Sukses

Batuk Terus Menerus? Ini 8 Alasan yang Mungkin Jadi Penyebabnya

8 alasan yang mungkin menjadi penyebab batuk terus menerus yang Anda alami

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda telah mengalami batuk terus menerus selama berminggu-minggu, perlu dipertimbangkan kemungkinan bahwa Anda menderita batuk kronis. Menurut American Lung Association (ALA), batuk kronis adalah kondisi di mana batuk berlangsung lebih dari delapan minggu secara terus-menerus. Batuk terus menerus bisa menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan, seperti asma, alergi, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Selain itu, faktor-faktor lingkungan dan gaya hidup juga dapat berkontribusi pada batuk yang berlangsung secara kronis. Merokok berlebihan, paparan polusi udara, serta gangguan pencernaan seperti GERD dapat memperburuk kondisi batuk yang tidak kunjung sembuh. Memahami penyebab batuk terus menerus Anda adalah langkah awal yang penting untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengelolanya.

Mengidentifikasi penyebab batuk terus menerus adalah kunci untuk menemukan solusi yang efektif. Dengan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan, Anda dapat merencanakan strategi perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Langkah-langkah seperti perubahan gaya hidup, pengobatan, atau terapi dapat membantu mengelola batuk kronis dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Untuk informasi dasar, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Health, 8 alasan yang mungkin menjadi penyebab batuk terus menerus yang Anda alami, pada Kamis (14/3).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Asma dan Alergi

Asma, penyakit kronis yang menyerang paru-paru, menyebabkan episode mengi yang berulang (dikenal sebagai serangan asma), sesak napas, dada terasa sesak, dan batuk di malam hari atau di pagi hari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Ini adalah salah satu penyakit paling umum yang menyerang anak-anak, namun juga dapat menyerang orang dewasa.

Pemicu asma berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari olahraga dan makanan tertentu hingga asap rokok dan bahan pengiritasi lainnya di udara dapat menyebabkan serangan asma. Mengidentifikasi dan menghindari pemicu (atau setidaknya meminimalkan paparan terhadap pemicunya) adalah bagian penting dalam penanganan asma.

Anda dapat menentukan apakah batuk Anda disebabkan oleh alergi dengan mencatat apakah batuk itu datang dan pergi dalam situasi tertentu. Jika batuk Anda berhenti secara ajaib ketika Anda masuk ke ruangan ber-AC pada hari yang kering dan banyak serbuk sari, atau semakin parah setiap kali Anda berada di dekat kucing teman Anda, Anda mungkin menderita alergi. Jika Anda tidak yakin apa yang memicu batuk alergi Anda, penyedia layanan kesehatan Anda dapat memberikan tes kulit atau tes darah untuk menentukan alerginya.

 

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah istilah yang mencakup dua kondisi utama, yaitu emfisema dan bronkitis kronis, menurut National Institutes of Health . Pada emfisema, dinding antara banyak kantung udara rusak. Akibatnya, kantung udara kehilangan bentuknya dan menjadi terkulai. Kerusakan ini juga dapat menghancurkan dinding kantung udara, menyebabkan kantung udara menjadi lebih sedikit dan lebih besar dibandingkan kantung udara yang berukuran kecil. Jika hal ini terjadi, jumlah pertukaran gas di paru-paru berkurang.

Pada bronkitis kronis, lapisan saluran udara terus-menerus teriritasi dan meradang, dan ini menyebabkan lapisan tersebut membengkak. Banyak lendir kental terbentuk di saluran udara, sehingga sulit bernapas. Untuk didiagnosis menderita bronkitis kronis, Anda harus mengalami batuk dan lendir hampir setiap hari selama setidaknya tiga bulan dalam setahun, selama dua tahun berturut-turut. Selain itu, penyebab gejala lain, seperti tuberkulosis atau penyakit paru-paru lainnya, harus disingkirkan.

Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan PPOK menderita emfisema dan bronkitis kronis, namun tingkat keparahan setiap kondisi berbeda-beda pada setiap orang. Dengan demikian, istilah umum COPD lebih akurat. Selain batuk, gejalanya berupa mengi, sesak napas, dan sesak di dada.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute , merokok adalah penyebab utama PPOK, namun hingga 25% penderita PPOK tidak pernah merokok sama sekali. Penyebab lain PPOK termasuk paparan jangka panjang terhadap polusi udara, asap kimia, dan iritasi paru-paru lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Penyakit Refluks Gastroesofageal

Gejala utama penyakit refluks gastroesofageal (GERD), yaitu gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung, makanan, dan cairan naik kembali ke kerongkongan karena katup lemah, adalah sakit maag yang mematikan. Tapi batuk adalah gejala umum lainnya, bersamaan dengan nyeri dada dan mengi.

Menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology (AAAAI), GERD menyerang orang-orang dari segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa yang lebih tua, dan penderita asma berisiko lebih tinggi terkena gangguan tersebut. Hal ini karena serangan asma dapat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah menjadi rileks sehingga isi lambung dapat mengalir kembali ke kerongkongan.

AAAAI merekomendasikan berbagai perubahan gaya hidup untuk membantu meringankan gejala GERD (termasuk batuk parah), seperti meninggikan kepala tempat tidur sebanyak enam hingga delapan inci, menurunkan berat badan, berhenti merokok, mengurangi minum alkohol, membatasi ukuran porsi, menghindari makanan berat saat makan malam, dan mengurangi kafein.

