Sukses

Desain adalah Gambaran, Pahami Pengertian dan Prinsipnya

Desain bisa menembus banyak aspek kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Desain adalah salah satu bidang dalam ilmu pengetahuan. Dalam penggunaannya, desain adalah kata kerja dan bisa juga kata benda. Desain adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang seni, arsitektur, interior, dan karya kreatif lainnya.

Sering orang memandang bahwa desain adalah tentang membuat sesuatu terlihat cantik. Namun, jauh dari itu, ilmu desain bisa menembus banyak aspek kehidupan. Desain adalah konsep yang sangat luas dan artinya dapat sangat bervariasi dari satu bidang ke bidang lainnya.

Desain adalah bagian penting dalam kehidupan. Desain bisa ada di mana saja dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, desain juga mengacu pada rencana untuk mencapai tujuan. Mempelajari desain adalah sama pentingnya dengan ilmu lain.

Berikut pengertian desain, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(05/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asal usul kata desain

Kata "desain" berasal dari kata Latin designare. Designare memiliki arti untuk menggambar sebuah rencana. Secara etimologi, desain juga diyakini berasal dari bahasa Italia, "designo". Secara gramatikal ia berarti gambar. Designo artinya untuk membuat sketsa awal, untuk merencanakan dan melaksanakan percobaan, atau terbentuk dalam pikiran.

Untuk alasan ini, diperkirakan bahwa kata desain pada awalnya digunakan dalam pengertian rencana di atas kertas. Menurut KBBI, desain adalah kerangka bentuk; rancangan. Ia juga diartikan sebagai motif; pola; corak.

Kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, desain adalah proses untuk membuat dan menciptakan objek baru. Sebagai kata benda, desain adalah hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

3 dari 6 halaman

Pengertian desain secara umum

Secara umum, desain adalah proses membayangkan dan merencanakan pembuatan karya. Desain terdiri dari serangkaian proses berpikir terus-menerus tentang orang-orang terutama, mengidentifikasi tujuan, dan merencanakan cara untuk mencapainya.

Desain adalah istilah luas yang dapat diterapkan untuk membuat struktur, produk, layanan, fitur, dan proses. Tujuan desain jauh lebih erat terkait dengan strategi daripada estetika. Desain adalah proses menciptakan sesuatu dengan sengaja sekaligus mempertimbangkan tujuan, fungsi, ekonomi, faktor sosial budaya, dan estetika.

4 dari 6 halaman

Pengertian desain menurut ahli

Archer

Desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui pelbagai bidang pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya, terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai dan pelbagai tujuan benda buatan manusia.

Widagdo

Desain adalah salah satu manifestasi kebudayaan yang berujud dan merupakan produk nilai-nilai untuk kurun waktu tetentu.

Beta

Desain merupakan suatu proses kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan dalam hal yang menyangkut perancangan suatu objek yang bersifat fungsional atau estetis. Yang pada prinsipnya melihat aspek teknis, fungsi, material, tanpa melepaskan unsur warna, garis, tekstur, keseimbangan komposisi, dan bentuk.

Industrial Designers Society of America (IDSA)

Desain adalah layanan profesional dalam menciptakan dan mengembangkan konsep dan spesifikasi yang mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk dan sistem untuk saling menguntungkan antara pengguna dan produsen.

5 dari 6 halaman

Prinsip desain

Secara umum, ada tujuh prinsip desain. Prinsip-prinsip desain adalah aturan yang harus diikuti seorang desainer untuk menciptakan komposisi yang efektif dan menarik. Prinsip desain adalah meliputi:

Keseimbangan

Keseimbangan memberikan desain bentuk dan stabilitasnya. Keseimbangan dalam desain adalah tentang membantu mata pemirsa menelusuri konten dengan cara yang membantu pemahaman. Keseimbangan simetris misalnya, memberikan bobot elemen secara merata di kedua sisi desain, sedangkan keseimbangan asimetris menggunakan kontras untuk meratakan aliran desain

Keselarasan

Harmoni atau selaras adalah paduan dari unsur-unsur yang berbeda dekat. Ketika unsur-unsur dipadukan secara berdampingan akan timbul kombinasi yang menimbulkan suatu keserasian. Keselarasan adalah prinsip penting desain. Ini membantu menciptakan tampilan yang tajam dan teratur untuk desain yang pada akhirnya lebih baik dengan memastikan berbagai elemen memiliki hubungan yang menyenangkan satu sama lain.

Kesatuan

Kesatuan mengacu pada bagaimana elemen yang berbeda dari sebuah karya seni atau desain bekerja bersama-sama dan menciptakan rasa keutuhan. Hal ini dapat dicapai melalui kedekatan, kesederhanaan, pengulangan dan kelanjutan.

6 dari 6 halaman

Prinsip desain

Kedekatan

Kedekatan juga membantu dalam menciptakan organisasi pada desain, karena elemen serupa atau terkait harus dikelompokkan bersama untuk menciptakan hubungan di antara mereka. Idealnya, perancang desain mengelompokkan elemen bersama-sama dengan cara yang membantu mendeklarasikan keseluruhan desain dan mendukung pemahaman informasi.

Irama

Repitisi atau irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Repitisi atau ulang merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang dan waktu, bersifat satu matra yang dapat diukur dengan interval ruang.

Kontras

Kontras adalah apa yang orang maksudkan ketika mereka mengatakan sebuah desain menarik. Kontras menciptakan ruang dan perbedaan antara elemen dalam desain. Kontras terjadi ketika dua elemen desain bertentangan satu sama lain, seperti hitam dan putih, tebal dan tipis, modern dan tradisional.

Proporsi

Proporsi adalah ukuran visual dan berat elemen dalam komposisi dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.