Sukses

7 Potret Al Ula yang Dihindari Nabi, Kini Dijadikan Tempat Wisata Anggarannya Rp 214 Triliun

Setelah ratusan tahun dianggap sebagai kota hantu dan kota terkutuk, Arab Saudi berencana membangun kembali tersebut menjadi destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta Al Ula adalah sebuah kota di Arab Saudi yang terletak 300 km di sebelah utara Madinah. Menurut catatan sejarah, pemukiman manusia di Al Ula dimulai sekitar abad ke-6 SM. Terletak di Jalur Dupa, sebuah rute perdagangan kuno yang menghubungkan Arab, Mesir, dan India, Al Ula memiliki peran penting dalam sejarah perdagangan dan peradaban.

Pada masa kepemimpinan Dinasti Nabatean, khususnya di bawah penguasaan Petra, mengukir sejarah baru untuk Al Ula. Kota ini berhasil ditaklukkan oleh bangsa Romawi, dan Nabatean menjadikan al-Hijr atau Madain Saleh sebagai ibu kota baru mereka.

Menurut hasil penelitian United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Madain Saleh, yang menjadi pewaris peradaban Nabatean, menyimpan 114 makam yang menjadi saksi bisu dari kejayaan masa lalu. Makam-makam ini memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat Nabatean dan kekayaan budaya mereka.

Meski nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi, Al Ula juga memiliki reputasi yang buruk di kalangan umat Islam. Al Ula juga dikenal sebagai tempat tinggal kaum Tsamud yang durhaka dan mendapat azab dari Allah SWT.

Kaum Tsamud adalah salah satu kaum yang disebutkan sebagai kaum yang mendustakan Nabi Saleh dan menentang perintah Allah SWT.

Bahkan Nabi Muhammad SAW mewanti-wanti umatnya agar jangan berkunjung ke kota ini.

Setelah ratusan tahun dianggap sebagai kota hantu maupun kota terkutuk, pemerintah Arab Saudi berencana membangun kembali kota terlarag tersebut menjadi destinasi wisatawan.

Pada 2022, Arab Saudi dilaporkan mengucurkan modal hingga US$15 miliar atau sekitar Rp214 triliun untuk proyek kota Al Ula. Pembangunan Al Ula rencananya dibagi menjadi tiga tahap yakni 2023, 2030, 2035. Sebagai dana awal, Saudi memberi US$2 miliar atau sekitar Rp28 triliun untuk mengembangkan kawasan Al Ula.

Berikut potret kota Al Ula yang dihindari Nabi Muhammad SAW yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/1/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Al Ula dengan warisan sejarahnya menjadi destinasi yang mendebarkan bagi para pencinta sejarah dan penggemar keajaiban dunia lama.

3 dari 8 halaman

2. Kota Al Ula terdiri dari 22.561 kilometer persegi padang pasir, pegunungan batu pasir, dan situs warisan budaya kuno.

4 dari 8 halaman

3. Dalam mitologi Arab, Al Ula dianggap sebagai daerah berhantu yang dihuni oleh bangsa jin dan roh jahat.

5 dari 8 halaman

4. Kota Al-Ula menyimpan banyak peninggalan situs arkeologi, karena Kaum Tsamud dikenal sebagai orang-orang yang pandai memahat, mengukir, dan dalam pertukangan.

6 dari 8 halaman

5. Di sekitar Al-Ula juga terkenal situs arkeologi Mada’in Saleh yang terletak sekitar 22 kilometer dari Kota Al Ula. Mada'in Saleh telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sejak 2008.

7 dari 8 halaman

6. Pada 2022, otoritas Arab Saudi dilaporkan mengucurkan dana sekitar Rp214 triliun untuk membangun kota Al Ula sebagai destinasi wisata.

8 dari 8 halaman

7. Banyaknya situs arkeologi yang tersimpan di Al-Ula membuat banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke kota tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.