Sukses

Gambar Sholawat Nabi Muhammad dan Macam-macamnya bagi Umat Islam

Gambar sholawat biasanya berupa kaligrafi tulisan arab yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Gambar sholawat biasanya digunakan seorang muslim sebagai wallpaper di hp ataupun laptop. Sholawat adalah doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Menurut syar’i atau istilah, sholawat diartikan sebagai pujian kepada Nabi.

Gambar sholawat biasanya berupa kaligrafi tulisan arab yang indah. Bacaan sholawat sendiri terdiri dari beberapa macam. Macam-macam sholawat ini bisa kamu jadikan sebagai amalan harian. Apalagi, hukum membaca sholawat nabi adalah sunah muakkad.

Namun sebagai salah satu rukun sholat, sholawat tentunya wajib dan selalu dibaca pada akhir tasyahud akhir. Membaca sholawat setiap harinya bisa membuat seorang muslim mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan bagi hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/10/2023) tentang gambar sholawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gambar Sholawat dan Dalilnya

Sebelum mengenali macam-macam dari gambar sholawat nabi, kamu perlu mengetahui dalil tentang membacanya terlebih dahulu. Hal ini juga telah terdapat dalam berbagai hadis dan firman Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam surat An-nisa ayat 86 yang artinya:

“Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu” (QS. An Nisa’: 86).

Doa nabi merupakan syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Jadi, menyimpan gambar sholawat dan melafalkannya tentu dapat membuat kamu menjadi muslim yang lebih berkualitas. Selain itu, ada pula hadis nabi tentang sholawat yaitu dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Sholawat Nabi

Gambar sholawat yang banyak kamu temui tentu yang paling ringkas ini, karena tidak begitu panjang. Lafazh bacaan sholawat yang paling ringkas yang sesuai dalil-dalil yang shahih, yaitu:

Allahumma shallii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).

Sholawat Fatih

Gambar sholawat yang juga tidak terlalu panjang yaitu sholawat Fatih. Berikut bacaannya:

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

4 dari 5 halaman

Sholawat Nariyah

Macam-macam gambar sholawat yang selanjutnya adalah sholawat Nariyah. Berikut bacaannya:

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman ‘alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihil’uqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi wa’alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Sholawat Ma’tsuroh

Macam-macam bacaan sholawat berikutnya adalah Sholawat Ma’tsuroh. Gambar sholawat ini juga cukup singkat, berikut bacaannya:

Allaahumma sholli ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wasallim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

5 dari 5 halaman

Sholawat Mukafaah

Macam-macam bacaan sholawat berikutnya adalah Sholawat Mukafaah. Berikut bacaannya:

Allohumma sholli ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha ‘anna haqqohul ‘adzim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

Sholawat Ibrohimiyah

Gambar sholawat juga bisa kamu temui dengan bacaan sholawat Ibrohimiyah. Adapun bunyi sholawat ibrohimiyah sebagai salah satu macam-macam bacaan sholawat adalah sebagai berikut:

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: “Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.