Sukses

25 Macam Lovebird dan Harganya, Bersuara Merdu dan Berbulu Cantik

Simak macam lovebird yang paling banyak diminati.

Liputan6.com, Jakarta Macam lovebird yang paling banyak diminati adalah burung dengan suara merdu dan warna bulu cantik. Lebih kurang ada dua puluh lima macam lovebird yang bisa dijumpai di pasaran. Harga macam lovebird tersebut berkisar ratusan hingga puluhan juta rupiah. Tertarik untuk membudidayakan?

Burung cinta atau macam lovebird berasal dari genus Agapornis yang merupakan Bahasa Yunani, agape yang artinya cinta dan ornis yang artinya burung. Sebagian besar spesies macam lovebird berasal dari Afrika dan sisanya dari Madagaskar. Nama burung cinta biasanya diamati dari karakter macam lovebird yang kerap berdekatan dan saling mencintai satu sama lain.

Macam burung lovebird memiliki masa hidup sampai 15 tahun. Nah, macam lovebird dianggap bagus dan indah apabila warnanya langka dan sulit ditemukan. Berikut Liputan6.com ulas macam lovebird dan harganya dari berbagai sumber, Jumat (23/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Lovebird dan Harganya

1. Macam Lovebird Lutino

Lovebird lutino memiliki penampilan yang lucu, aktif, dan menyenangkan. Macam lovebird ini memiliki warna kuning pada tubuhnya dan area leher serta kepala berwarna oranye kemerahan. Macam Lovebird ini cukup unggul dibanding jenis lainnya.

Pakan macam lovebird lutino sendiri tidak sembarangan, yaitu biji-bijian yang mengandung vitamin yang tinggi. Harganya pun cukup bervariasi tergantung kondisi Lovebird, yaitu kisaran Rp500.000 sampai Rp1.500.000.

2. Macam Lovebird Biola

Lovebird yang cukup langka ini memang sangat diminati kicau mania karena belum banyak ditemui. Harga Lovebird biola ini pun masih tergolong mahal yaitu kisaran 8 hingga 9 juta rupiah. Macam lovebird ini banyak tersebar di Afrika Timur, Afrika Selatan dan Negara Tanzania.

3. Macam Lovebird Euwing

Lovebird Euwing ini memiliki kepanjangan nama Eumelanin Wing, yang artinya sayap mengalami penggelapan. Sayap lovebird Euwing ini memang semakin gelap semakin ke ujung.

Lovebird ini memiliki warna kuning kehijauan gelap pada punggungnya. Jenis lovebird ini memiliki kisaran harga antara Rp2 sampai Rp5 juta.

4. Macam Lovebird Biola Blue

Lovebird yang satu ini memiliki penampilan yang cantik, perpaduan warna biru lembut dan putih seperti warna langit cerah membuat macam lovebird ini sering dicari. Harga macam lovebird biola blue bisa mencapai Rp15 hingga Rp20 juta.

Jadi bagi yang ingin memiliki jenis burung ini, bersiaplah untuk memiliki perawatan yang baik pula. Macam lovebird ini memang masih cukup sulit diternakkan.

5. Macam Lovebird Biola Euwing

Lovebird biola euwing adalah macam lovebird mutasi hasil persilangan lovebird biola dengan lovebird euwing. Lovebird biola euwing memiliki warna hijau cerah pada tubuhnya, sedangkan kepalanya berwarna oranye. Macam lovebird ini dibrandol dengan kisaran harga Rp13 hingga Rp17 juta.

6. Macam Lovebird Violet

Apabila anda ingin mendapatkan macam lovebird ini, anda harus mengawinkan lovebird yang anda miliki dengan macam lovebird violet. Lovebird jenis ini memiliki warna biru keunguan pada sayapnya, dan warna putih pada perut dan leher. Macam lovebird ini biasanya dijual kisaran Rp400.000 Rp800.000 tergantung usianya.

