Sukses

Mahasiswa Ini Pilih Pulang Pergi Naik Pesawat ke Kampus Dibanding Sewa Kos

Lebih hemat dibandingkan sewa kost.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan mahasiswa biasa memilih untuk menghuni sebuah kamar kost atau apartemen saat berkuliah. Pasalnya, tempat tinggal dan kampus memiliki jarak yang cukup jauh terutama bila seorang mahasiswa berasal dari luar kota.

Hal ini dipilih demi menghemat ongkos kendaran serta tenaga. Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh Tim Chen, seorang mahasiswa yang berkuliah di University of British Columbia (UBC). Pasalnya, dirinya memiliki cara tak biasa demi menghemat uang untuk berangkat ke kampus.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Jumat (23/2/2024), Tim Chen justru memilih untuk melakukan penerbangan ke kampusnya dari Calgary ke Vancouver. Dirinya melakukan penerbangan ke kampus dua kali dalam satu minggu.

Tim sendiri memilih untuk pulang pergi ke kampus dengan pesawat demi menghindari biaya sewa bulanan di British Columbia. Tentu saja, cara yang dilakukan olehnya ini cukup tak biasa dan jadi sorotan netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa menghemat sebanyak Rp 14 juta

Tim menjelaskan jika dirinya memilih untuk pulang pergi menggunakan pesawat dibandingkan menyewa sebuat flat di Vancouver. Dirinya menyebutkan jika penerbangan yang dilakukan hanya satu jam setara dengan naik bus. Bahkan, ia mengaku biaya yang dikeluarkan untuk penerbangan jauh lebih murah dibandingkan menyewa kamar tidur.

Ia menyebutkan jika setiap penerbangan pulang pergi yang dilakukan, dirinya harus mengeluarkan $150 atau sekitar Rp 2,3 juta. Berarti dalam satu minggu dirinya diperkirakan mengeluarkan $1.200 atau sekitar Rp 18,7 juta. Sedangkan biaya sewa apartemennya dengan satu kamar di Vancouver sekitar $2.100 atau Rp 32,7 juta.

3 dari 3 halaman

Sempat menyewa flat disekitar kampus

Sebelumnya, Tim juga telah menyewa flat di Vancouver selama beberapa tahun di awal perkuliahan. Namun, ia memutuskan keluar karena adanya kenaikan harga yang cukup tinggi. Melakukan penerbangan sejauh 643 kilometer juga menjadi alternatif yang terjangkau.

"Saya tinggal di Calgary. Saya punya waktu dua hari untuk pergi ke sekolah untuk mengikuti kelas (Selasa dan Kamis), saya terbang ke Vancouver di pagi hari dan kembali ke Calgary di malam hari. Saya telah terbang dengan Air Canada untuk semua penerbangan ini, dan pada bulan Januari, saya melakukan 7 perjalanan pulang pergi seperti ini." ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.