Sukses

7 Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari, Kenali Cara yang Benar

Manfaat menjemur bayi di pagi hari perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat menjemur bayi di pagi hari berpengaruh terhadap kesehatannya. Sebagai negara yang didukuung dengan iklim tropis, menjemur bayi telah menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun, hal ini tentunya harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Kamu tidak boleh menjemur bayi di pagi hari dengan sembarangan, karena kulit bayi yang masih sangat tipis dan sensitif membuatnya lebih rentan untuk terbakar sinar matahari. Oleh karena itu, sebelum menjemur bayi di pagi hari, kenali dulu cara yang aman agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Manfaat menjemur bayi di pagi hari perlu dilakukan dengan cara yang benar. Jika telah diterapkan dengan cara yang tepat, maka bayi akan mendapatkan manfaat dari berjemur di pagi hari. Sinar matahari akan diserap untuk menghasilkan vitamin D yang bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi, membantu penyerapan kalsium, serta mengatur sistem kekebalan tubuh bayi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/11/2020) tentang manfaat menjemur bayi di pagi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Meningkatkan Kadar Vitamin D

Salah satu manfaat menjemur bayi di pagi hari yang mungkin sudah banyak diketahui adalah dapat meningkatkan kadar vitamin D. Di lapisan kulit manusia, termasuk bayi, terdapat zat provitamin D. Zat ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari.

Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, artinya hal ini dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh bayi. Vitamin D ini sangat diperlukan oleh tubuh, salah satunya untuk membentuk gigi dan tulang bayi.

Mencegah Penyakit Kuning

Mencegah penyakit kuning merupakan salah satu manfaat berjemur di pagi hari. Hal ini disebabkan karena sinar matahari pada dasarnya mengandung cahaya dengan spektrum yang luas.

Di antara spektrum cahaya tersebut, terdapat spektrum yang dapat mengurangi kuning di kulit bayi. Spektrum tersebut akan mengurai zat bilirubin yang dapat menyebabkan kuning di tubuh bayi baru lahir.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Menghangatkan Tubuh

Manfaat menjemur bayi di pagi hari selanjutnya adalah untuk menghangatkan tubuhnya. Paparan sinar matahari dapat memberikan rasa hangat di tubuh sehingga bayi akan merasa nyaman.

Selain itu, berjemur dapat mencegah kondisi bayi mengalami hipotermia (kedinginan) yang berbahaya. Tentunya, kamu juga harus memerhatikan waktu serta kondisi cuaca saat menjemur bayi agar manfaat ini dapat diperoleh secara optimal.

Memberikan Udara yang Lebih Segar

Sirkulasi udara di luar rumah pada umumnya lebih baik dan lebih segar daripada di dalam ruangan. Udara segar dengan kadar oksigen lebih tinggi dan kadar karbondioksida yang lebih rendah sangat diperlukan bayi untuk proses pernapasannya. Oleh karena itu, mendapatkan udara segar adalah salah satu manfaat menjemur bayi di pagi hari.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Melatih Kulit Terhadap Rangsangan Panas Matahari

Kulit bayi memiliki berbagai reseptor, salah satunya reseptor terhadap suhu. Dengan menjemur, paparan sinar matahari yang mengenai bayi akan diterima oleh reseptor suhu di kulitnya. Dengan demikian, bayi dapat mengetahui rangsangan panas karena kulitnya sudah pernah mendapatkan rangsangan tersebut secara langsung dari sinar matahari.

Membuatnya Bisa Tidur Nyenyak

Manfaat menjemur bayi di pagi hari berikutnya adalah membuatnya bsisa tidur nyenyak. Hal ini karena setelah panas diterima reseptor kulit, maka rangsangan tersebut dapat diteruskan oleh bayi ke otaknya. Di otak, rangsangan tersebut akan diolah sehingga bayi mengerti bahwa ini adalah panas yang membawa kehangatan baginya. Kemudian, otak akan mengeluarkan zat serotonin yang dapat membuat bayi dapat tidur nyenyak.

Interaksi dengan Dunia Luar

Salah satu manfaat menjemur bayi di pagi hari adalah melatih bayi berinteraksi dengan dunia sekitar. Saat menjemur bayi di luar rumah, biasanya akan ada interaksi baik dengan tetangga, orang-orang berlalu-lalang, berjualan, anak-anak sekolah, dan orang-orang lainnya. Secara tak langsung, hal ini dapat melatihnya untuk tidak takut berinteraksi dengan orang lain sejak dini.

5 dari 5 halaman

Tips Menjemur Bayi di Pagi Hari

Agar manfaat menjemur bayi di pagi hari dapat diperoleh dengan maksimal, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menjemur bayi.

- Jemur bayi di bawah sinar matahari langsung sekitar pukul 7-9 pagi dengan durasi 15-20 menit. Namun, jangan biarkan bayi menatap langsung sinar matahari. Selain itu, pastikan juga kamu tidak menjemur bayi terlalu lama di bawah sinar matahari.

- Lindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung, serta pastikan kecukupan cairan tubuhnya dengan cara memberikan ASI cukup sebelum atau sesudah berjemur.

- Lepaskan pakaian bayi atau gunakan pakaian minimal agar sebagian besar tubuhnya dapat terekspos oleh cahaya matahari.

- Kamu juga dapat mengoleskan tabir surya ke tubuh bayi jika cahaya matahari pagi terlalu terik.

Itulah beberapa tips menjemur bayi di pagi hari. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum kamu menjemur bayi di pagi hari agar mendapatkan saran terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini