Sukses

11 Potret Kaisar Jepang Selama Kunjungan ke Indonesia, Curi Perhatian Warga

Agenda lawatan ini dimulai sejak pesawat yang ditumpangi Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada 17 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kunjungan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito beserta Permaisuri Masako Owada menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia. Dalam agenda yang berlangsung selama sekitar satu pekan ini, Kaisar Naruhito berkesempatan melakukan kunjungan ke beberapa kota di Indonesia. Agenda lawatan ini dimulai sejak pesawat yang ditumpangi Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada 17 Juni 2023. 

Kunjungan kenegaraan ini merupakan agenda lawatan pertama Kaisar Naruhito semenjak naik tahta pada 1 Mei 2019. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga sempat mengadakan jamuan tertutup dengan beberapa warga negara Jepang yang menetap di Indonesia. Pada 23 Juni 2023 Kaisar Naruhito dan Permaisuri telah bertolak kembali ke Jepang. Berikut beberapa potret Kaisar Naruhito selama kunjungan ke Indonesia, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

 

Baginda Hironomiya Naruhito beserta Permaisuri Masako Owada mendarat di bandara Soekarno-Hatta pada 17 Juni 2023. Setelah mendarat di Soekarno-Hatta, Tangerang, rombongan Kaisar Jepang langsung bertolak ke area Jakarta Pusat.

Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako disambut oleh sekelompok anak Jepang yang berada di Indonesia. Anak-anak tersebut tampak mengibarkan bendera Hinomaru dan Merah Putih. Kaisar dan Permaisuri Jepang juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan anak-anak tersebut.

3 dari 12 halaman

2. Melihat MRT di Jakarta

Salah satu agenda Kaisar Naruhito selama berada di Jakarta adalah mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus Jakarta. Kaisar dilakukan kunjungannya pada Minggu, 18/6/2023. Setibanya di Depo MRT pukul 10.30 WIB, Kaisar Naruhito langsung menuju ruang OCC untuk melihat bagaimana tim MRT Jakarta melaksanakan tugasnya dalam pengoperasian ratangga. Selanjutnya, Kaisar Naruhito mengunjungi area workshop untuk menyaksikan semi perawatan akhir (overhaul) kereta.

Kunjungan Kaisar Naruhito ke Depo MRT Jakarta ini dinilai akan memperkuat hubungan persahabatan kedua negara, khususnya dukungan pemerintah Jepang dalam pembangunan MRT.

4 dari 12 halaman

3. Sambutan Presiden Jokowi di Istana Bogor

Presiden Joko Widodomenyambut kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat pada Senin, 19/6/2023. Kaisar Naruhito juga disambut oleh pasukan yang memakai baju adat dan mengibarkan bendera Indonesia dan Jepang. 

5 dari 12 halaman

4. Diplomasi Ikan

Dalam acara ramah tamah tersebut, Presiden Jokowi memperkenalkan satu ekor ikan arwana (Sleropages formosus) dewasa jenis super red yang berada dalam akuarium besar kepada Kaisar Naruhito. Ikan tersebut memiliki panjang hampir 60 sentimeter, serta memiliki sisik-sisik berukuran besar berwarna merah darah yang terlihat seperti menyala ketika terkena cahaya. Kaisar dan Permaisuri tampak antusias saat melihatnya.

Ikan seolah menjadi simbol persahabatan antara kedua negara yang saat ini merayakan 65 tahun hubungan diplomatik. Diplomasi ikan ini dimulai ketika Putra Mahkota Akihito berkunjung ke Indonesia pada tahun 1962. Saat itu, ia mengunjungi dan berkeliling Istana Bogor, dan terkesan dengan ikan mas yang ada di Indonesia. Ia kemudian meminta sejumlah ikan tersebut untuk dikirim ke Jepang. Ikan-ikan ini kemudian dikawinkan dengan ikan koi Jepang. Sejak saat itu, terjadi banyak perkawinan silang antara ikan mas Indonesia dan ikan mas koi Jepang.

