Sukses

Scroll Artinya Menggulir, Pahami Penggunaan dan Contoh Kalimatnya

Kata scroll berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan secara harfiah ke bahasa Indonesia berarti menggulir atau gulir.

Liputan6.com, Jakarta Scroll artinya istilah dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik di media sosial maupun internet. Meski istilah bahasa Inggris ini populer, namun masih banyak orang yang belum mengetahui arti scroll.

Kata scroll berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan secara harfiah ke bahasa Indonesia berarti menggulir atau gulir. Kosa kata scroll juga dapat diartikan sebagai mengusap ataupun memuat. Namun saat ini arti scroll memiliki banyak makna, yang mana penggunaannya tergantung pada konteks yang sedang dibicarakan.

Kata scroll ini makin sering dijumpai dan digunakan oleh masyarakat terutama pengguna media sosial. Namun sebelum menggunakannya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu scroll artinya dan penggunaannya yang tepat dalam komunikasi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti scroll beserta penggunaan dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Scroll

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kata scroll berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan secara harfiah ke bahasa Indonesia berarti menggulir atau gulir. Kosa kata scroll juga dapat diartikan sebagai mengusap ataupun memuat. Namun saat ini arti scroll memiliki banyak makna, yang mana penggunaannya tergantung pada konteks yang sedang dibicarakan.

Biasanya kata scroll sering digunakan dalam dunia teknologi, terutama dalam konteks komputer dan perangkat seluler, untuk menggambarkan tindakan menggulir atau menggeser konten yang sedang ditampilkan di layar. Ini berarti memindahkan tampilan konten ke atas atau ke bawah (atau ke samping dalam beberapa kasus) untuk melihat bagian yang tidak terlihat pada layar saat ini.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Scroll

Scroll sendiri tergolong ke dalam part of speech yang bisa bermakna dua hal yaitu kata kata kerja dan noun kata benda. Oleh karena itu, ketika menggunakannya kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah kita menggunakannya sebagai kata kerja atau kata benda. Berikut penjelasannya:

1. Scroll sebagai Kata Kerja

Definisi scroll sebagai kata kerja, menurut Cambridge Dictionary, to move information on a computer screen up or down, so you can see a different part of a document (untuk memindahkan informasi pada layar komputer ke atas atau ke bawah, sehingga Anda dapat melihat bagian lain dari dokumen). Dalam konteks ini, kata scroll bisa diterjemahkan sebagai gulir, menggulir, ataupun mengusap.

Arti scroll dalam bentuk kata kerja inilah yang sering digunakan dan dipakai dalam berbagai media sosial dan percakapan sehari-hari. Dalam ilmu teknologi, scroll sering dipakai sebagai fitur situs web atau aplikasi.

2. Scroll sebagai Kata Benda

Kata scroll sebagai kata benda dalam Cambridge Dictionary, didefinisikan sebagai a long roll of paper or similar material, usually with official writing on it (gulungan kertas panjang atau bahan serupa, biasanya dengan tulisan resmi di atasnya). Dalam konteks ini, kata scroll artinya sebuah benda atau dokumen panjang yang bisa digulung, seperti gulungan kertas, gulungan tisu, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Scroll

1. Kata Benda

  1. He read from the scroll. (Dia membaca dari gulungan itu.)
  2. a scarf with lovely green scrolls on it. (Syal dengan gulungan hijau yang indah di atasnya)
  3. Who is worthy to open the scroll? (Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu?)
  4. A second was piled with books and scrolls. (Yang kedua penuh dengan buku dan gulungan.)
  5. The books and scrolls had been piled in heaps on the second bench. (Buku-buku dan gulungan-gulungan telah ditumpuk di bangku kedua.)
  6. The nurse took another drink of wine and examined the scroll, turning it about while Aurelia sat in suspense. (Perawat itu meminum anggurnya lagi dan memeriksa gulungan itu, membaliknya sementara Aurelia duduk dalam ketegangan.)
  7. First exhibited in Cincinnati and then Boston, it was displayed to audiences by slowly unwinding the gigantic canvas scroll. (Pertama kali dipamerkan di Cincinnati dan kemudian Boston, ditampilkan kepada penonton dengan membuka gulungan kanvas raksasa secara perlahan.)

2. Kata Kerja

  1. You have to scroll the screen to see the bottom of the Web page. (Anda harus menggulir layar untuk melihat bagian bawah halaman Web.)
  2. Is your life one long click and scroll? (Apakah hidup Anda hanya dengan sekali klik dan gulir?)
  3. Each news item takes up the screen and you scroll through them. (Setiap item berita memenuhi layar dan Anda menelusurinya.)
  4. This is his cue to scroll back through his history. (Ini adalah isyaratnya untuk menelusuri kembali sejarahnya.)
  5. It hits the ground running with a raft of gags in the scrolling text and the quality rarely dips. (Itu mulai berjalan dengan serangkaian lelucon dalam teks yang bergulir dan kualitasnya jarang menurun.)
  6. You cannot scroll down the text, only turn the page. (Anda tidak dapat menggulir teks ke bawah, hanya membalik halaman.)
  7. A scrolling display of colours shows you what you need to press and when. (Tampilan warna yang bergulir menunjukkan apa yang perlu Anda tekan dan kapan.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.