Sukses

Hemofilia A adalah Kelainan Pembekuan Darah, Simak Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pengobatannya

Apa itu Hemofilia A? dan bagaimana pengobatannya?

Liputan6.com, Jakarta Hemofilia A adalah suatu kelainan genetik yang mempengaruhi kemampuan pembekuan darah pada individu yang mengidapnya. Hemofilia A juga dikenal sebagai defisiensi faktor VIII atau hemofilia klasik. Kondisi ini disebabkan oleh ketidaksempurnaan atau kekurangan faktor VIII (FVIII), suatu protein pembekuan darah yang esensial. 

Meskipun hemofilia A adalah kelainan yang dapat diwariskan dari orangtua ke anak, namun sekitar sepertiga dari kasus tidak memiliki riwayat keluarga sebelumnya. Diperkirakan bahwa hemofilia A terjadi pada sekitar 1 dari 5.617 kelahiran laki-laki hidup, dengan lebih dari setengah penderita mengalami bentuk yang parah.

Penderita hemofilia A dapat mengalami berbagai gejala, tergantung pada tingkat keparahan kondisi mereka. Dari pendarahan dalam sendi dan otot hingga pendarahan eksternal dari luka kecil, gejalanya dapat beragam dan seringkali mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari. 

Untuk pemahaman lebih dalam tentang apa itu Hemofilia A, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari laman resmi Hemophilia Org informasi lengkapnya pada Kamis (8/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Hemofilia A?

Hemofilia A, juga dikenal sebagai defisiensi faktor VIII (8) atau hemofilia klasik, adalah gangguan genetik yang disebabkan oleh ketidaksempurnaan atau kekurangan faktor VIII (FVIII), protein pembekuan darah. Meskipun diturunkan dari orangtua ke anak, sekitar 1/3 dari kasus yang ditemukan tidak memiliki riwayat keluarga sebelumnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hemofilia terjadi pada sekitar 1 dari 5.617 kelahiran laki-laki hidup. Terdapat antara 30.000 - 33.000 laki-laki dengan hemofilia di Amerika Serikat*. Lebih dari setengah orang yang didiagnosis dengan hemofilia A memiliki bentuk yang parah. Hemofilia A empat kali lebih umum daripada hemofilia B. Hemofilia mempengaruhi semua ras dan kelompok etnis.

Genetika Hemofilia

Pemahaman dasar tentang genetika hemofilia penting bagi individu yang memiliki alasan untuk mencurigai bahwa ada kecenderungan genetik untuk hemofilia dalam keluarga mereka.

Bagaimana Hemofilia Diwariskan?

Hemofilia diturunkan dari orangtua ke anak.

Apakah Hemofilia Terkait dengan Jenis Kelamin?

Ya, hemofilia adalah gangguan terkait jenis kelamin. Kromosom X dan Y membantu menentukan pola pewarisan hemofilia. Gen hemofilia terdapat pada kromosom X.

3 dari 6 halaman

Apakah Hemofilia Dominan atau Recessive?

Hemofilia diwariskan dengan cara resesif terkait X. Wanita mewarisi dua kromosom X, satu dari ibu dan satu dari ayah (XX). Pria mewarisi kromosom X dari ibu dan kromosom Y dari ayah (XY). Artinya, jika seorang anak laki-laki mewarisi kromosom X yang membawa gen hemofilia dari ibunya, ia akan memiliki hemofilia. Ini juga berarti bahwa ayah tidak dapat mewariskan hemofilia kepada anak laki-lakinya.

Namun, karena anak perempuan memiliki dua kromosom X, bahkan jika mereka mewarisi gen hemofilia dari ibu mereka, kemungkinan besar mereka akan mewarisi kromosom X yang sehat dari ayah mereka dan tidak memiliki hemofilia. Anak perempuan yang mewarisi kromosom X yang mengandung gen hemofilia disebut sebagai pembawa. Mereka dapat mewarisi gen tersebut kepada anak-anak mereka. Banyak wanita yang membawa gen hemofilia juga memiliki ekspresi faktor rendah, yang dapat menyebabkan pendarahan menstruasi berat, mudah memar, dan pendarahan pada sendi. Beberapa wanita yang memiliki gen hemofilia memiliki ekspresi faktor rendah cukup untuk didiagnosis dengan hemofilia.

Bagi pembawa perempuan, ada empat hasil mungkin untuk setiap kehamilan:

  • Seorang anak perempuan yang bukan pembawa
  • Seorang anak perempuan yang pembawa
  • Seorang anak laki-laki tanpa hemofilia
  • Seorang anak laki-laki dengan hemofilia

 

 

4 dari 6 halaman

Gejala Hemofilia A

Orang yang mengidap hemofilia A mengalami pendarahan lebih lama dibandingkan dengan orang lain. Pendarahan dapat terjadi secara internal, ke sendi dan otot, atau secara eksternal, dari luka kecil, prosedur gigi, atau cedera. Seberapa sering seseorang mengalami pendarahan dan seberapa parah pendarahan tersebut tergantung pada seberapa banyak FVIII yang diproduksi secara alami oleh seseorang.

Level normal FVIII berkisar antara 50% hingga 150%. Level di bawah 50% - atau setengah dari yang diperlukan untuk membentuk bekuan - menentukan gejala seseorang.

