Sukses

Cara Usir Cicak dari Rumah dengan 2 Bahan Sederhana, Bisa Mati Puluhan Ekor

Tidak senang banyak cicak di rumah? Gunakan dua bahan ini untuk membuatnya mudah ditangkap.

Liputan6.com, Jakarta Rumah tidak hanya dihuni oleh manunia saja, beberapa hewan tak diundang pun tampak ikut menyinggahinya. Seperti semut, kecoak, tikus, hingga cicak. Hewan-hewan tersebut suka berada di hunian manusia untuk mencari makanan. Bermacam cara dilakukan untuk mengusir hewan tersebut.

Sederet hewan tak diundang kebanyakan sangat mengganggu manusia. Tak terkecuali cicak. Meski ada orang yang tidak peduli dengan kehadiran cicak di rumahnya, namun tak sedikit yang menganggap hewan reptil yang biasa merayap di dinding itu termasuk hama. 

Kehadiran makhluk tersebut dan hama lainnya mengundang berbagai masalah seperti kotoran (kotoran cicak). Terkadang juga dapat mengganggu tidur manusia jika menimbulkan kebisingan di malam hari. Namun, menangkap cicak bukanlah hal yang mudah apalagi ia akan langsung kabur begitu melihat manusia.

Dilansir Liputan6.cm dari Siakap Keli, berikut cara ampuh usir cicak dari rumah yang hanya menggunakan dua bahan sederhana, Minggu (10/09/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usir cicak dengan 2 bahan sederhana ini

Umumnya, cicak merayap di dinding yang letaknya di ujung sudut atau ujung tembok tinggi rumah. Hal itu membuat manusia kesulitan untuk memberantasnya. Berbagai cara dilakukan para pemilik rumah khususnya para ibu-ibu.

Bahkan, ada yang sampai memelihara kucing yang menjadi predator bagi cicak. Meski begitu, permasalahan itu belum menemukan solusinya karena cicak biasanya berada di tempat tinggi yang sulit dijangkau kucing. Oleh karena itu, berikut ini tips yang dilansir dari Siakap Keli, untuk mengatasi masalah cicak di rumah.

Tips yang dibagikan oleh Amir Marzhuki  melalui laman Facebook ini hanya menggunakan dua bahan sederhana untuk mengusir cicak dari rumah. Yaitu stiker lalat atau lem terbang, selotip dan umpan nasi.

3 dari 3 halaman

Hampir 50 ekor cicak terperangkap

Tips memasang stiker lalat ini mudah saja. Gunakan 2/3 bagian stiker di dekat jalan tempat cicak biasa 'nongkrong'. Lalu, tempatkan umpan nasi. Tinggalkan dalam 4/5 hari. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan hasil yang baik dibandingkan dengan racun cicak.

Namun perlu diingat, kalau mau membasmi cicak, harus menahan baunya yang sangat menyengat hidung jika sudah mati.

Unggahan yang dibagikan melalui sebuah grup di laman Facebook itu pun menuai perhatian. Banyak orang berterima kasih atas ide memasang lem terbang untuk menangkap cicak.

Di minggu ke-4 saja sudah hampir 50 ekor cicak terperangkap dan mati. Dipasang 5 hari dapat 6 ekor. Jika terus-terusan dilakukan, maka cicak di rumah pun akan cepat menghilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.