 

4. Infeksi Saluran Pernafasan

Batuk adalah salah satu gejala pilek dan flu yang paling umum, serta infeksi saluran pernapasan lainnya (infeksi yang mengganggu pernapasan normal). Gejala lain yang menyertai pilek dan flu, seperti hidung tersumbat dan demam, adalah tanda bahwa infeksi virus menyebabkan batuk Anda.

Batuk bisa bertahan lebih lama dari semua gejala lainnya, mungkin karena saluran udara di paru-paru Anda tetap sensitif dan meradang. Batuk yang menetap setelah infeksi saluran pernapasan atas akibat virus disebut batuk pasca-virus.

Infeksi saluran pernafasan yang lebih serius adalah pneumonia, yang dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Batuk, yang sering kali mengeluarkan lendir berwarna kehijauan atau karat, adalah salah satu gejala khas penyakit ini, bersamaan dengan demam, menggigil, nyeri dada, lemas, lelah, dan mual. Gejala-gejala ini mungkin muncul berbeda-beda tergantung pada usia Anda.

Pneumonia diobati dengan antibiotik dan umumnya hilang dalam dua atau tiga minggu. Namun, pneumonia biasanya tidak menyebabkan batuk yang berlangsung lebih dari delapan minggu, karena pasien umumnya mencari bantuan dari penyedia layanan kesehatan sebelum gejalanya muncul selama delapan minggu dan/atau membaik dengan sendirinya sebelum gejala tersebut muncul.

Penyebab batuk berkepanjangan lainnya yang berhubungan dengan pneumonia kronis termasuk infeksi jamur, tuberkulosis, atau infeksi bakteri lainnya. Orang yang mengidap PPOK lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan tersebut dan mungkin mengalami eksaserbasi, yaitu episode sesak napas yang berpotensi mengancam nyawa saat mereka masuk angin atau menghirup polusi udara atau bahan iritan lainnya.

4 dari 5 halaman

5. Polusi Udara

Berbagai polutan dan iritan di udara dapat menyebabkan batuk terus-menerus. Bahkan paparan asap dalam jangka pendek (seperti knalpot solar) dapat menyebabkan batuk, dahak, dan iritasi paru-paru. Asap juga dapat memperburuk gejala alergi atau asma. Demikian pula, spora jamur yang ditemukan di dalam dan sekitar rumah dapat menyebabkan mengi dan batuk jika terhirup. 

6. Penggunaan ACE

Inhibitor enzim pengubah angiotensin (ACE) banyak digunakan untuk mengobati gagal jantung dan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan sering kali menyebabkan batuk kering yang terus-menerus, menurut AAAAI. Menurut penelitian pada bulan Januari 2019 yang diterbitkan di Jurnal Thoracic Turki, satu dari lima pasien menghentikan penggunaan ACE inhibitor karena efek samping, yaitu batuk kronis. Namun, alasan mengapa obat ini menyebabkan batuk belum diketahui secara pasti.

Anda tidak boleh berhenti minum obat yang diresepkan tanpa berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda, dan ACE inhibitor adalah obat penting untuk menurunkan tekanan darah (kondisi yang lebih serius daripada batuk). Jika Anda merasa batuk kronis Anda berhubungan dengan obat yang Anda konsumsi, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan cari tahu apakah Anda punya pilihan lain.

 
5 dari 5 halaman

7. Pertusis

Juga dikenal sebagai batuk rejan , pertusis adalah penyakit pernafasan yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis, menurut CDC. Gejala umumnya meliputi demam ringan, pilek, dan yang paling parah, batuk hebat yang membuat sulit bernapas. 

Mencoba menghirup udara ke dalam paru-paru di sela-sela batuk dapat menghasilkan suara rejan bernada tinggi yang khas. Setelah tahap awal, banyak orang tidak mengalami demam, namun batuk yang menyertai pertusis dapat bertahan selama beberapa minggu.

Cara terbaik untuk melindungi terhadap pertusis adalah dengan mendapatkan vaksinasi, kata CDC. Meskipun vaksin ini tidak 100% efektif (tidak ada vaksin yang efektif), jika Anda tertular penyakit setelah mendapatkan vaksinasi, biasanya tidak terlalu parah.

8. Perokok Kronis

Orang yang merokok sering kali mengalami batuk yang disebabkan oleh respons alami tubuh untuk membuang bahan kimia yang masuk ke saluran udara dan paru-paru melalui penggunaan tembakau. Dalam hal ini, batuk kronis sering disebut sebagai batuk perokok. Ini mungkin dimulai sebagai batuk kering tetapi akhirnya bisa menghasilkan dahak.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine mengamati prevalensi batuk kronis dan kemungkinan penyebabnya pada populasi umum. Penelitian yang didasarkan pada Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional Korea dan melibatkan 119.280 orang dewasa berusia di atas 40 tahun, menemukan bahwa 47,7% peserta yang menderita batuk kronis adalah perokok aktif.

Menurut CDC, merokok adalah penyebab nomor satu kanker paru-paru. Jika Anda mengalami gejala tambahan seperti batuk yang semakin parah atau tidak kunjung hilang, nyeri dada, sesak napas, mengi, atau batuk darah, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda agar mereka dapat melakukan pemeriksaan sesuai kebutuhan.

Tentu saja, cara termudah untuk menghilangkan batuk perokok adalah dengan berhenti merokok, dan jika Anda memerlukan bantuan untuk melakukannya, penyedia layanan kesehatan Anda dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Batuk kronis memang bisa mengganggu. Tapi itu juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang jauh lebih serius. Jika Anda mengalami gejala batuk kronis, penting untuk segera memeriksakannya. Hanya penyedia layanan kesehatan Anda yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang terjadi dengan batuk yang terus-menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.