Sukses

20 Obat Sakit Tenggorokan Apotek dan Alami, Mudah Didapat dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta - Obat sakit tenggorokan merupakan kebutuhan umum bagi banyak orang, baik untuk mengatasi gejala ringan maupun yang lebih parah. Di apotek, tersedia beragam pilihan obat sakit tenggorokan yang dapat membantu meredakan peradangan dan gejala yang menyertainya. Mulai dari tablet, obat kumur, hingga semprotan, obat sakit tenggorokan apotek menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan efektivitas yang teruji.

Selain obat sakit tenggorokan apotek, banyak juga yang beralih ke obat alami untuk mengatasi keluhan ini. Dari air lemon, teh jahe, hingga madu, obat sakit tenggorokan alami menawarkan alternatif yang aman dan efektif. Kandungan alami dalam bahan-bahan tersebut seperti vitamin C, gingerol, dan senyawa antimikroba membantu meredakan peradangan tenggorokan secara alami tanpa efek samping yang merugikan.

Ketika mengalami radang tenggorokan, menentukan antara obat sakit tenggorokan apotek dan obat sakit tenggorokan alami menjadi pilihan yang tidak mudah. Namun, dengan beragam pilihan yang tersedia, baik di apotek maupun di dapur rumah, seseorang dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut dengan mudah dan efektif.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang obat sakit tenggorokan yang dimaksudkan melansir dari berbagai literatur farmasi serta Siloam Hospitals, Cleveland Clinic, dan Healthline, Minggu (11/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Methylprednisolone 8 mg 10 Tablet

Methylprednisolone merupakan obat sakit tenggorokan yang tergolong dalam kelompok glukokortikoid, suatu kategori obat yang bekerja dengan cara mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler. Fungsinya utama adalah untuk mengatasi radang tenggorokan pada orang dewasa, termasuk yang disebabkan oleh alergi, dengan mengurangi peradangan.

Zat aktif Methylprednisolone bekerja melalui mekanisme penghambatan pelepasan zat kimia peradangan, sehingga membantu meredakan gejala sakit tenggorokan.

Harga Methylprednisolone berkisar antara Rp4.100 hingga Rp13.500, membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau untuk mengatasi masalah radang tenggorokan.

2. Enkasari Herbal

Enkasari Herbal merupakan obat kumur yang dapat efektif meredakan nyeri akibat sariawan dan memberikan kesegaran pada mulut, sehingga juga dapat menurunkan bau mulut. Pastikan mengikuti dosis penggunaan yang disarankan, yaitu tiga kali sehari untuk dewasa dan dua kali sehari untuk anak-anak di bawah lima tahun.

Harga Enkasari Herbal berada dalam rentang Rp31.800 hingga Rp42.800 per 2 botol, menjadikannya sebagai pilihan yang terjangkau dengan manfaat ganda bagi kesehatan tenggorokan.

3. Golden Throat Lozenges 12 Tablet

Golden Throat Lozenges, permen hisap yang efektif melegakan tenggorokan akibat radang tenggorokan, juga memberikan manfaat tambahan dengan kemampuannya mengatasi bau mulut yang tidak nyaman. Penggunaan yang disarankan adalah menghisap satu tablet enam kali sehari, menjadikannya sebagai solusi praktis untuk meredakan gejala sakit tenggorokan.

Dengan rentang harga antara Rp18.100 hingga Rp21.200, Golden Throat Lozenges menjadi pilihan yang terjangkau dengan efektivitas dalam mengatasi sakit tenggorokan.

4. Lameson 8 mg

Lameson adalah obat sakit tenggorokan yang mengandung Methylprednisolon, juga termasuk dalam kelompok glukokortikoid. Methylprednisolon bekerja dengan mengurangi reaksi inflamasi, mencegah pelepasan enzim hidrolase yang bersifat asam, dan mengurangi permeabilitas dinding kapiler serta pembentukan edema.

