Sukses

Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Jawa, Kenali Kosakata Populer Lainnya

Selain "rungkad", ada banyak kosakata lainnya yang populer dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di masyarakat Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang kaya akan kosakata dan makna. Salah satu kata dalam bahasa Jawa yang memiliki makna yang dalam adalah "rungkad". Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di Jawa. Banyak orang mungkin tidak mengerti apa arti sebenarnya dari kata ini, namun sebenarnya memiliki makna yang cukup mendalam dan bermakna spiritual.

Kosakata dalam bahasa Jawa memiliki banyak variasi makna dan penggunaannya, tidak hanya dalam percakapan sehari-hari tetapi juga dalam adat istiadat dan upacara tradisional. Selain "rungkad", ada banyak kosakata lainnya yang populer dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di masyarakat Jawa. Sehingga, penting bagi kita untuk lebih memahami arti dari kosakata-kosakata tersebut agar dapat lebih mendalami budaya dan kearifan lokal.

Dengan memahami arti dari kata-kata bahasa Jawa, kita bisa lebih menghargai keberagaman budaya di Indonesia. Kosakata-kosakata tersebut merupakan bagian dari warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan dan dipelajari. Melalui pemahaman kosakata-kosakata bahasa Jawa, kita juga dapat memperdalam pengetahuan kita tentang nilai-nilai spiritual dan filosofi yang terkandung di dalamnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/2/2024) tentang arti kata rungkad dalam bahasa Jawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Jawa

Arti kata rungkad dalam bahasa Jawa yaitu hancur atau ambruk. Namun, arti kata rungkad disebut mengalami perkembangan yang cukup luas dalam penggunaannya. Tidak hanya bermakna hancur atau ambruk untuk mendeskripsikan kondisi benda, arti kaya rungkad pun dipakai dalam bahasa gaul sebagai perumpamaan. 

Di dalam lagu, arti kata rungkad digunakan untuk menggambarkan liriknya yang penuh kekecewaan, sakit hati, dan penyesalan. 

Sementara itu, arti kata rungkad dalam bahasa Sunda berarti runtuh, roboh, tumbang, ambruk, hancur, dan tercerabut sampai akarnya. Secara harfiah, penggunaan kata ini cocok  menggambarkan kondisi pohon, bangunan, atau benda lain yang ambruk. 

3 dari 4 halaman

Arti Kata Rungkad dalam Lagu Populer

Arti kata rungkad secara harfiah merujuk pada kondisi benda-benda yang runtuh, ambruk, roboh, dan lain sebagainya. Arti kata rungkad juga populer digunakan sebagai perumpamaan kondisi tidak baik-baik saja yang dialami seseorang.

Arti kata rungkad banyak dicari karena kepopuleran lagu dari Happy Asmara yang berjudul “Rungkad”. Berikut penggalan lagu Rungkad dari Happy Asmara beserta terjemahannya ke bahasa Indonesia:

 

Rungkad (Hancur)

Entek-entekan (Habis-habisan)

Kelangan kowe sing paling tak sayang (Kehilangan kamu yang paling disayang)

Bondoku melayang tego tenan (Hartaku melayang tega banget)

Tangis-tangisan (Tangis-tangisan)

 

Rungkad (Hancur)

Entek-entekan (Habis-habisan)

Tresno tulusku mung dinggo dolanan (Cinta tulusku hanya dibuat mainan)

Stop mencintaimu (Berhenti mencintaimu)

Gawe aku ngelu (Buat aku sakit)

 

Sesuai dengan judulnya, lagu ini menggambarkan perasaan hancur seseorang karena kehilangan orang yang ia cintai. Meski sudah melakukan banyak pengorbanan, ia tetap dikecewakan karena perasaannya yang tulus hanya dipermainkan. Wajar jika lagu ini pun berisi kalimat-kalimat keluhan dan penyesalan.

Meski judul lagu ini berasal dari bahasa Sunda, liriknya secara keseluruhan menggunakan bahasa Jawa. Hal ini seolah membuktikan bahwa rungkad telah menjadi kosakata yang makin dikenal. Bahkan, penggunaannya pun sudah dicampur dengan kosakata bahasa lain.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Bahasa Jawa Beserta Artinya

Bahasa Jawa atau Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan di wilayah Jawa, Indonesia. Kata-kata dalam bahasa Jawa memiliki makna dan penggunaan yang khas, sehingga penting untuk memahami arti dari setiap kata tersebut. Berikut adalah 20 contoh kata bahasa Jawa populer beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

1. Wong - Orang

2. Sapa - Siapa

3. Neng - Di

4. Ora - Tidak

5. Panganan - Makanan

6. Piye - Bagaimana

7. Nang - Ke

8. Sare - Sudah

9. Yo - Iya

10. Ora sae - Tidak baik

11. Kula - Aku

12. Mboten - Tidak

13. Dhuwur - Tinggi

14. Soko - Dari

15. Ngombe - Minum

16. Kene - Sini

17. Pitik - Ayam

18. Nepi - Sampai

19. Mangan - Makan

20. Tempe - Olahan kedelai

21. Apa, Menapa - Apa

22. Sapa, Sinten - Siapa

23. Ing ngendi, Wonten pundhi - Di mana

24. Piye, Kepiye, Pripun, Kadospundhi - Bagaimana

25. Kapan: Kapan

26. Ngopo, Kadosmenopo: Mengapa

27. Iki, Meniko: Ini

28. Kui, Niku: Itu

29. Sing endi, Ingkangpundhi: Yang mana

30. Arti Bahasa Jawa Ke Indonesia Kosakata Ganti

31. Kulo, Dalem: Saya

32. Kowe, Panjengengan: Kamu

33. Awakdhewe, Kito: Kami

34. Deweke, Piyambakipun - Dia

35. Siji, setunggal - Satu

36. Loro, Kalih - Dua

37. Telu, Tiga - Tiga

38. Papat, Sekawan - Empat

39. Limo, Gangsal - Lima

40. Enem - Enam

Dengan memahami contoh kata-kata bahasa Jawa dan artinya, kita dapat lebih memahami budaya dan cara berkomunikasi masyarakat Jawa. Selain itu, pengetahuan tentang bahasa Jawa juga bisa membantu dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.