Sukses

5 Fakta Shena Malsiana X Factor Meninggal Dunia, Sempat Rilis Single Baru Meski Sakit

Shena sempat merilis single baru meski idap penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri musik tanah air. Sosok penyiar radio yang dikenal jebolan X Factor, Shena Malsiana meninggal dunia pada Selasa (25/10/2023) siang pukul 15.37 WIB. Kabar ini disampaikan akun Instagram Bobby Irfan diiringi unggahan di laman Instagram terverifikasi Shena Malsiana

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang keluarga, sahabat baik, kerabat terdekat kami Shena Malsiana pada pukul 15.37 WIB siang ini," tulis dalam akun @bobbyichaniago.

Sebelum meninggal, pelantun lagu “Melawan Arah” itu sempat mengabarkan kondisi kesehatannya yang memburuk dua tahun terakhir. Shena Malsiana didiagnosis mengidap Lupus Nefritis dan Gagal Ginjal yang membuatnya tak bisa manggung. 

Namun perjuangan wanita 32 tahun itu melawan Lupus dan Gagal Ginjal harus kandas usai dinyatakan dokter meninggal. Kabar Shena meninggal  ini seketika mendapat doa dan belasungkawa dari para penggemarnya lewat kolom komentar unggahan Instagram Shena yang akan dimakamkan di TPU Bojong Nangka pada Kamis (26/10/2023) pukul 12.30 WIB.

Berikut Liputan6.com merangkum fakta perjuangan Shena Malsiana X Factor lawan Lupus dan Gagal Ginjal hingga dinyatakan meninggal, Kamis (26/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Idap Dua Penyakit Sekaligus

Kabar meninggalnya Shena Malsiana ini menyisakan duka di dunia musik. Shena Malsiana, seorang penyanyi, penyiar radio, dan salah satu finalis dalam kompetisi bakat X Factor musim pertama, lahir di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 1991. 

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 32 tahun, Shena harus mengidap penyakit Lupus Nefritis dan Gagal Ginjal.

“Umur 30 didiagnosa Lupus Nefritis yang mengakibatkan gagal ginjal kronik, lalu diharuskan melakukan hemodialisa (cuci darah),” tulis Shena dalam video di TikTok yang diunggah  1 Desember 2023.

Mengutip Mayo Clinic, Lupus nefritis seringkali muncul pada individu dengan lupus eritematosus sistemik atau lupus, merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan organ tubuh sendiri, yang disebut sebagai penyakit autoimun.

3 dari 6 halaman

2. Berjuang Rilis Single Baru Meski Sakit Lupus dan Gagal Ginjal

Finalis X Factor Indonesia musim pertama, Shena Malsiana, meskipun kini jarang mendapat sorotan, masih tetap produktif di dunia tarik suara. Bahkan saat menghadapi sakit yang kronis, Shena Malsiana tetap merilis single baru.

Melalui unggahan di akun TikTok pribadinya, penyanyi yang dikenal lewat lagu "Yang Berlalu" ini membagikan kabar terbarunya mengenai kondisinya yang sedang sakit. Shena Malsiana telah didiagnosa menderita Lupus Nefritik, suatu penyakit autoimun yang berdampak pada kesehatan ginjal. Gagal ginjal kronis adalah konsekuensi yang tidak terhindarkan dari penyakit ini.

Menariknya, perjuangan Shena Malsiana sukses bikin netizen takjub. Di saat harus melakukan perawatan intensif, Shena masih punya motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan perilisan album perdananya berjudul “Fragmen”. 

Kendati demikian, penyanyi sekaligus penyiar radio itu masih harus berada di rumah sakit beberapa hari kedepan.

4 dari 6 halaman

3. Karier Shena Malsiana Jebolan X Factor

Perjalanan karier Shena Malsiana dimulai pada tahun 2012, Shena Malsiana dikenal melalui audisi X Factor Indonesia di televisi nasional. Saat itu, dia membawakan versi ulang lagu "Tak Gendong" dari Mbah Surip, mengesankan para juri dan melangkah ke babak berikutnya.

Setelah X Factor Indonesia, Shena memulai karier solonya. Pada tahun 2013, dia merilis dua lagu, "Maafkan Aku" dan "Imaji". Namun, setelah empat tahun tanpa perilisan, dia kembali dengan lagu buatannya sendiri, "What Do You Need," pada tahun 2017.

Tidak berhenti di situ, Shena terus merilis berbagai single hingga tahun 2022, total tujuh lagu. Puncaknya, tahun 2022 menjadi tahun progresif dalam kariernya dengan peluncuran album pertamanya, "Fragmen" meski di tengah sakit Lupus yang dideritanya. 

5 dari 6 halaman

4. Shena Malsiana Dimakamkan di TPU Bojong Nangka

Setelah berita duka kepergian Shena, pengumuman penting seputar salat dan pemakaman diumumkan dengan latar belakang yang berkabung. Pada hari yang sama, Shena Malsiana akan disalatkan di Masjid Al Muhajirin Catalina pukul 11 pagi.

“Bada zuhur pukul 12.30 almarhumah diberangkatkan menuju TPU Grubug Bojong Nangka untuk dimakamkan. Sekian yang dapat kami informasikan terima kasih,” tulis dalam unggahan Instagram Shena Malsiana.

Prosesi pemakaman akan dilakukan setelah salat zuhur pukul 12.30 di TPU Grubug Bojong Nangka. Keluarga memohon doa agar proses salat dan pemakaman berlangsung dengan lancar.

6 dari 6 halaman

5. Ucapan Bela Sungkawa Artis

Mengetahui kabar meninggalnya Shena, Sejumlah selebritas dan netizen melayangkan duka cita atas meninggalnya Shena Malsiana jebolan X Factor.

Shenaaaaa..., semoga Allah kasih tempat terbaik, Husnul Khatimah. Kamu anak yg baik bgt, humble, berbakat, slalu inget kamu yg paling care ... 😭😭😭, tulis @meisya__siregar

“Shenaaaa 😭😭😭,” komentar @putrititian.

“Selamat jalan ka.. ❤️,” ucap penyanyi @ifyalyssa.

“Senaaaa 😢 tempat terbaik ya seeeen,” doa dari @uusbiasaaja.

“Shena 😢 selamat jalan,” komentar @dittopercussion.

“Innalillahi waa innaillaihi rojiun🙏 komentar @amingisback ikut bela sungkawa.

“Rest in love, Shena.. anak baiik😭🥀,” doa dari @ ivanova.regina.

“Ha??? Ini serius?? Shenaaaa...selamat jalan sayaankkk...duh g tau mau nulis apalagi, kaget bgt!! Koranya keluarga yg ditinggal dihiburkan Tuhan. 😢😢😢,” komentar akun @novitadewi_ yang masih tak percaya Shena Malsiana meninggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.