Sukses

Doa Pulang Haji untuk Tamu yang Datang Menyambut dan Bersilaturahmi

Doa pulang haji pelu dilafalkan oleh jemaah haji maupun orang-orang yang menyambutnya.

Liputan6.com, Jakarta Doa pulang haji perlu dikenali oleh setiap muslim, baik bagi jemaah haji yang baru melaksanakan ibadah haji, maupun tamu yang menyambut kedatangan para jemaah. Seperti yang diketahui, sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menyambut kepulangan para jemaah haji yang baru menyelesaikan ibadah selama hampir 40 hari di Tanah Suci.

Momen kepulangan jemaah haji ini tidak hanya ditunggu-tunggu oleh keluarga dan kerabat, namun juga oleh rekan dan tetangga. Jemaah haji yang baru tiba di Tanah Air disambut dengan suka cita, bahkan tak sedikit kerabat atau tetangga yang menjemput serta berkunjung ke rumah jemaah haji.

Doa pulang haji pelu dilafalkan oleh jemaah haji maupun orang-orang yang menyambutnya. Jemaah haji tentunya melafalkan doa baik untuk orang-orang yang menyambut kepulangannya, sedangkan orang-orang yang menyambut tentu juga mendoakan kebaikan untuk jemaah haji.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/7/2023) tentang doa pulang haji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Pulang Haji bagi Jemaah Haji

Doa pulang haji dilafalkan oleh jemaah haji untuk para tamu dan kerabat yang telah menyambut dan bersilaturahmi ke rumahnya. Banyaknya orang yang menyambut jemaah haji sepulang dari Tanah Suci tidak terlepas dari doa mereka yang dipercaya mudah dikabulkan oleh Allah asalkan selama di Makkah tidak disertai maksiat. Doa pulang haji ini juga merupakan ungkapan syukur karena telah berkesempatan beribadah di Tanah Suci.

Berikut doa pulang haji sebagai ungkapan rasa syukur:

Bismillahir rahmaanir rahiim. Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin. Allahumma shalli wa sallim wabaa rik'alaa sayyidina muhammadin sholaatan tuballighuna bihaa hajja baitikal haraami waziyaarati qabri nabiyyika muhammadin.

Arti doa pulang haji:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah limpahkanlah sholawat, salam dan berkah kepada junjungan kami nabi Muhammad, dengan sholawat yang bisa menyampaikan kami untuk berhaji ke baitil haram dan ziarah ke makam nabi Muhammad."

 

Doa Pulang Haji Agar Mabrur

Selain itu, doa pulang haji juga dipanjatkan oleh jemaah agar menjadi haji yang mabrur. Berikut doa pulang haji agar menjadi haji yang mabrur:

Alhamdulillahi rabbil 'alaamiin, wash-shalatu wassalamu 'alaa asyrafil mursaliin. Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa ash habihi ajma'iin. Allahumma antubaligha yaa rabbiyal hadhiniina ziyaaratal masjidil haraami wa masjidin nabiyyi shalallahu 'alaihi wa sallam.

Allahummaj 'al hajjanaa hajjan mabruran wa sa' yan masykuran wadzan ban maghfuran wa 'amalan shalihan maqbulan watijaaratan lan tabuur. Innaka 'alaa kulli syai in qadiir. Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa 'adzabannaar. Walhamdulillahi rabbil'alamiin.

Arti doa pulang haji:

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Segala puji bagi Allah Pemelihara semesta alam. Sholawat dan salam semoga atas yang paling mulia dari para Rasul, Nabi Muhammad SAW dan segenap keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah perkenankan Engkau untuk menyampaikan orang-orang yang hadir di sini, mohon dapat menziarahi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ya Allah, jadikan haji kami haji yang mabrur, sa'i yang disyukuri dosa yang terampuni dan amal shaleh yang diterima, perdagangan yang tidak merugi, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah berikan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari siksa api neraka. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan Pemelihara seluruh alam.”

3 dari 3 halaman

Doa Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Selain doa pulang haji yang dilafalkan oleh jemaah haji, kamu juga perlu mengenali doa menyambut jemaah haji yang baru pulang ke Tanah Air. Berikut ini merupakan doa pulang haji untuk tamu yang menyambut jemaah haji pulang ke rumah:

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.

Artinya: “Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.”

Doa pulang haji ini disebutkan secara lengkap oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Azkar, yang artinya:

“Diriwayatkan kepada kami di Kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Umar RA, bahwa suatu hari seorang jejaka menemui Rasulullah, ‘Aku ingin berhaji wahai Rasul.’ Ia kemudian berjalan bersama Rasulullah. Rasul mendoakannya, ‘Zawwadakallâhut taqwa, wa wajjahaka fil khair, wa kafâkal hamma.’ Sepulang dari haji, ia menemui Rasulullah. Rasul pun mendoakan, ‘Wahai pemuda, Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.’”

 

Doa Penyambutan Jemaah Sepulang Ibadah Haji

Doa pulang haji berikutnya yaitu doa penyambutan jemaah sepulang ibadah haji. Doa ini dikutip dari hadis riwayat Abu Hurairah ra, yang juga disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar yang dikutip dari Sunan Al-Baihaqi.

Berikut bacaan doa pulang haji sebagai penyambutan jemaah sepulang dari Makkah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الحَاجُّ 

Allâhummaghfir lil hâjj, wa li man istaghfara lahul hâjj. 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini.” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.