Sukses

6 Mukena Bordir yang Mewah dan Elegan, Ada Beragam Warna dan Motif

Model mukena bordir banyak yang dijual dipasaran, mulai dari motif Bukittinggi hingga Kerancang Minang.

Liputan6.com, Jakarta Mukena bordir sudah banyak digunakan bagi Muslimah baik di luar negari maupun Indonesia. Mukena bordir sendiri dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko muslim maupun marketplace.

Sesuai dengan namanya, mukena bordir adalah perlengkapan sholat yang bisa berupa atasan dan bawahan maupun terusan dengan aksen bordir. Pembuatan mukena bordir dibedakan menjadi dua yakni bordir mesin dan tangan.

Ada banyak jenis mukena bordir yang dijual dipasaran. Semua mukena bordir tersebut lebih memadukan warna-warna mewah nan elegan sehingga terkesan eksklusif. Selain warna, mukena bordir juga memiliki banyak motif dan bahan yang tentunya adem saat dipakai.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai model mukena bordir yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Mukena

Sebelum mengetahui jenis mukena bordir anda perlu memahami pengertian mukena. Mukena adalah  busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim khas Indonesia dan beberapa negara serumpun Melayu (seperti Malaysia, Brunei, Singapura).

Sebenarnya dalam Islam tidak ada peraturan terperinci mengenai busana macam apa yang selayaknya dipakai untuk shalat, yang ada hanyalah prinsip-prinsip umum bahwa busana untuk shalat hendaknya menutupi aurat dan bersih dari noda atau kotoran.

Secara umum, mukena adalah busana untuk sholat wanita muslim yang menutup seluruh badan dari ujung kepala hingga kaki kecuali muka dan telapak tangan. Makena pun menjadi pakaian wajib saat menjalankan shalat sampai sekarang. Mukena sendiri memiliki beberapa jenis yakni one piece atau mukena terusan, abaya dan two piece atau mukena potongan.

3 dari 4 halaman

Model Mukena Bordir

Berikut ini terdapat beberapa model mukena bordir yang memiliki motif mewah dan elegan adalah:

1. Mukena Bordir Bukittinggi

Muken bordir Bukittinggi memiliki tampilan yang jauh lebih indah dibandingkan mukena bordir lainnya. Bordir kerancang ini langsung dijahit ke mukena, sementara bordir dari daerah lain dibuat pada kain terpisah, lalu ditempel pada mukena. Motif pada mukena bordir Bukittinggi adalah bunga-bunga yang mejalar. Bahkan, benang untuk membuat mukena bordir Bukitinggi ini dipilih dengan warna-warna yang beragam, sehingga membuat motif bunganya terlihat cantik dan mewah. Biasanya bordirnya bisa full disepanjang pinggiran mukenanya.

2. Mukena Bordir Floral Minimalis

Mukena bordir floral minimalis ini memiliki motif bunga yang hanya diberikan pada tengah mukenah dan bagian kepala. Hal ini membuatnya terlihat cantik dan tidak berlebihan. Selain itu, untuk bagian pinggiran mukena, pengrajin memotongnya dengan cara laser cut yang menjadikannya terlihat rapi. Baik pada ujung bagian atas, bagian bawahan, hingga bagian wajah sehingga ketika dipakai terlihat unik rapi.

3. Mukena Bordir Satin

Pada mukena ini bahan utamanya adalah kain satin yang membuat hasilnya tampak mewah, cantik, dan elegan. Untuk motif yang dipilih pun lebih banyak menonjolkan batik sarung khas Indonesia. Selain itu bordir motif bunga yang diberikan pada bagian atas, sangat serasi dengan bawahan mukena bordir ini.

4. Mukena Bordir Manual

Pada model mukena bordir manual ini, motif bunga yang dirbordir diletakkan dibagian tengah. Hanya saja motif bunga yang digunakan lebih banyak, bahkan di area leher juga diberi motif floral berwarna cerah. Dengan motif bunga bordir tersebut menambah kesan mewah dan elegan. Mukena bordir ini, sangat cocok jadi pilihan mukena saat lebaran atau traveling karena bahannya adem, ringan, dan mudah dibersihkan.

5. Mukena Bordir Manual Ciput

Model mukena bordir yang berikutnya adalah mukena bordir manual dengan ciput. Model ini banyak dicari muslimah karena bagian kepala terdapat ciput yang menutupi area rambut dengan sempurna. Jika dilihat sepintas, seperti mengenakan hijab ciput sehingga memberikan kesan formal nan anggun.

Model mukena bordir ini memiliki motif rangkaian bunga dan daun kecil pada bagian pinggir bawah, lalu bertingkat di atasnya terlihat serasi dengan warna utama mukena. Di bagian leher, diberikan sentuhan sedikit bordir bunga kecil.

6. Mukena Bordir Kerancang Minang

Model mukena bordir yang berikutnya adalah mukena bordir kerancang Minang. Motif kerancang Minang sendiri sudah terkenal sejak dulu, folosofi motif tersebut diambil dari adat minang yang kemudian diaplikasikan pada kain satin yang halus dan lembut.

Motif kerancang Minang sendiri tidak ditonjolkan pada seluruh mukena, namun hanya menghiasi pinggiran bawah mukena dengan perpaduan warna gradasi dari warna utama mukena. Kemudian diberi sedikit sentuhan kerancang pada bagian atas kepala, sebagai penegas kesan mewah yang ingin ditonjolkan. Sedangkan untuk bagian tubuhnya, dibiarkan polos yang membuat tampilan semakin mewah, simpel, dan elegan.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Mukena Secara Umum

Berikut ini terdapat beberapa cara memilih mukena dengan baik dan tentunya bikin nyaman saat dikenakan, yakni:

1. Kain

Pilih kain yang tidak transparan namun nyaman di kulit Anda. Pilihlah kain yang terasa dingin di kulit Anda seperti katun, rayon, maupun sutra, mungkin yang terbaik karena Anda tinggal di negara tropis yang lembab dan panas ini.

2. Motif

Karakter Anda akan menggambarkan motif yang Anda pilih. Saat ini, mukena telah dicetak dan dibuat dalam berbagai motif, printing, renda, kartun, maupun bordir semua tergantung selera dan kebutuhan.

3. Ukuran

Ukuran mukena yang sempurna tentu akan mempengaruhi kemampuan kenyamanan Anda selama menjalankan ibadah sholat. Mukena yang longgar akan membuatmu sulit bergerak. Mukena yang berukuran lebih kecil akan memperlihatkan aurat Anda.

4. Harga

Terkadang Anda hanya perlu cukup pintar untuk membelanjakan uang Anda untuk hal yang benar, bahkan jika Anda memiliki lebih dari yang Anda butuhkan. Merek yang baik tidak selalu memberikan kualitas yang baik. Jadi lebih baik kamu perhatikan dan pilih mukenamu dengan hati-hati agar uangmu tidak terbuang sia-sia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.