikan kepadanya besok, dia tidak akan menerimanya. Menurutnya, dia mungkin tidak akan menyanyikan lagu-lagu pujian kepada Allah jika dia terganggu oleh hal-hal indah di sekitarnya.

Pada tahun 1828, Mercy dan Fanny pindah ke rumah seorang wanita bernama Mrs. Hawley di Ridgefield, Connecticut. Saat tinggal di sana, mereka menghadiri gereja Presbiterian di desa tersebut. Crosby menghafal lima bab dari Alkitab setiap minggu sejak usia 10 tahun, dengan dorongan dari neneknya dan kemudian Mrs. Hawley. Pada usia 15 tahun, dia telah menghafal empat injil, Pentateukh, Kitab Amsal, Kidung Agung, dan banyak Mazmur.

Dari tahun 1832, seorang guru musik datang ke Ridgefield dua kali seminggu untuk memberikan pelajaran bernyanyi kepada Fanny dan beberapa anak lainnya. Sekitar waktu yang sama, dia menghadiri ibadah pertamanya di gereja Metodis Episkopal, dan dia senang dengan lagu-lagu pujian mereka.

Crosby masuk New York Institution for the Blind (NYIB) pada tahun 1835, tepat sebelum ulang tahunnya yang ke-15. Dia tinggal di sana selama delapan tahun sebagai siswa, dan dua tahun lagi sebagai murid lulusan, selama masa itu dia belajar bermain piano, organ, harpa, dan gitar, dan menjadi penyanyi soprano yang baik. Selama belajar di NYIB pada tahun 1838, ibunya Mercy menikah lagi dan pasangan tersebut memiliki tiga anak bersama. Suami Mercy meninggalkannya pada tahun 1844.

 

 

 
4 dari 5 halaman

Awal Karir Fanny Crosby

Setelah lulus dari NYIB pada tahun 1843, Crosby bergabung dengan kelompok lobbi di Washington, D.C., yang bertujuan untuk mendukung pendidikan bagi tunanetra. Dia menjadi wanita pertama yang berbicara di Senat Amerika Serikat ketika membacakan sebuah puisi di sana. Dia tampil di depan kedua rumah Kongres dan mengucapkan bait-bait ini:

"Hai kalian, yang berkumpul di sini dari setiap negara bagian,

Kelompok yang terhormat! Bisakah kita tidak berharap bahwa pemandangan

Yang kalian saksikan sekarang akan membuktikan bagi setiap pikiran

Bahwa instruksi memiliki sinar untuk menyemangati orang buta."

Crosby termasuk di antara siswa dari NYIB yang memberikan konser untuk Kongres pada tanggal 24 Januari 1844. Dia membacakan sebuah komposisi asli yang menyerukan pendirian institusi untuk pendidikan tunanetra di setiap negara bagian, yang dipuji oleh John Quincy Adams, antara lain. Dua hari kemudian, dia termasuk dalam kelompok siswa Blind Institution yang memberikan presentasi kepada tokoh-tokoh terkenal di Trenton, New Jersey, di mana dia membacakan sebuah puisi asli yang menyerukan bantuan dan pendidikan bagi orang buta. Presiden James K. Polk mengunjungi NYIB pada tahun 1845, dan Crosby membacakan sebuah puisi yang dia buat untuk acara tersebut yang memuji "pemerintahan republik". Pada tahun 1851, dia menyampaikan pidato di legislator negara bagian New York.

Pada April 1846, Crosby berbicara di hadapan sidang bersama Kongres Amerika Serikat, dengan delegasi dari Institusi Buta Boston dan Philadelphia, "untuk mendukung pendidikan bagi orang buta di Boston, Philadelphia, dan New York". Dia memberikan kesaksian di depan sebuah subkomite kongres khusus, dan dia tampil di ruang musik di Gedung Putih untuk Presiden Polk dan istrinya. Di antara lagu-lagu yang dia nyanyikan sambil mengiringi dirinya sendiri dengan piano adalah komposisinya sendiri:

"Pemimpin kita! Kami dengan rendah hati berpaling kepada-Mu –

Bukankah orang buta adalah objek perhatian-Mu?"

Pada tahun 1846, Crosby menjadi instruktur di NYIB dan terdaftar sebagai "murid lulusan". Dia kemudian bergabung dengan fakultas sekolah tersebut, mengajar tata bahasa, retorika, dan sejarah; dia tetap di sana hingga tiga hari sebelum pernikahannya pada tanggal 5 Maret 1858. Saat mengajar di NYIB, dia berteman dengan presiden AS masa depan, Grover Cleveland, yang saat itu berusia 17 tahun. Keduanya menghabiskan banyak waktu bersama-sama setiap hari, dan ia sering menuliskan puisi-puisi yang ia diktekan padanya. Dia menulis rekomendasi untuknya yang diterbitkan dalam otobiografinya tahun 1906. Dia juga menulis sebuah puisi yang dibacakan saat peresmian tempat kelahiran Cleveland di Caldwell, New Jersey, pada Maret 1913, meskipun tidak bisa hadir karena kesehatannya.

5 dari 5 halaman

Perjuangan dan Akhir Kehidupan

Pada tahun 1843, Fanny Crosby bergabung dengan sebuah kelompok lobbi di Washington, D.C., yang mendorong program dukungan pendidikan untuk orang buta. Mulai dari tahun 1847 hingga 1858, Crosby menjadi bagian dari fakultas di sekolahnya, mengajar bahasa Inggris, retorika, dan sejarah.

Karirnya sebagai penulis dimulai sejak usia 8 tahun, di mana karyanya yang pertama kali diterbitkan adalah "A Blind Girl", yang kemudian diikuti oleh karya lain seperti "Monterey" dan berbagai puisi lainnya.

Selain menulis puisi, Crosby juga menciptakan beberapa lagu populer yang diaransemen musiknya oleh George F. Root. Beberapa lagu yang terkenal adalah "Rosalie, the Prairie Flower", "Hazel Dell", dan "There's Music in the Air". Kesuksesan Crosby sebagai penulis lagu terlihat dari pendapatan hingga hampir 3.000 dolar dari royalti lagunya "Rosalie, the Prairie Flower".

Pada tahun 1858, Crosby menikah dengan Alexander Van Alstyne, seorang musisi tunanetra dan sesama guru. Meskipun menikah, ia tetap menggunakan nama gadisnya, Crosby. Pasangan ini memiliki seorang putri bernama Francis, namun tragisnya, Francis meninggal saat masih bayi. Alexander sendiri meninggal pada tanggal 19 Juli 1902.

Selama hidupnya, Crosby terus menunjukkan dedikasinya dalam bidang musik dan sastra, serta berkontribusi dalam gerakan sosial untuk pendidikan orang buta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.