Sukses

Softball adalah Olahraga Permainan yang Menggunakan Bola Berukuran Kecil

Softball merupakan olahraga beregu yang terdiri dari dua tim.

Liputan6.com, Jakarta Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola berukuran kecil. Softball merupakan olahraga beregu yang terdiri dari dua tim. Softball adalah perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. 

Permainan softball ini mungkin sudah cukup dikenal, yaitu bola softball dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan.

Dalam permainan softball, terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri markah (base) pelari hingga menyentuh markah akhir yaitu home plate.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/8/2023) tentang softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Softball adalah Olahraga Permainan yang Menggunakan Bola Berukuran Kecil

Permainan softball bermula di Amerika Serikat, diciptakan di Gedung Olah Raga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock. Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil, dan dikenal juga sebagai olahraga bisbol yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil. Pada softball, pemain melempar bola dengan ayunan tangan di bawah.

Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil, di mana bolanya saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter. Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil yang nantinya akan dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Softball dimainkan oleh dua tim di lapangan softball. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil, di mana skor atau run  dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua markah secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. 

Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan softball durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

3 dari 5 halaman

Posisi dalam Softball

Pelempar bola

Permainan dimulai pada saat wasit memulai pertandingan dan meneriakkan kata “Play Ball”. Setelah pemain bertahan memasuki daerah jaganya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di tim bertahan dan pemukul bola di tim yang mendapat giliran memukul dapat dimulai. Seorang pelempar bola berdiri di atas plate dan menghadap ke arah penangkap bola. Pelempar bola akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola.

Penangkap bola

Penangkap bola softball adalah posisi yang dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pelempar bola. Catcher menggunakan helm (topeng penangkap bola) untuk melindungi kepala dan muka, pelindung tubuh untuk melindungi daerah badan dan pelindung kaki untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Posisi penangkap bola adalah jongkok di belakang pemukul bola.

Penjaga

Tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Bagian dalam yaitu penjaga markah satu (pertama), penjaga markah dua (kedua), Penjaga antara markah dua dan tiga (shortstop), dan penjaga markah tiga (ketiga). Sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), tengah (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan).

Pemukul bola

Tiap pemukul bola mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out”. Apabila 4 kali ball maka pemukul bola diperbolehkan jalan bebas ke arah markah satu (free walk). Apabila pemukul berhasil memukul bola, pemukul bola akan berlari sekuat tenaga mencapai markah satu sebelum bola pukulannya dikembalikan atau di tangkap oleh penjaga markah satu. Jika pemukul bola berhasil sampai di markah satu sebelum penjaga markah satu menangkap bola maka pemukul bola “safe”'. Namun bila penjaga markah satu lebih cepat menangkap bola, maka pemukul bola “out”.

4 dari 5 halaman

Jenis Permainan Softball

Jenis atau tipe permainan softball adalah sebagai berikut:

- Fast pitch softball, yaitu permianan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan baseball. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

- Modified pitch softball, atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di softball seperti strike zone, jarak antara markah, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil, di mana pada modball kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.

- Slow pitch softball, memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil, di mana pada slow pitch ini pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

5 dari 5 halaman

Lapangan Softball

Softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil yang dimainkan di lapangan berbentuk bujur sangkar. Lapangan softball terbagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam softball adalah terdapat 4 markah (base). Setiap markah diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari markah awal yang disebut home plate, diteruskan dengan markah pertama, markah kedua, dan markah ketiga. Markah berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat markah membentuk bentuk empat persegi yang disebut diamond. Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.