Sukses

10 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Ibu Hamil

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang berasal dari Arab Saudi dan terkenal dengan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang berasal dari Arab Saudi dan terkenal dengan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kurma ini memiliki rasa yang manis dan kaya akan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Bahkan, Rasulullah SAW pun pernah berkata bahwa kurma Ajwa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu manfaat kesehatan utama dari Kurma Ajwa adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, Kurma Ajwa juga dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat.

Kurma Ajwa tidak hanya merupakan camilan yang lezat tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Dengan konsumsi yang teratur, Kurma Ajwa dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, memberikan energi, dan memberikan nutrisi penting untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman Kementerian Kesehatan, Selasa (5/3/2024) tentang manfaat kurma ajwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat Kurma Ajwa yang pertama yaitu baik untuk ibu hamil. Ibu hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi.

Kandungan gula dan vitamin B1 dalam buah kurma sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan mengatur kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi.

 

2. Mencegah Anemia

Manfaat Kurma Ajwa selanjutnya yaitu dapat mencegah anemia, yang tentunya juga sangat dibutuhkan ibu hamil.

Kurma mengandung zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

 

3. Mencegah Diabetes

Walaupun kaya akan unsur gula, manfaat kurma ajwa tetap baik untuk mencegah diabetes. Kandungan zat aktif yang terdapat dalam ekstrak kurma seperti flavonoid, steroid, fenol, dan saponin memiliki peran sebagai anti diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma memberikan manfaat dalam mengontrol glikemik dan lemak pada pasien diabetes.

3 dari 4 halaman

4. Mengatasi Sembelit

Manfaat kurma ajwa berikutnya yaitu mengatasi sembelit. Serat pangan yang terkandung dalam buah kurma cukup besar. Serat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol di dalam usus besar, sehingga kolesterol dalam darah tidak meningkat.

 

5. Sebagai Anti-Tumor

Berdasarkan penelitian terdahulu dilaporkan bahwa Beta glucan yang terkandung dalam kurma memiliki aktivitas anti-tumor. Penelitian yang dilakukan pada kurma ajwa menunjukkan adanya efek potensi dalam memperbaiki kerusakan dari ochratoxin nepherotoxicity yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

 

6. Sebagai Anti-Inflamasi

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa komponen seperti fenol dan flavonoid yang terkandung dalam tumbuhan memiliki efek sebagai agen anti-inflamasi yang baik. Buah kurma memiliki peran penting sebagai anti inflamasi dan berdasarkan penelitian terbaru melaporkan bahwa kandungan dalam kurma ajwa seperti etil asetat, methanol, serta ekstrak kurma ajwa dapat menginhibisi enzim lipid peroksidasi siklooksigenase COX-1 dan COX-2.

4 dari 4 halaman

7. Sebagai Antioksidan

Manfaat kurma juga didapatkan berkat kandungan antioksidan yang baik. Antioksidan diketahui memiliki peran penting dalam pencegahan kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Antioksidan yang terkandung dalam buah kurma antara lain karotenoid, yang kadarnya bisa mencapai 973 mg/100 g kurma kering, fenolik sekitar 239,5 mg/100 g kurma kering, flavonoid, dan tanin.

 

8. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak aterosklerosis yang dapat menyumbat aliran darah. Manfaat kurma ajwa mengandung senyawa phytosterol yang dapat menurunkan kadara kolestrol pada darah.

 

9. Menurunkan Kadar LDL Darah

Kadar Low Density Lipoptotein (LDL) yang tinggi di darah merupakan faktor risiko pembentukan aterosklerosis. Kurma ajwa mengandung plant sterol dan falvonoid dapat menurunkan LDL. Manfaat kurma ajwa ini tentunya sangat baik untuk kamu yang bermasalah dengan kadar LDL darah.

 

10. Menetralisir Zat Asam

Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potassium. Buah kurma adalah makananan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.