Sukses

4 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Mudah dan Cepat

Cara menghapus halaman kosong di Word memang tidak dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghapus halaman kosong di Word mungkin belum diketahui oleh sebagian orang. Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam menghapus halaman kosong pada Microsoft Word. Hal ini tidka mengherankan karena memang caranya tidak semudah yang dibayangkan.

Hal ini disebabkan karena bisa saja menghapus halaman kosong tersebut mengubah format penulisan yang telah dibuat, contohnya nomor halaman. Jadi, kamu tidak bisa hanya dengan menggunakan fitur “Delete” saja dalam melakukannya.

Cara menghapus halaman kosong di Word memang tidak dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja. Apalagi bila kamu tidak ingin merusak format tulisan yang telah kamu buat sebelumnya. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan langkah-langkahnya yang tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023) tentang cara menghapus halaman kosong di Word.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

Cara menghapus halaman kosong di Word tidak bisa dilakukan hanya dengan memencet “delete” saja di keyboard. Mengunakan fitur “delete” secara langsung sebagai cara menghapus halaman kosong di Word dapat membuat format tulisan yang telah kamu buat berubah. Cara menghapus halaman kosong di Word atau yang berisi teks, grafik, atau paragraf kosong dengan pilih konten yang akan dihapus, dan tekan Delete ini mungkin ampuh bila kamu belum mengatur halaman dan format lainnya.

Selain itu, kamu bisa menerapkan cara menghapus halaman kosong di Word dengan CTRL+G. Mengutip dari support.microsoft.com, berikut cara menghapus halaman kosong di Word tanpa merusak tulisan yang telah kamu buat:

1. Cara Menghapus Halaman Kosong di Word pada Windows

  1. Klik atau ketuk di mana saja di halaman yang ingin kamu hapus, tekan Ctrl+G.
  2. Dalam kotak Masukkan nomor halaman, ketik \page.
  3. Tekan Enter pada keyboard, lalu pilih Tutup.
  4. Verifikasikan bahwa halaman konten telah dipilih, lalu tekan Delete di keyboard.

 

2. Cara Menghapus Halaman Kosong di Word pada MacOS

  1. Klik atau ketuk di mana saja di halaman yang ingin kamu hapus, tekan Option+⌘+G.
  2. Dalam kotak Masukkan nomor halaman, ketik \page.
  3. Tekan Enter pada keyboard Anda, lalu pilih Tutup.
  4. Verifikasikan bahwa halaman konten telah dipilih, lalu tekan Delete di keyboard.
3 dari 5 halaman

3. Cara Menghapus Halaman Kosong di Word pada Akhir Dokumen

Word menyertakan akhir paragraf yang tidak dapat dihapus yang terkadang dimasukkan ke halaman kosong baru di akhir dokumen. Cara untuk menghapusnya adalah dengan menyesuaikan akhir paragraf ke halaman sebelumnya. Cara yang paling tepat adalah membuat paragraf akhir sangat kecil (1 poin):

  1. Tekan Ctrl+Shift+8 (⌘+8 di Mac) untuk menampilkan tanda paragraf.
  2. Pilih tanda paragraf.
  3. Pilih di dalam kotak Ukuran font , ketik 01, lalu tekan Enter .
  4. Kini paragraf akan pas di halaman sebelumnya, dan halaman kosong yang tidak diinginkan akan dihapus.
  5. Tekan Ctrl+Shift+8 lagi untuk menyembunyikan tanda paragraf (⌘+8 di Mac).

Jika paragraf tetap tidak pas di halaman sebelumnya, kamu dapat mengurangi margin bawah (tab Tata Letak > Margin > Margin Kustom, lalu atur margin bawah menjadi lebih kecil, misalnya 0,3 inci).

4 dari 5 halaman

4. Cara Menghapus Halaman Kosong di Word dengan Mengonversi ke PDF

Kamu juga bisa menyingkirkan halaman kosong di belakangnya dengan menyimpan dokumen sebagai PDF, meninggalkan halaman terakhir. Berikut cara menghapus halaman kosong di Word dengan mengonversi ke PDF:

  1. Masuk ke File > Simpan Sebagai, pilih tempat untuk menyimpan file, lalu pilih PDF untuk tipe Simpan sebagai.
  2. Pilih Opsi dalam kotak dialog Simpan Sebagai .
  3. Di bawah Rentang halaman, pilih Halaman, dan tentukan halaman yang tidak kosong. Misalnya, jika halaman 5 dokumen kamu adalah halaman kosong yang tidak dapat dihilangkan, tentukan halaman dari 1 hingga 4.
  4. Pilih OK, lalu pilih Simpan.
5 dari 5 halaman

Mengenal Microsoft Word

Melansir staffnew.uny.ac.id, Microsoft Word adalah program aplikasi pengolahyang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan software satu ini.

Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kamu mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.

Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer saat mengoperasikan program ini. Pada bagian Baris Judul, dapat dilihat nama file yang sedang dibuka, jika belum menyimpan dan memberi nama pada file yang dibuka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.

Istilah Menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat dipilih dengan menyorot perintah tersebut pada Baris Menu.

Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.