Sukses

Client adalah Perangkat yang Terhubung dengan Server, Kenali Fungsinya

Client adalah perangkat yang terhubung pada server.

Liputan6.com, Jakarta Client adalah istilah yang mungkin cukup familier di telinga banyak orang, namun belum begitu dipahami artinya oleh sebagian orang. Istilah ini memang cukup sering digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya pada bidang kumputer.

Seperti yang diketahui, perangkat komputer terdiri dari beberapa bagian penting untuk mengakses jaringan komputer. Perangkat tersebut yaitu server dan client. Kedua perangkat ini berperan penting bagi jaringan internet seseorang. 

Client adalah perangkat yang terhubung pada server. Sementara itu, server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang menerima dan menanggapi permintaan yang dibuat melalui jaringan. Server bertugas dalam mengelola sumber daya jaringan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/7/2023) tentang client.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Client adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), klien atau client adalah komputer desktop atau stasiun kerja yang melekat pada jaringan dan bergantung pada satu atau beberapa server untuk beberapa sumber daya, yaitu berkas, peranti, dan layanan lainnya. Sederhananya, client adalah perangkat yang terhubung pada server.

Dalam ilmu komputer, client adalah sebuah aplikasi atau sistem yang mengakses sebuah sistem layanan yang berada di sistem atau komputer lain yang dikenal dengan server melalui jaringan komputer. Istilah ini pertama kali diaplikasikan ke perangkat tambahan yang pada waktu itu tidak dapat menjalankan programnnya sendiri, tetapi dapat berinteraksi dengan komputer lain melalui jaringan.

Client adalah perangkat yang akan terhubung ke server melalui jaringan, contohnya melalui jaringan internet. Fungsi client adalah meminta dan megakses permintaan untuk berbagai layanan pada server. Permintaan yang dapat dilakukan client bisa berbagai macam, di antaranya permintaan untuk mengakses halaman web, mengunduh file, hingga mengakses basis data.

Contoh umum dari client adalah penggunaan internet, di mana kamu yang melakukan browsing internet berlaku sebagai client yang terhubung ke server web. Beberapa contoh lainnya dari jenis client adalah yang digunakan pengguna smartphone, desktop, dan laptop.

3 dari 4 halaman

Fungsi Client dalam Jaringan Komputer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari komputer client adalah meminta dan megakses permintaan untuk berbagai layanan pada server. Client juga dapat dinonaktifkan sewaktu-waktu. Fungsi client adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server

Fungsi utama dari komputer client adalah untuk mengakses data dan informasi yang disediakan komputer server. Setiap client mempunyai hak akses tertentu untuk mengakses layanan yang diperlukan.

2. Sebagai komputer kerja

Komputer client juga memiliki fungsi untuk bisa digunakan sebagai komputer kerja di luar layanan yang diberikan oleh komputer server.

3. Sebagai administrator

Fungsi lainnya dari komputer client adalah bisa menjadi administrator bagi komputer-komputer lain dalam suatu jaringan sesuai dengan hak akses yang diberikan oleh komputer server kepada komputer client tersebut.

4 dari 4 halaman

Mengenal Komputer Server

Server adalah suatu sistem komputer yang menyimpan berbagai jenis data. Layanan khusus pada komputer server ini akan menyimpan berbagai jenis dokumen dan menyediakan informasi untuk pengguna. Server adalah komputer yang berperan penting dalam menyediakan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data yang tersedia pada server. Bentuk fisik server adalah jaringan komputer yang berukuran besar. Isi di dalam server adalah komponen pendukung prosesor dan RAM dengan kapasitas yang sangat besar.

Fungsi Server dalam Jaringan Komputer

Server pada komputer memiliki manfaat yang berbeda-beda pada masing-masing jenisnya. Namun, server memiliki fungsi umum yang biasanya dimiliki komputer server. Fungsi server adalah sebagai berikut:

1. Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien

Komputer klien yang sudah terhubung dengan komputer server dapat mengakses data yang ada di komputer server sesuai izin dari komputer server. Mungkin tidak semua data bisa diakses komputer klien, karena untuk mengakses data ini juga perlu persetujuan dari komputer server.

2.  Pusat jaringan komputer

Komputer server berfungsi sebagai pusat sebuah jaringan komputer, yang mana komputer server yang sudah terhubung dengan komputer klien mampu mengirimkan dan menerima sebuah data yang dibutuhkan.

3. Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data

Komputer server juga menjadi perangkat yang bertanggungjawab untuk mengatur lalu lintas jaringan. Fungsi ini memudahkan komputer klien untuk tetap terhubung ke internet lewat proxy server.

4. Menjadi pusat data dan file dalam satu database

Fungsi server pada komputer juga akan menjadi sebuah pusat penyimpanan data base berupa file, dokumen, foto, vodeo, audio, hingga aplikasi, yang bisa diakses oleh komputer klien yang sudah terhubung.

5. Mengatur hak akses jaringan komputer

Komputer server juga mengatur dan memberikan hak akses kepada komputer klien yang terhubung. Server bisa memutuskan akses, memberikan akses, membatasi akses, hingga menambah akses komputer klien untuk mengambil data yang disimpan di data base komputer server.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.