3 dari 5 halaman

Macam Lovebird dan Harganya

7. Macam Lovebird Muka Salem

Macam lovebird ini memiliki ciri khas muka yang kemerah-merahan. Lovebird ini bisa ditemukan di padang pasir Afrika barat daya, khususnya Gurun Namib. Macam lovebird ini sebagian besar berwarna hijau, dengan wajah merah muda merah dan pantat biru. Harga macam lovebird muka salem bisa berkisar Rp 400 ribu sampai jutaan rupiah.

8. Macam Lovebird Olive

Lovebird Olive termasuk macam lovebird yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki warna paruh merah tua dan gradasi warna yang unik. Ciri khas burung ini adalah warna putih di atas paruhnya. Harga macam lovebird Olive berkisar pada Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

9. Macam Lovebird Batman

Lovebird Batman merupakan macam lovebird yang juga cukup malah. Lovebird Batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan, maka tak heran kalau cukup sulit menemukannya. Warna macam lovebird Batman ini juga tergolong mutasi warna baru, sehingga harganya pun lumayan mahal. Untuk jenis dan harga lovebird Batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu hingga Rp 1,3 juta.

10. Macam Lovebird Topeng

Macam lovebird Topeng mempunyai warna gelap di bagian wajahnya. Warna gelap inilah yang menjadi ciri khas burung ini. Burung Lovebird Topeng hanya ditemukan di Timur Laut Tanzania dan dibudidayakan pertama kali di Kenya.

Meski pada wajahnya ada warna hitam, tetapi warna dominannya hijau. Sedangkan pada bagian dadanya berwarna kuning. Warna yang dimiliki macam lovebird jantan dan betina jenis ini sulit dibedakan karena mirip sekali. Harganya mulai dari Rp 300 ribu.

11. Macam Lovebird Kepala Elang

Lovebird ini lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti macam lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih. Harga macam lovebird kepala elang ini lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird Violet. Harga lovebird kepala elang berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari macam lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

12. Macam Lovebird Halfsider

Macam lovebird ini tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari macam lovebird yang satu ini. Ciri fisik dari lovebird Halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Harga macam lovebird Halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

4 dari 5 halaman

Macam Lovebird dan Harganya

13. Macam Lovebird Madagaskar

Burung macam lovebird madagaskar dikenal memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan ukurannya termasuk yang paling kecil dari macam lovebird lainnya. Bobot burung lovebird madagaskar ini sekitar 30 gram. Warna khas yang dimilikinya adalah hijau dan abu-abu. Jika ingin memilikinya, mungkin di Indonesia masih langka. Keberadaanya atau habitat aslinya berada di pulau Madagaskar, Afrika. Harganya bisa mencapai Rp 1,5 Juta.

14. Macam Lovebird Pipi Hitam

Macam Lovebird selanjutnya adalah lovebird Pipi Hitam. Jenis burung lovebird yang satu ini hampir mirip dengan jenis Lovebird Topeng, yaitu adanya warna hitam pada bagian muka, sehingga jenis lovebird ini hampir tidak terlihat perbedaannya dengan jenis Lovebird Topeng.

Perbedaan macam lovebird Pipi Hitam dengan macam lovebird Topeng terletak pada bagian lehernya. Jika Anda perhatikan, terdapat warna jingga yang samar pada bagian leher macam lovebird Pipi Hitam. Sedangkan pada Lovebird Topeng, bagian lehernya terdapat warna kuning.

15. Macam Lovebird Abisinia

Macam Lovebird selanjutnya adalah jenis Lovebird Abisinia. Jika dilihat sekilas, jenis lovebird ini mungkin tidak seindah macam lovebird lainnya, karena warna pada tubuhnya yang banyak didominasi warna hijau dengan tambahan warna hitam pada beberapa bagian.

Namun, yang menjadikan macam lovebird ini menarik adalah dahinya yang berwarna oranye kemerahan. Ukuran dari macam lovebird ini juga berbeda, karena lebih besar dari jenis lovebird yang lain.

