Sukses

17 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Sederhana dengan Manfaatkan Tanaman Herbal

Cara mengobati sakit tenggorokan salah satunya dengan tanaman herbal.

Liputan6.com, Jakarta Sakit tenggorokan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini biasanya menjadi gejala awal dari demam, serta dapat muncul dan memicu masalah kesehatan lain. Cara mengobati sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan mudah, serta memanfaatkan bahan rumahan yang ada, seperti garam, soda kue, jahe dan masih banyak lagi. 

Ketika mengalami radang pada tenggorokan, bisa menyebabkan munculnya rasa sakit, gatal, kering, dan iritasi di tenggorokan sebagai gejalanya. Ketika dalam kondisi ini, maka kamu juga akan kesulitan untuk menelan makanan maupun minuman. Radang yang muncul di tenggorokan juga bisa menghilang seiring waktu, ketika mengetahui cara mengobati sakit tenggorokan yang tepat. 

Namun, ada kalanya selain bahan alami juga tanaman herbal, kita perlu untuk  mengonsumsi obat-obatan untuk mengusir rasa sakit di tenggorokan ini. Rasa sakit di tenggorokan yang muncul ini juga bisa diredakan dan dienyahkan dengan sejumlah cara mengobati sakit tenggorokan yang dilansir dari The Health Site. 

Berikut ini cara mengobati sakit tenggorokan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Isap Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan juga menjadi salah satu cara mengobati sakit tenggorokan. Permen yang biasa dijual mengandung menthol, bisa meredakan masalah tenggorokan dan melegakannya secara seketika. Permen ini juga meningkatkan produksi air liur yang membantu untuk lubrikasi tenggorokan.

2. Gunakan Bantal Tambahan

Cara mengobati sakit tenggorokan juga bisa dilakukan dengan tidur menggunakan bantal tambahan di kepala, hal ini bisa mencegah kamu dari bernapas melalui mulut saat bernapas dalam tidur. Ketika kamu bernapas melalui mulut, meningkat kemungkinan mulutmu menjadi kering, sehingga menimbulkan peradangan.

3. Air lemon

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya adalah menggunakan air lemon. Air lemon adalah minuman dengan sensasi menyegarkan, sehingga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini membantu untuk melawan peradangan serta mengurangi stres oksidatif penyebab radang tenggorokan. Lemon juga dapat meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, serta membantu menjaga kelembapan selaput lendir.

4. Teh jahe

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya bisa mengonsumsi teh jahe. Jahe memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Beberapa penelitian laboratorium juga menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Teh jahe dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan, juga meredakan sakit pada tenggorokan.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

5. Bawang Putih

Cara mengobati sakit tenggorokan yang berikutnya bisa dengan bawang putih. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami serta memiliki kandungan allicin, yang merupakan senyawa organosulfur sehingga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengambil suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. 

6. Cabai Rawit Atau Saus Pedas

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang berikutnya adalah dengan menggunakan cabe rawit atau saus pedas. Cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit. Dengan mengkonsumsi cabai rawit yang dicampur dengan air hangat juga madu, maka dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Cabai rawit tidak boleh dikonsumsi jika memiliki luka terbuka di mulut anda, karena akan menimbulkan sakit juga perih. 

7. Kumur dengan Air Garam

Untuk menurunkan rasa tak nyaman di tenggorokan, kamu juga bisa berkumur menggunakan air garam yang hangat. Adanya garam dalam air ini bisa menghilangkan lendir serta  jaringan yang mengalami radang. Gunakan garam sebanyak setengah sendok teh pada 100 gram air.

8. Minum Banyak Air

Kurangnya air di dalam tubuh juga bisa menyebabkan produksi air liur dan lendir berkurang atau bahkan berhenti. Masalah yang terjadi ini bisa menyebabkan radang menjadi memburuk. Jangan ganti air putih dengan teh atau kopi karena hal itu bisa membuat kondisi tenggorokan semakin memburuk.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

9. Akar Marshmallow

Tumbuhan herbal selanjutnya bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan adalah akar Marshmallow. Akar marshmallow memiliki kandungan zat seperti lendir yang melapisi dan dapat menenangkan sakit tenggorokan. Cukup tambahkan beberapa akar kering ke secangkir air mendidih untuk membuat teh. Menyeruput teh dua hingga tiga kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

10. Akar Licorice

Cara mengobati sakit tenggorokan berikutnya adalah dengan mengkonsumsi akar licorice. Akar licorice telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Ada juga penelitian terbaru yang menunjukkan cara ini akan efektif bila dicampur dengan air untuk membuat solusi untuk berkumur. Namun untuk wanita hamil dan menyusui harus menghindari obat ini.

11. Daun Slippery Elm

Cara mengobati sakit tenggorokan berikutnya adalah dengan mengkonsumsi daun slippery elm. Seperti akar marshmallow, daun slippery elm juga memiliki zat seperti lendir di dalamnya. Ketika dicampur dengan air, itu membentuk gel licin yang melapisi dan menenangkan tenggorokan. Cara menggunakannya, bisa tuangkan air mendidih di atas bubuk kulit kayu lalu aduk dan minum.

12. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi radang tenggorokan bisa juga menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki banyak bahan alami yang memiliki kegunaan sebagai antibakteri. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba dalam cuka apel dapat memerangi infeksi. Jika anda merasakan sakit tenggorokan dan ingin mencoba cuka apel sebagai obat, anda dapat mengencerkan 1 hingga 2 sendok makan cuka apel dalam satu cangkir air dan gunakan untuk berkumur.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

13. Madu

Cara mengobati sakit tenggorokan bisa menggunakan madu. Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri merupakan obat rumah tangga yang umum untuk sakit tenggorokan. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam meredakan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa. Terdapat juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang cukup efektif, serta membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. 

14. Teh Chamomile

Cara mengobati sakit tenggorokan yang selanjutnya, bisa dengan mengkonsumsi teh chamomile. Teh chamomile secara alami dapat menenangkan sakit tenggorokan, karena teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa dengan menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Oleh karena itu, dengan minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama.  

15. Permen Pappermint

Cara mengobati sakit tenggorokan yang berikutnya bisa mengkonsumsi permen papermint. Peppermint dikenal dapat menyegarkan nafas. Semprotan minyak peppermint encer juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir serta meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

16. Kumur dengan Soda Kue

Cara mengobati sakit tenggorokan yang masih jarang diketahui adalah dengan kumur menggunakan soda kue.  kumur soda kue yang dicampur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berkumur larutan ini mampu membunuh bakteri serta mencegah pertumbuhan ragi dan jamur. Institut Kanker Nasional juga merekomendasikan agar berkumur dengan lembut menggunakan larutan dengan kombinasi 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. 

17. Fenugreek

Cara mengobati sakit tenggorokan bisa menggunakan tumbuhan herbal Fenugreek. Fenugreek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dengan olahannya seperti minyak, minuman herbal, dan diolah sebagai makanan. Teh fenugreek merupakan obat alami untuk sakit tenggorokan. Penelitian juga menunjukkan kekuatan penyembuhan fenugreek dapat menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri penyebab iritasi atau peradangan. Fenugreek juga merupakan antijamur yang efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.