Sukses

Bule Ini Iseng Minta Tinta Ungu di TPS Biar dapat Diskon Pemilu, Aksinya Viral

Aksi dua wanita bule ini jadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi di Indonesia yang digelar setiap 5 tahun sekali ini memang begitu menarik perhatian. Bahkan, pada Pemilu 2024, pesta demokrasi digelar bertepatan dengan momen Valentine, yakni 14 Februari 2024.

Biasanya, saat menyambut gelaran Pemilu, berbagai TPS pun telah ramai oleh ragam dekorasi. Tak hanya itu saja, demi meningkatkan peminat peserta pemilih, beragam promo pemilu serta diskon juga disediakan oleh berbagai toko ataupun kafe.

Tentu saja, untuk mendapatkan promo tersebut, para pemilik toko atau kafe memberikan syarat dengan menunjukkan jari yang telah tercelup tinta ungu. Hal ini sebagai bukti jika para pelanggannya telah resmi ikut dalam pencoblosan Pemilu.

Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh dua wanita bule asal Rusia dan Belarus. Dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @miss.gadis.manis, Jumat (16/2/2024) dua bule ini tak ikut dalam pencoblosan namun iseng meminta tinta ke TPS demi menjajal berburu diskon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Iseng minta tinta ungu usai TPS tutup.

Dalam video yang diunggah di akun TikTok @miss.gadis.manis, Kamis (15/2/2024), dua wanita bule asal Belarus dan Rusia ini tampak menjajal eksperimen mengenai Pemilu 2024. Dirinya pun mengunggah video dengan judul 'Kenapa orang Indonesia pakai tinta seteleh nyoblos?'.

Dalam video tersebut, kedua wanita yang diketahui tinggal di Yogyakarta ini tampak iseng meminta untuk mencelupkan jari kelingking ke tinta ungu yang identik dalam pencoblosan. Keduanya pun meminta ijin usai Tempat Pemungutan Suara (TPS) tutup.

"Kami minta setelah tempat pemungutan suara sudah tutup. Dan ternyata bisa dapat banyak diskon hari ini," tulisnya dalam keterangan video.

Keduanya pun mencoba memberitahu mengenai berbagai diskon yang didapatkan dengan menunjukkan jari kelingking dengan tinta ungu.

"Permisi apakah ada diskon untuk orang yang nyoblos?" tanya salah satu wanita kepada kasir kafe.

Meski dirinya tidak benar-benar ikut dalam pencoblosan. Namun, kedua wanita bule ini terlihat tetap mendapatkan diskon dan promo Pemilu 2024.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Tentu saja video mengenai dua wanita bule yang isen meminta tinta ungu demi jajal diskon pemilu ini jadi sorotan. Bahkan, video tersebut telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali. Bahkan, tak sedikit netizen Indonesia yang memuji karena tak pernah terpikiran cara tersebut meski tak ikut nyoblos karena berada di kota rantau.

"the real "untukmu pemilu mu, untukku eventnya"" tulis akun @cruschnull_

"wahhhhh mbakk aku anak rantau gak bisa milih, rencana mau langsung ke mall berburu diskon, kok gak kepikiran yaa minta tinta nya doang," tulis akun @cookesssi.

"bisa bisa nya,.. kelamaan di Indonesia udah ini.,," tulis @ari_suprayoga.

"gw yang abis nyoblos ga bisa kemana2 krn banjir dimana2, melihat ini mengiri," ujar @ruhadiantama

"gaes dia cuma celupin tintanya ga ikut pemilu astagaa gagal paham semua," tulis @rnaxxtrs.

@miss.gadis.manis

Hal yang menarik tentang proses pemilu Indonesia #pemilu2024 #pemilu #elections2024 #bule #budaya #indonesia #lucu

♬ original sound - SpongeBob background music

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.