Sukses

6 Aturan Hukum Aneh yang Pernah Dibuat di Berbagai Negara, Dianggap Ilegal

Sejumlah aturan hukum aneh yang ada di berbagai negara ini akan membuat orang-orang tercengang.

Liputan6.com, Jakarta Aturan dibuat untuk dipatuhi agar tercipta rasa aman. Demikian juga dengan sebuah negara yang memiliki peraturan dan hukum yang berlaku. Aturan yang berlaku di setiap negara pun wajib dipatuhi oleh warga. Tegaknya suatu Undang-Undang juga bertujuan mengatur ketentraman dan keamanan hidup masyarakatnya.

Namun, ada beberapa negara yang memiliki aturan hukum yang tergolong aneh dan tak biasa. Bahkan, peraturan itu terlihat seperti tidak masuk akal oleh beberapa kalangan. Meski kedengarannya berlebihan, masyarakat di negara tersebut menyetujui dan mematuhinya.

Meski dianggap aneh, peraturan itu tentu dibuat untuk alasan yang baik, seperti melindungi keselamatan manusia. Aturan tersebut beberapa juga sudah dibuat cukup lama dan tetap masih dipertahankan hingga saat ini.

Seperti yang telah dilansir Liputan6.com dari Buzz Feed, berikut ini 6 aturan hukum aneh yang pernah dibuat di berbagai negara, Rabu (14/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Di Alaska, membangunkan beruang yang sedang tidur untuk mengambil fotonya adalah tindakan ilegal.

Ini adalah salah satu aturan yang sangat spesifik di Alaska. Setelah dilakukan beberapa penelitian, ternyata ini adalah aturan untuk melindungi manusia dan beruang, karena membangunkan beruang akan mengganggunya.

3 dari 7 halaman

2. Di Chicago, makan di gedung yang sedang terbakar adalah tindakan ilegal.

Rupanya Chicago membuat undang-undang ini agar jika sebuah gedung terbakar, Anda 100% fokus untuk keluar dari gedung itu. Jadi, jika Anda berada di gedung yang terbakar di Chicago, tinggalkan sandwichnya dan segera keluar dari sana!

4 dari 7 halaman

3. Di New York, membunyikan klakson sebelum jam 9 pagi dan setelah jam 7 malam merupakan tindakan ilegal, kecuali ada keadaan darurat.

Undang-undang ini bertujuan untuk mengurangi polusi suara, namun jangan khawatir — jika Anda berada di New York dan secara tidak sengaja membunyikan klakson pada saat yang tidak seharusnya, ada kemungkinan 90% Anda tidak perlu membayar biaya tambahan. Ada denda $350 atau hampir Rp5,5 juta.

5 dari 7 halaman

4. Di Georiga, memelihara kuda di bak mandi dianggap ilegal.

Undang-undang ini sudah ketinggalan zaman, namun masih ada dalam peraturan. Terdengar tak masuk akal, karena banyak orang berpikir bagaimana bisa memasukkan kuda ke dalam bak mandi.

Namun, beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa undang-undang ini dibuat pada awal tahun 1900-an, ketika kuda masih menjadi alat transportasi yang populer.

6 dari 7 halaman

5. Di Idaho, menaiki komidi putar pada hari Minggu dianggap ilegal.

Undang-undang ini dibuat sekitar awal tahun 1900-an dan pemukim Mormon mungkin memiliki pengaruh tertentu. Mengapa hal itu diberlakukan? Ya, saat itu orang-orang percaya bahwa hari Minggu seharusnya menjadi hari relaksasi dan istirahat.

Rupanya, banyak aktivitas menyenangkan yang dilarang karena hal itu. Namun bagaimana jika seseorang menaiki komidi putar setiap hari Minggu adalah hal yang menenangkan? Saya yakin mereka tidak memikirkan hal itu. Jika Anda berani, jadilah pemberontak!

7 dari 7 halaman

6. Di Iowa, mendorong rusa besar keluar dari pesawat yang sedang melaju merupakan tindakan ilegal.

Bahkan banyak orang yang tidak akan bisa menjelaskan aturan yang satu ini. Tetapi jika dipikir kembali, siapa yang akan bermain-main dengan rusa besar di pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.