Sukses

9 Cara Ampuh Usir Cicak dari Rumah Pakai Bahan-Bahan Dapur

Berikut cara usir cicak dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Cicak adalah reptil yang selalu hinggap di dalam rumah. Tak perlu khawatir, cicak bukanlah reptil yang membahayakan.

Banyak dari sebagaian penghuni rumah merasa jijik atau takut dengan hewan satu ini, tapi cicak dipercayai membuat populasi serangga menurun, jadi, yang terbaik adalah mengusirnya daripada mencoba meracuni atau membunuhnya. 

Ada beberapa faktor yang mengundang cicak datang ke rumah, salah satunya adalah nyamuk. Namun, cicak dapat dengan mudah kita singkirkan hanya dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Mengutip India Today, Sabtu (5/11/2022), berikut adalah cara untuk menyingkirkan cicak di rumah.

1. Tempatkan Bawang Merah atau Bawang Putih di Sudut-sudut yang Sering Dilewati Cicak

Bawang putih dan bawang merah mengeluarkan bau yang tajam, yang merupakan serangan lain terhadap indera pada cicak dan efektif membantu menyingkirkan hewan satu ini tanpa membunuhnya.

Akibatnya, cicak akan enggan untuk menempati atau kembali ke lokasi tertentu. Tempatkan siung bawang putih mentah atau beberapa irisan bawang merah di sudut rumah Anda.

Atau, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam wadah spray kemudian isi dengan air dan menyemprotkannya ke seluruh tempat di mana cicak sering terlihat.

2. Manfaatkan Kulit Telur

Untuk membasmi cicak, Anda bisa meletakkan cangkang telur di area rumah Anda di mana mereka berkunjung.

Sebelum menggunakan kulit telur, bersihkan kulit telur tersebut. Selain itu, hindari mencucinya untuk mempertahankan aromanya yang menyengat. 

Cara ini sangat efektif adalah karena baunya yang menyengat yang menyebabkan mual pada cicak.

3. Bersihkan Lemari

Cicak menyukai tempat yang hangat karena mereka tidak dapat mengontrol suhu tubuh mereka dan lebih suka hidup berkelompok dan mungkin saja ia bisa bertelur di area tersebut. 

Bersihkanlah lemari secara rutin dan usahakan agar tetap kering. Sehingga disarankan untuk serutin mungkin membersihkan lemari.

Mereka sangat langka di iklim yang lebih dingin dan berjuang untuk hidup dan orang-orang di sana tidak perlu khawatir tentang cara usir cicak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Semprotan Lada

Cicak sangat alergi terhadap lada dan Anda dapat memanfaatkannya untuk mengusir cicak dari rumah Anda.

Ambil beberapa lada hitam yang dihancurkan dan campurkan dengan air. Kemudian, masukkan larutan ke dalam botol spray dan semprotkan ke seluruh rumah Anda terutama di sekitar dapur, di bawah sofa, di dinding, di belakang perabotan atau tempat yang biasa dilalui cicak.

5. Gunakan Kamper

Cicak tidak tahan dengan bau yang menyengat, yang mungkin sudah biasa bagi manusia. Tempatkan kamper di lemari pakaian, lemari dapur, penyimpanan di bawah wastafel, dan rak.

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk menyingkirkan cicak dari rumah. Sebaiknya jauhkan kamper pada jarak yang aman dari makanan dan anak-anak.

 

 

3 dari 4 halaman

6. Jaga Kebersihan Rumah

Jika rumah Anda terlalu berantakan dan cicak menemukan berita gembira di rumah Anda, mereka pasti akan menjadikan rumah Anda sebagai tempat tinggal mereka yang nyaman.

Anda harus menjaga kebersihan di sekitar rumah. Harus ada sanitasi yang tepat dan Anda harus berusaha untuk melihat bahwa tidak ada kotoran, debu, sisa makanan dan minuman yang tumpah yang tergeletak di mana saja.

Makanan yang terbuka adalah favorit cicak dan membantu mereka berkembang biak di rumah.

Jangan pernah meninggalkan sisa makanan tergeletak di sekitar. Makanan sisa menarik lalat dan semut, yang secara tidak langsung menarik perhatian cicak.

7. Air Dingin

Air dingin sebenarnya dapat membuat cicak tidak bisa bergerak. Pada dasarnya, mereka menjadi torporous (di mana mereka tetap waspada secara mental tetapi menjadi lemah secara fisik) ketika mengalami kedinginan yang intens.

Anda sebenarnya dapat memanfaatkan situasi ini, menangkap dan memasukkannya ke dalam kotak dan melemparkannya ke tempat di mana mereka tidak akan pernah kembali ke rumah Anda lagi.

Anda hanya perlu memercikkan air secukupnya untuk membuat mereka tidak bisa bergerak.

 

4 dari 4 halaman

8. Gunakan Obat Pembasmi Serangga

Obat pembasmi serangga bisa digunakan untuk menyingkirkan cicak dari rumah apabila penghuni rumah merasa terganggu.

Obat ini cukup disemprotkan atau dioleskan ke titik-titik yang seringkali dilalui oleh cicak. Jika penghuni rumah sudah mengetahui sarang cicak, obat pembasmi serangga bisa disemprotkan ke tempat ini.

Obat pembasmi serangga bisa mengusir cicak karena hewan reptil ini tidak menyukai aroma dari bahan kimia. Di sisi lain, obat pembasmi serangga ini juga secara otomatis mengurangi jumlah serangga seperti, nyamuk di rumah yang menjadi sumber makanan cicak.

9. Pelihara Kucing

Jika Anda menyukai kucing dan ingin memelihara kucing di rumah, maka selamat karena kucing Anda akan melakukan pekerjaan mengusir cicak keluar dari rumah Anda.

Hal ini karena kucing suka sekali mengunyah cicak. Meskipun kucing tidak ingin makan, setidaknya mereka akan mengejar cicak tersebut sehingga membuat cicak-cicak lari menyelamatkan diri dan pada akhirnya akan mengusir cicak dari rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.