Sukses

Unik! Penampakan Sungai Susu Murni di Amerika, Ternyata Ini Penyebabnya

Fenomena sungai susu di Amerika

Liputan6.com, Jakarta Sungai susu menjadi salah satu gambaran yang dijanjikan bagi penghuni surga. Meski belum pasti seperti apa wujudnya, ada sebuah fenomena yang mirip penampakan sungai susu. Tak hanya sekedar berwarna putih susu, namun sungai ini benar-benar berisi susu sapi murni. 

Pada hari Sabtu (3/2) lalu, sebuah kejadian tak terduga menghebohkan warga Lynchburg, Amerika Serikat, ketika limbah susu dari perusahaan susu lokal secara tidak sengaja bocor ke sungai terdekat, mengubah warna air menjadi putih keruh seperti susu.

Menurut laporan yang diterima, saluran pembuangan yang tersumbat di Westover Dairy di Fort Avenue menjadi penyebab utama tumpahan susu ke sungai. Susu tersebut meluap ke saluran pembuangan air hujan dan akhirnya mengalir ke sungai di Jalan Hendricks. 

Kejadian ini membuat sungai hampir seluruhnya berwarna putih, memicu keprihatinan dari seorang warga yang segera melaporkannya melalui panggilan ke nomor darurat 9-1-1. Berikut Liputan6.com merangkum fenomena sungai susu unik melansir dari ABC13, Rabu (7/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sungai Susu Tak Sebabkan Masalah Serius

Kru pemadam kebakaran segera merespons laporan tersebut dan berhasil menemukan akar permasalahan di pabrik susu sapi Westover Dairy. Namun, mereka memastikan bahwa telah dilakukan pembersihan dan tindakan pencegahan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

"Saluran pembuangan yang tersumbat di pabrik menyebabkan susu meluap ke saluran pembuangan air dan mengalir ke sungai," ungkap petugas pemadam kebakaran. 

Meskipun kejadian ini menimbulkan kekhawatiran, petugas dari Sumber Daya Air Lynchburg menyatakan bahwa tidak ada ancaman kesehatan masyarakat akibat tumpahan susu tersebut. Seorang spesialis kualitas air telah disuruh untuk melakukan penelusuran menyeluruh di sepanjang sungai guna memastikan tidak ada dampak lebih lanjut dari tumpahan susu tersebut.

"Tidak ada tanda-tanda kematian ikan atau masalah signifikan apa pun dengan kehidupan akuatik," tambah Snyder.

3 dari 3 halaman

Fenomena Sungai Susu Sementara

Berkat aliran air yang konstan, sungai yang terkena tumpahan susu sapi murni tersebut bisa dengan cepat kembali jernih. 

"Sungai telah kembali normal dan tidak ada masalah besar akibat tumpahan tersebut," jelas Jason Snyder, petugas informasi pribadi untuk Sumber Daya Air Lynchburg.

Pihak berwenang setempat juga telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan dan kebersihan sungai pasca-kejadian. Dia mengatakan sumber daya air akan terus mengawasi sungai sepanjang minggu.

"Kami akan melakukan pemeriksaan berkala terhadap sungai tersebut. Kami akan memastikan tidak ada perubahan dari apa yang kami saksikan pagi ini. Pada saat yang sama, kami akan terus bekerja sama dengan Westover Dairy mengenai prosesnya, dengan tujuan akhir mencegah hal seperti itu terjadi." ini tidak terjadi lagi," kata Snyder.

Meskipun insiden ini telah diselesaikan dengan cepat, peristiwa ini menyoroti pentingnya pengelolaan limbah industri yang lebih baik untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.