• Hemofilia A ringan: 6% hingga 49% dari FVIII dalam darah. Orang dengan hemofilia A ringan umumnya mengalami pendarahan hanya setelah cedera serius, trauma, atau operasi. Dalam banyak kasus, hemofilia ringan tidak didiagnosis sampai terjadi cedera, operasi, atau pencabutan gigi yang menyebabkan pendarahan yang berkepanjangan. Episode pertama mungkin tidak terjadi sampai dewasa. Wanita dengan hemofilia ringan sering mengalami pendarahan menstruasi yang berat dan dapat mengalami perdarahan hebat setelah melahirkan.

• Hemofilia A sedang: 1% hingga 5% dari FVIII dalam darah. Orang dengan hemofilia A sedang cenderung mengalami episode pendarahan setelah cedera.

• Hemofilia A berat: <1% dari FVIII dalam darah. Orang dengan hemofilia A berat mengalami pendarahan setelah cedera dan mungkin memiliki episode pendarahan spontan yang sering terjadi - pendarahan yang terjadi tanpa penyebab yang jelas - seringkali ke sendi dan otot mereka. Banyak pria dengan hemofilia berat didiagnosis karena pendarahan setelah sunat.

5 dari 6 halaman

Diagnosis Hemofilia A

Dokter akan melakukan serangkaian tes yang mengevaluasi seberapa lama darah membutuhkan waktu untuk membeku guna menentukan apakah seseorang mengidap hemofilia. Tes faktor pembekuan, disebut assay, akan menunjukkan jenis hemofilia dan seberapa parahnya, atau seberapa banyak faktor pembekuan yang diproduksi oleh individu itu sendiri.

Karena pemahaman kita tentang genetika hemofilia, kebanyakan orang yang memiliki riwayat keluarga hemofilia akan meminta agar bayi laki-laki mereka diuji segera setelah lahir untuk melihat apakah mereka memiliki hemofilia. Jika tidak ada riwayat keluarga hemofilia, orang seringkali menyadari pendarahan yang membutuhkan waktu lama untuk berhenti atau banyak memar. Banyak bayi yang lahir dengan hemofilia berat didiagnosis jika terjadi pendarahan yang berkepanjangan setelah sunat.

Untuk perempuan, seringkali dibutuhkan perburukan gejala untuk memulai proses diagnosis. Sebagian besar perempuan tidak diuji hemofilia sebelum pubertas. Menstruasi yang berat adalah gejala gangguan pendarahan pada perempuan dan gadis. Jika ada riwayat keluarga yang diketahui, penting untuk memantau gejala. Disarankan bahwa wanita yang memiliki riwayat keluarga hemofilia diuji sebelum hamil, untuk membantu mencegah komplikasi saat melahirkan.

Tempat terbaik bagi pasien dengan hemofilia untuk didiagnosis dan dirawat adalah salah satu pusat perawatan hemofilia (Hemophilia Treatment Centers/HTCs) yang didanai secara federal yang tersebar di seluruh negeri. HTCs menyediakan perawatan komprehensif dari ahli hematologi dan staf profesional lainnya, termasuk perawat, fisioterapis, pekerja sosial, dan terkadang dokter gigi, ahli gizi, dan penyedia layanan kesehatan lainnya, termasuk laboratorium khusus untuk pengujian laboratorium yang lebih akurat.

6 dari 6 halaman

Pilihan Pengobatan untuk Hemofilia

Obat utama untuk mengobati hemofilia A adalah produk FVIII terkonsentrasi, disebut faktor pembekuan atau hanya faktor. Ada dua jenis faktor pembekuan: plasma-didapat dan rekombinan. Faktor dari plasma didapat dibuat dari plasma manusia. Produk faktor rekombinan dikembangkan di laboratorium melalui penggunaan teknologi DNA. Meskipun produk FVIII dari plasma masih tersedia, sekitar 75% komunitas hemofilia menggunakan produk FVIII rekombinan.

Terapi faktor ini disuntikkan ke dalam vena (disebut "infusi") di lengan atau tangan, atau melalui port di dada. Dewan Penasihat Medis dan Ilmiah NBDF (MASAC) mendorong penggunaan produk faktor pembekuan rekombinan daripada plasma didapat karena lebih aman dari virus dan penyakit yang dapat ditularkan melalui darah.

Untuk menjaga kadar faktor pembekuan yang cukup dalam aliran darah guna mencegah pendarahan, pasien dengan hemofilia berat biasanya diresepkan regimen pengobatan rutin, disebut profilaksis - atau prophy singkatnya. Ini berarti seseorang akan menyuntikkan obat mereka secara teratur - misalnya setiap hari atau setiap dua hari, tergantung pada berapa lama faktor tersebut bertahan dalam tubuh. MASAC merekomendasikan profilaksis sebagai terapi optimal untuk semua orang dengan hemofilia A berat.

Pilihan pengobatan baru yang menggunakan cara lain untuk mencegah pendarahan juga tersedia. Pengobatan ini dikenal sebagai terapi penggantian non-faktor. Salah satu terapi yang tersedia adalah emicizumab, protein yang dirancang di laboratorium yang bekerja dengan melakukan fungsi kunci dalam kaskade pembekuan yang biasanya dilakukan oleh protein FVIII. Ini dapat diresepkan untuk profilaksis rutin untuk mencegah atau mengurangi frekuensi episode pendarahan pada orang dewasa dan anak-anak dari semua usia, termasuk bayi, dengan hemofilia A dengan atau tanpa inhibitor faktor VIII. Emicizumab tidak disuntikkan, tetapi disuntikkan di bawah kulit (subkutan).

Penting untuk mendiskusikan semua pilihan pengobatan dengan dokter atau staf di pusat perawatan hemofilia Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.