Ini membuat Lameson menjadi pilihan efektif untuk mengobati radang tenggorokan dengan mengurangi peradangan. Harganya antara Rp58.300 hingga Rp97.100, Lameson dapat diakses di apotek.

5. Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml

Betadine Mouthwash and Gargle merupakan obat untuk radang tenggorokan yang digunakan dengan cara berkumur. Mengandung povidone iodine, obat ini dapat mengatasi berbagai masalah mulut, termasuk sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut, dan napas tidak segar.

Dijual dengan rentang harga Rp17.300 hingga Rp30.200, Betadine Mouthwash and Gargle memberikan solusi yang terjangkau dan efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

 

3 dari 5 halaman

6. Cooling 5 Mouth Spray 15 ml

Cooling 5 merupakan obat radang tenggorokan yang efektif, berbentuk spray sehingga mudah digunakan. Sebagai antiseptik mulut dan tenggorokan, obat ini mampu meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh kuman, kebiasaan merokok, gejala flu, perubahan cuaca, atau kurang minum.

Dijual dengan rentang harga antara Rp31.500 hingga Rp44.100, Cooling 5 menjadi pilihan yang terjangkau dengan kemudahan penggunaan.

7. Degirol Hisap 0.25 mg

Degirol Hisap mengandung dequalinium chloride, dan dapat digunakan dengan dosis 1 tablet setiap 3 hingga 4 jam untuk dewasa, dengan batas maksimal 8 tablet per hari. Ini menjadikan Degirol Hisap sebagai solusi yang efektif untuk mengatasi radang tenggorokan.

Harganya Rp16.400 hingga Rp33.500, obat sakit tenggorokan ini dapat ditemukan di apotek.

8. Efisol-C 10 Tablet

Efisol-C mengandung Dequalinum chloride sebagai antiseptik untuk rongga mulut dan vitamin C untuk menurunkan risiko perkembangan bakteri dalam mulut. Sebagai tablet hisap, penggunaan Efisol-C sebaiknya dilakukan setiap tiga jam sekali, hindari konsumsi lebih dari delapan kali sehari setelah gejala radang tenggorokan membaik.

Harganya antara Rp14.000 hingga Rp19.600, Efisol-C menjadi pilihan yang efektif dan terjangkau untuk mengatasi sakit tenggorokan. Ketersediaannya di apotek memudahkan individu untuk mendapatkan manfaatnya.

9. SP Troches Meiji Rasa Strawberry

SP Troches Meiji mengandung Dequalinium chloride yang efektif membunuh kuman, bakteri, dan jamur dalam mulut serta tenggorokan. Dosis penggunaan yang disarankan, yaitu 1 tablet sebanyak 6-8 kali dalam satu hari.

Harganya Rp28.000 hingga Rp34.800 per 2 box, obat sakit tenggorokan ini tersedia di apotek.

10. Aloclair Plus Mouthwash 60 ml

Aloclair Plus Mouthwash bekerja dengan membentuk selaput pelindung pada lesi, luka, dan meredakan nyeri. Penggunaan sebanyak 3-4 kali dalam satu hari atau sesuai kebutuhan memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Dijual dengan rentang harga Rp98.800 hingga Rp137.400.

11. Minosep Obat Kumur 0.2% 60 ml (Merah)

Minosep Obat Kumur merupakan jenis obat sakit tenggorokan yang mampu memberikan perlindungan pada mulut terhadap kuman atau bakteri, serta menurunkan nyeri dan memberikan sensasi segar pada mulut. Penggunaan yang disarankan, yaitu berkumur selama 30 detik sampai 1 menit saat pagi hari dan sebelum tidur.

Harganya antara Rp30.300 hingga Rp44.500.

4 dari 5 halaman

12. Air Lemon

Air lemon merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan vitamin C dalam perasan air lemon membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang merupakan faktor penting dalam pemulihan dari radang tenggorokan.