Pada tahun 1991, Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko kembali mengunjungi Indonesia. Selama kunjungan tersebut, mereka menyerahkan sejumlah ikan koi hasil perkawinan silang tersebut kepada Indonesia. Kemudian pada tahun 2015, pemerintah Indonesia melakukan kunjungan balasan ke Jepang. Saat itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Naruhito, yang saat itu masih menjadi putra mahkota. Presiden Jokowi juga melihat koleksi ikan koi hasil perkawinan silang dengan ikan mas selama kunjungan tersebut.

6 dari 12 halaman

5. Kunjungan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga melakukan lawatan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Selasa, 20/6/2023. Kaisar dan Permaisuri meletakkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada para pehlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Dalam kunjungan tersebut tampak pula Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji.

7 dari 12 halaman

6. Melihat Koleksi Museum Nasional

Pada hari yang sama, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga mengunjungi Museum Nasional. Didampingi Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, Kaisar dan Permaisuri melihat koleksi-koleksi Museum Nasional yang mengambarkan keragaman budaya di Indonesia. 

8 dari 12 halaman

7. Bertemu Siswa SMK Mitra Industri Dan Universitas Darma Persada

Salah satu lokasi yang menarik yang dikunjungi oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri MM2100 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Alasan dipilihnya sekolah tersebut sebagai tujuan kunjungan Kaisar Naruhito adalah karena sejumlah siswa di sana memiliki kesempatan untuk menjalani praktek kerja lapangan (PKL) di Jepang.

Selain mengunjungi SMK Mitra Industri M2100, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga mengunjungi Universitas Darma Persada (Unsada). Unsada didirikan pada tahun 1986 dan merupakan inisiatif dari para alumni yang kembali dari Jepang ke Indonesia.

Selama kunjungan tersebut, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga mendapatkan penjelasan tentang sejarah dan sistem pendidikan di kampus tersebut. Mereka juga berdialog dengan sepuluh alumni Unsada, termasuk Ketua Dewan Pembina Yayasan Melati Sakura Ginandjar Kartasasmita, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

9 dari 12 halaman

8. Kunjungan ke Balai Teknik Sabo

Balai Teknik Sabo merupakan salah satu lembaga di bawah naungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR yang memiliki tugas untuk mengembangkan, merancang, dan melaksanakan layanan teknis seperti pengujian, evaluasi, inspeksi, dan sertifikasi dalam bidang sabo. Kunjungan ke Balai Teknik Sabo ini dilakukan oleh Kaisar Naruhito yang memiliki minat dalam pengelolaan sumber daya air. Ia ingin melihat kemajuan teknologi sabo yang berasal dari Jepang dan diterapkan di Indonesia.

10 dari 12 halaman

9. Bertemu Sultan Hamengku Bawono X di Keraton Yogyakarta

Pada Rabu, 21/6/2023, Kaisar Naruhito bertolak Ke Yogyakarta. Sultan Hamengku Bawono X dan Permaisuri GKR Hemas menyambut kehadiran Kaisar Naruhito di Keraton Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut Keraton Yogyakarta menyuguhkan pertunjukan Beksan Lawung, Pertunjukkan Wayang Kulit dan memamerkan beberapa koleksi diantaranya Batik, Keris, dan Manuskrip. Sebelum mengakhiri lawatannya, Yang Mulia Kaisar Jepang bersantap malam di Kagungan Dalem Bangsal Manis.

11 dari 12 halaman

10. Melihat Relief Borobudur

Setelah lawatan ke Keraton Yogyakarta, keesokan harinya Kaisar Naruhito melanjutkan agenda kunjungannya ke Candi Borobudur. Didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan pemandu dari MCB Warisan Dunia Borobudur Mura Aristina, Kaisar berkeliling komplek Candi Buddha terbesar di dunia ini. 

Dalam wawancaranya seletalh agenda kunjungan, Ganjar menyebut Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur. Baik dari segi sejarahnya, maupun filosofi dan teknologinya.

12 dari 12 halaman

11. Pulang

Rombongan Kaisar Jepang Naruhito meninggalkan Bandara Soetta sekitar pukul 11.00 WIB untuk kembali ke Tokyo, Jepang. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dipercaya untuk mengantar kepulangan Yang Mulia Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten, Jumat (23/6/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.