Sukses

Hikmah Artinya dalam Islam Beserta Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

Hikmah artinya makna yang terkandung di balik suatu peristiwa.

Liputan6.com, Jakarta Hikmah artinya perlu dipahami oleh seluruh umat Islam. Hikmah merupakan hasil disiplin atau usaha yang dilakukan secara konsisten. Biasanya di dalam ilmu tasawuf disebut dengan istiqamah yang biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup panjang.

Hikmah dapat dikenali tidak hanya dari ilmu yang dipelajari di buku-buku dan peristiwa-peristiwa yang dialami sehari-hari. Hikmah merupakan suatu renungan dan kesungguhan memanfaatkan ilmu suatu ruangan dan kesungguhan memanfaatkan ilmu-ilmu dan peristiwa-peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Hikmah artinya makna yang terkandung di balik suatu peristiwa. Hikmah dipahami juga sebagai suatu renungan dan kesungguhan yang memanfaatkan ilmu-ilmu dan peristiwa-peristiwa. Serta melihat hubungan atau kaitan kaitan yang ada di dalamnya serta membahas tentang sumber dan tujuannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka, Jumat (1/9/2023) tentang hikmah artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hikmah Artinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hikmah artinya arti atau makna yang dalam. Hikmah artinya makna yang terkandung di balik suatu peristiwa. Hikmah artinya suatu kata yang berasal dari kata “hakama” atau kata yang menggunakan huruf ha, kaf, dan mimMenurut Ibnu Faris hikmah artinya disebut sebagai al-mani’ atau yang menghalangi, seperti hakam yang menghalangi terjadinya penganiayaan. Kendali bagi hewan disebut dengan hakama yang berarti menghalangi hewan tersebut untuk mengarah kepada yang tidak diinginkan atau liar.

Menurut Muhammad Quraish Shihab, hikmah artinya juga diambil dari kata hakama yang pada awalnya berarti menghalangi. Dari awal mula kata yang sama maka dibentuklah kata yang memiliki makna kendali, yaitu sesuatu yang fungsinya mengantarkan kepada yang baik serta menghindarkan yang buruk. Untuk mencapai maksud tersebut maka diperlukan pengetahuan serta kemampuan untuk menerapkannya.

Ayat-ayat Al-Qur’an menggambarkan menggambarkan hikmah artinya berhubungan dengan kehidupan akal, keadilan, keilmuan, pemikiran dan kebaikan sebagai hubungan saling menyempurnakan yang tidak dapat terpenuhi kecuali atas dasar kebijaksanaan. Di dalam kitab kitab tafsir, kata hikmah artinya terkadang didefinisikan dengan makna Al Qur’an, terkadang dengan makna As -Sunnah atau kenabian. Adapun hikmah dalam Al Qur’an, maka maksudnya adalah mengenai kebenaran dan mengamalkannya.

Hikmah kemudian  dipahami dalam arti pengetahuan tentang baik dan buruk, serta kemampuan menerapkan yang baik dan menghindari yang buruk. Siapa mampu memilih yang terbaik dan melaksanakannya serta mampu pula menghindar dari yang buruk, dia telah dianugerahi hikmah.

3 dari 4 halaman

Contoh Hikmah dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada kalanya, hikmah yang kamu peroleh biasanya juga dapat mudah dijumpai dari kehidupan sehari-hari. Melansir Brilio via Merdeka, hikmah yang kamu peroleh contohnya ketika kita melewati masa quarter-life crisis atau masa di mana menggambarkan suatu periode saat seseorang mengalami adanya krisis emosional yang ada pada dirinya. Biasanya hal tersebut akan terjadi pada usia seperempat abad, yaitu saat seseorang berusia antara 20 hingga 30 tahun.

Di fase ini seseorang rentan mengalami gejolak emosi meliputi perasaan sedih, bingung, takut, terisolasi, dan cemas akan masa depannya. Faktor pemicunya bisa datang dari permasalahan finansial, relasi, karier, serta nilai-nilai yang diyakini. Namun, di balik hal itu semua sebenarnya seseorang hanya perlu menjalaninya seperti sebagaimana mestinya.

4 dari 4 halaman

Hikmah Melewati Quarter-life Crisis

Tentunya pasti ada hikmah dalam melewati fase quarter-life crisis ini.  Beberapa hikmah yang dapat diambil dari fase ini antara lain:

1. Menjadi Seseorang yang Optimis Serta Terus Berjuang Maju dalam Hidup

Hikmah adalah suatu proses panjang yang telah dilalui oleh seseorang. Hikmah di balik kamu melewati fase ini juga sangat berguna bagi masa depan kelak, yaitu dapat membentuk kamu menjadi seseorang yang optimis serta terus berjuang dalam menjalani kehidupan.

2. Lebih Menerima Keadaan Hidup Saat Ini

Hikmah artinya suatu proses panjang yang perlu dilalui setiap orang. Ketika seseorang berada di dalam fase quarter-life crisis ini, maka hal tersebut juga dapat mengajarkan orang tersebut dapat lebih menerima keadaan hidupnya saat ini.

Krisis emosional yang kamu hadapi di usia menjelang dewasa merupakan proses untuk melatih diri menjadi seorang yang lebih bisa mengendalikan berbagai emosi yang ada pada diri. Di saat sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu dapat lebih legawa dalam menerima keadaan hidup saat ini.

3. Ajarkan Arti Kedewasaan dalam Mengambil Sikap

Hikmah artinya suatu proses yang telah dilalui seseorang dalam hal agama ataupun dalam kehidupan sehari-harinya. Ketika orang tersebut sedang dalam fase quarter-life crisis, maka hikmah yang diperoleh adalah akan dapat mengajarkan arti kedewasaan dalam mengambil sikap.

Kamu akan semakin cermat dalam mengambil setiap keputusan atau langkah hidup. Ini juga akan memengaruhi cara kamu bersikap dan bertindak. Karena di fase ini kamu juga akan dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.