Selain itu, senyawa astringen yang terdapat dalam air lemon juga memiliki sifat meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

Keunggulan air lemon sebagai obat sakit tenggorokan adalah ketersediaannya yang mudah dan harga yang terjangkau. Air lemon dapat ditemukan dengan mudah di pasar atau toko-toko bahan makanan dengan harga yang terjangkau.

13. Teh Jahe

Teh jahe adalah salah satu obat alami yang terkenal efektif dalam mengatasi batuk dan radang tenggorokan. Kandungan gingerol dalam teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Konsumsi teh jahe selagi hangat akan memberikan efek melegakan pada tenggorokan secara optimal.

Salah satu keunggulan teh jahe adalah kemudahan dalam penyajiannya dan ketersediaan bahan-bahannya yang cukup murah. Jahe dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket dengan harga yang terjangkau.

14. Minum Air Hangat

Minum air hangat merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengatasi radang tenggorokan. Air hangat membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran, dan mencegah infeksi sinus. Suhu hangat air juga dapat mengurangi batuk dan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

Salah satu keuntungan minum air hangat adalah keamanannya yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Obat sakit tenggorokan ini aman dikonsumsi oleh siapa pun, meskipun efek pengobatannya tidak seampuh obat-obatan tertentu.

15. Teh Chamomile

Teh chamomile merupakan obat alami yang efektif dalam meredakan sakit tenggorokan. Senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen dalam teh chamomile membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Teh chamomile juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Kelebihan menggunakan teh chamomile adalah keamanannya yang terjamin dan ketersediaan yang luas di pasaran. Teh chamomile dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko kelontong dengan harga yang terjangkau.

 

 

5 dari 5 halaman

16. Madu

Madu merupakan salah satu obat alami yang efektif dalam mengatasi batuk dan radang tenggorokan. Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi yang membantu mengatasi radang tenggorokan secara efektif. Madu dapat dikonsumsi langsung atau dicampurkan ke dalam teh dan minuman sehat lainnya.

Salah satu kelebihan madu sebagai obat sakit tenggorokan adalah keamanannya yang terbukti sejak zaman dahulu kala. Madu aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak dan wanita hamil, meskipun efek pengobatannya mungkin tidak secepat obat-obatan kimia.

17. Kumur Air Garam

Kumur air garam adalah salah satu metode tradisional yang efektif dalam mengatasi radang tenggorokan. Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, serta membantu memecah lendir yang dapat menyebabkan batuk. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan mengobati radang tenggorokan. Metode ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah tanpa memerlukan biaya tambahan.

18. Kunyit

Kunyit merupakan rempah alami yang memiliki senyawa antibakteri yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan. Kunyit dapat diseduh dalam air untuk dijadikan ramuan herbal yang membantu meredakan peradangan pada tenggorokan. Kombinasi kunyit dengan madu dan perasan air lemon dapat meningkatkan efektivitasnya dalam mengatasi sakit tenggorokan. Penggunaan kunyit sebagai obat sakit tenggorokan alami relatif aman, meskipun hasilnya mungkin tidak secepat obat-obatan kimia.

19. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa alicin yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membantu melawan infeksi dan meredakan radang tenggorokan. Mengunyah satu siung bawang putih atau mencampurkannya dalam makanan atau minuman adalah cara alami untuk meredakan sakit tenggorokan.

Meskipun bau dan rasa bawang putih mungkin tidak disukai oleh semua orang, namun manfaatnya dalam mengatasi radang tenggorokan telah terbukti secara tradisional.

20. Teh Peppermint

Teh peppermint merupakan minuman yang terkenal akan kemampuannya dalam melegakan napas dan mengatasi sakit tenggorokan. Senyawa mentol yang terkandung dalam peppermint membantu mengencerkan lendir dan menenangkan tenggorokan yang meradang. Selain diminum sebagai teh, obat sakit tenggorokan alami ini juga dapat digunakan dalam bentuk semprotan minyak untuk meredakan gejala sakit tenggorokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.