16. Macam Lovebird Muka Merah

Macam Lovebird selanjutnya yaitu jenis Lovebird Muka Merah. Dari namanya saja Anda sudah tahu keunikan dari lovebird ini bukan. Lovebird Muka Merah memiliki ciri-ciri yang mencolok pada bagian wajahnya, yaitu terdapat warna merah yang menutupi bagian wajahnya. Warna merah pada wajah macam lovebird ini sudah ada sejak mereka lahir. Di Indonesia, jenis lovebird ini sudah termasuk langka.

17. Macam Lovebird Nyasa

Macam Lovebird berikutnya Lovebird Nyasa. Jenis lovebird yang satu ini juga dikenal sebagai Lovebird Lilian. Macam lovebird Nyasa memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna hijau. Burung lovebird bisa Anda temui di daerah Tanzania, Malawi, Mozambik, Zambia, dan Zimbabwe.

18. Macam Lovebird Fischer

Sesuai dengan nama macam lovebird ini, burung lovebird ini di temukan oleh seseorang yang bernama Gustav Fischer yang berasal dari Jerman. Warnanya yang cerah dan indah membuatnya banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Sebagai tambahan, selain warna yang mempesona, macam lovebird ini juga memiliki suara kicauan yang merdu.

19. Macam Lovebird Parblue

Lovebird parblue atau kepanjangannya partial blue, memiliki perpaduan warna kuning pada bagian kepalanya, sedangkan tubuhnya berwarna biru. Macam lovebird ini pertama kali ditemukan tahun 2001, Felix Del Valle di Florida.

Harga macam lovebird parblue pun tidak main-main, yaitu kisaran 5 sampai 20 juta per ekornya. Lovebird parblue ini pun masih terbagi oleh banyak jenis, yang merupakan persilangan dari lovebird lain seperti euwing dan cobalt.

5 dari 5 halaman

Macam Lovebird dan Harganya

20. Macam Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan secara keseluruhan memiliki kemiripan dengan Lovebird Biola. Namun, yang membedakan adalah macam lovebird Dakocan memiliki warna hitam di bagian kepala dan bagian lainnya berwarna hijau olive. Harga macam lovebird Dakocan ini berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per ekornya. Sedangkan untuk macam lovebird Dakocan hijau dan Dakocan biru mencapai harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

21. Macam Lovebird Albino

Macam lovebird ini juga sangat langka ditemukan di Indonesia. Lovebird albino terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Harga lovebird Albino dengan mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu. Sedangkan lovebird Albino mata merah dihargai sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

22. Macam Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt merupakan salah satu macam lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia, dibandingkan dengan macam lovebird lainnya karena memiliki varian warna yang banyak. Ciri utama macam lovebird Cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Untuk harga lovebird Cobalt ini berkisar Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu.

23. Macam Lovebird Blorok

Lovebord Blorok memiliki perpaduan warna bulu yang cantik, seperti oranye dan hijau olive. Namun, ada beberapa macam lovebird Blorok dengan warna pasblue, warna biola, dan lain sebagainya. Untuk bagian warna sayap, punggung, dan ekor lovebird Blorok seakan memiliki warna campuran di antara beberapa warna seperti kuning dan hijau. Untuk harga macam lovebird Blorok berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per ekornya.

24. Macam Lovebird Misty

Dinamakan misty karena bulu dari macam lovebird ini abu-abu menyerupai kabut. Warnanya terlihat lusuh, namun bisa memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar atau cahaya. Lovebird Misty banyak ditemukan di Indonesia karena sudah banyak diternakkan. Harga macam lovebird Misty berkisar pada Rp 700 ribu sampai Rp 2 juta.

25. Macam Lovebird Pastel

Macam Lovebird yang berikutnya adalah Lovebird Pastel. Jenis burung lovebird ini merupakan salah satu macam lovebird yang banyak diincar oleh penggemar lovebird. Tidak seperti macam lovebird lainnya, Lovebird Pastel memiliki warna yang terlihat lebih lembut.

Burung ini cenderung mudah ditemukan di Indonesia karena peminatnya yang banyak. Macam lovebird Pastel yang bisa ditemukan di Indonesia adalah macam lovebird Pastel Ijo, Lovebird Pastel Biru, dan Lovebird Pastel kuning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini