Sukses

Hunter Artinya Pemburu, Ketahui Sinonim, Contoh Kalimat dan Perbedaannya

Hunter artinya dalam kamus terjemahan bahasa Indonesia adalah pemburu atau pencari.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, Hunter artinya pemburu atau juga dikatakan sebagai penggemar. Selain kata hunter, ada juga istilah "hunting" yang cukup populer dalam bahasa gaul, di mana berakar kata atau kata dasar yang sama yaitu hunt. 

Hunter artinya di kamus sama maknanya dengan pencari, di mana tergolong dalam kata benda atau noun. Istilah hunter kerap merujuk kepada seseorang pemburu, akan tetapi jika dilihat dari kamus terjemahan ke dalam bahasa Indonesia, maka arti dasarnya adalah "pemburu" atau "pengejar."

Hunter artinya? Perlu dipahami, bahwa berburu memang identik dengan hewan, tetapi hunter di sini digunakan untuk istilah berburu hal lainnya salah satunya berburu foto. Penting untuk memahami berbagai kosakata dalam bahasa Inggris, sehingga memungkinkan komunikasi agar lebih efektif dalam konteks berbahasa Inggris.

Berikut ini arti kata hunter yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/9/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Arti Hunter

Kata "hunter" sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, terutama karena beberapa jenis kata yang populer di media sosial memiliki makna serupa dengan kata "hunter." Untuk memahami makna sebenarnya dari kata hunter, maka Anda bisa merujuk ke kamus bahasa Inggris yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam kamus bahasa Inggris, Anda dapat menemukan arti dari kata hunter dengan berbagai makna. Pertama, arti dari hunter adalah seorang pemburu, selanjutnya lebih merujuk pada seorang penggemar. Selain itu, hunter artinya dalam kamus juga bisa berarti seorang pencari. Sehingga tidak mengherankan jika penggunaan kata hunter sangat fleksibel, dan dapat digunakan dalam berbagai topik pembahasan.

Sebagai contoh di media sosial, Anda mungkin pernah menemui kata "hunting," di mana contoh kata ini pada dasarnya berasal dari kata dasar "hunt" yang berarti berburu. Demikian pula, kata hunter juga berasal dari kata dasar hunt. Selain itu, perlu diketahui bahwa arti dari hunter sendiri termasuk dalam jenis kata benda atau noun.

Pada tingkat paling dasar, hunter merujuk kepada seseorang yang aktif mengejar dan menangkap hewan liar, biasanya untuk tujuan makanan, olahraga, atau penggunaan komersial. Akan tetapi di dunia hobi dan minat, istilah "hunter" sering digunakan untuk menggambarkan seseorang, yang sangat antusias dan mendalam tentang suatu hal atau topik tertentu. 

3 dari 4 halaman

Sinonim Hunter

Terdapat beberapa kata yang dapat menjadi sinonim dari "hunter" yang sebaiknya diketahui. Beberapa di antaranya mungkin sudah familiar bagi Anda diantaranya: 

1. Stalker: Artinya adalah penguntit.

2. Trapper: Artinya adalah penjebak.

3. Huntsman: Artinya adalah pemburu.

4. Hawker: Artinya adalah penjaja.

5. Fisherman: Artinya adalah nelayan atau pencari ikan.

6. Chaser: Artinya adalah pemburu.

7. Deerstalker: Artinya adalah pemburu rusa.

8. Pursuer: Artinya adalah pengejar.

9. Assassin: Artinya adalah pembunuh.

10. Executioner: Artinya adalah algojo

11. Exterminator: Artinya adalah pembasmi.

Contoh Kalimat

1. Para pemburu rente merajalela, menggadaikan negara seperti terlatih dan sudah biasa. - Najwa Shihab

2. Dilarut malam tanpa sinar lampu-lampu, Aku kembali teringat tentang tiga kisah pemburu gelap. - Khairul Fatah

3. Seorang pemburu harus menandai buruannya supaya tidak direbut pemburu lain. - Acariba

4. Seorang hunter berpengalaman tahu bahwa kunci keberhasilan dalam berburu, adalah kesabaran dan pemahaman mendalam tentang perilaku hewan yang mereka kejar. 

5. Ada sebuah komunitas penggemar musik langka yang disebut "vinyl hunters." Mereka dengan antusias mencari rekaman vinil tua yang memiliki nilai sejarah dan estetika musik yang unik.

6. Seorang treasure hunter yang ahli, menghabiskan tahun-tahun mencari harta karun yang terkubur dalam kegelapan laut. 

7. Perusahaan teknologi terkemuka mengontrak seorang headhunter, untuk mencari talenta tingkat tinggi yang memiliki keterampilan khusus dalam pengembangan perangkat lunak.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Hunter dengan Hunting

Setelah memahami hunter artinya dalam kamus, ada juga beberapa kata lain yang memiliki arti serupa. Salah satunya yang cukup populer di media sosial adalah hunting. Namun, perlu dipahami perbedaan sebenarnya antara arti hunter dan hunting.

Hunter (Pemburu)

Kata "hunter" merupakan bentuk kata benda atau noun, yang merujuk pada individu atau seseorang yang aktif terlibat dalam kegiatan berburu, mencari, atau mengejar sesuatu, seperti hewan liar. Sebagai contoh, "Dia adalah seorang hunter yang ulung, ia sering berburu di hutan.

Hunting (Berburu)

Kata "hunting" adalah bentuk kata kerja atau verb, yang diubah menjadi kata kerja beraturan dengan menambahkan akhiran "-ing." Ini merujuk pada tindakan atau aktivitas berburu, mencari, atau mengejar sesuatu. Contohnya, "Dia sedang hunting di hutan untuk mencari foto-foto alam yang bagus."

Jadi, meskipun keduanya terkait dengan berburu, "hunter" adalah orang yang melakukan berburu, sementara "hunting" adalah tindakan atau aktivitas berburu itu sendiri. Perbedaan ini memungkinkan kita, untuk menggunakan kata-kata ini dengan lebih tepat sesuai dengan konteksnya.

Contoh Kalimat dengan Hunter

  1. "Seorang hunter berpengalaman tahu bahwa kesabaran adalah kunci dalam berburu."
  2. "Hunter terkemuka ini dikenal karena kemampuannya, dalam melacak mangsa-mangsa yang sulit ditemukan."
  3. "Seorang hunter yang baik juga memiliki pengetahuan mendalam, tentang habitat dan perilaku hewan yang mereka buru."

Contoh Kalimat dengan Hunting

  1. "Kami sedang merencanakan perjalanan hunting akhir pekan ini ke hutan belantara."
  2. "Hunting foto alam bisa menjadi hobi yang menarik dan mendebarkan."
  3. "Dia senang menghabiskan waktu di alam, jadi dia sering pergi hiking dan birdwatching saat sedang hunting."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.