Sukses

22 Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits, Wajib Banget Dikunjungi

Ini tempat wisata Makassar yang pesona alamya wajib banget dijelajahi!

Liputan6.com, Jakarta Wisata Makassar terbaru dan paling hits menyuguhkan banyak penampang alam yang menakjubkan. Mulai dari pegunungan, pantai, sampai pulau-pulau yang konon masih perawan. Saat sedang berada di kota Makassar, Sulawesi Selatan, jangan sampai tempat wisatanya dilewatkan ya!

Belajar tentang ratusan spesies kupu-kupu endemik Indonesia, Taman Nasional Bantimurung adalah jawabannya. Bantimurung ini salah satu wisata Makassar terbaru dan paling hits yang cocok dikunjungi bareng keluarga, teman, dan pasanganmu.

Tak bisa dipungkiri juga bahwa kota Metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur ini punya banyak pantai yang selalu bikin wisatawan ketagihan datang. Airnya jernih, berwarna biru, berpasir putih, dan masih sangat asri. Langsung saja berikut Liputan6.com ulas wisata Makassar terbaru dan paling hits dari berbagai sumber, Selasa (25/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Pegunungan Karst Rammang Rammang adalah salah satu tempat wisata Makassar terbaru dan paling hits yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata Makassar terbaru dan paling hits ini berada sekitar 40 km dari Kota Makassar atau bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1,5 jam.

Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini adalah pegunungan kapur terluas kedua di dunia setelah Batu Tsingy di Madagaskar. Dengan suguhan pemandangan yang menawan, Anda bisa mengambil banyak foto menarik untuk diunggah di media sosial.

Pantai Ide

Pantai Ide merupakan wisata Makassar terbaru dan paling hits yang berada di kota kecil di Kabupaten Luwu Timur. Melalui jalan darat selama kurang lebih 15 jam dari Kota Makassar, kalian akan disuguhkan pemandangan khas Pantai Ide. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini berbeda dari pantai kebanyakan, pantai ide sumber airnya dari Danau Matano. Karena itu kita tidak akan menjumpai pasir putih di pantai ini. Namun pemandangan di Pantai Ide ini tidak kalah bagus dengan pantai-pantai yang memiliki pasir putih.

Air Terjun Bissappu, Bantaeng

Air Terjun Bissappu, Bantaeng adalah wisata Makassar terbaru dan paling hits yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda menyukai pemandangan curug atau air terjun yang menyegarkan, ini bisa menjadi pilihan ketika sedang berkunjung ke kota Makassar.

Anda bisa menikmati keasrian lingkungan yang masih terjaga di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini. Ada banyaknya bebatuan sungai yang ada di sekeliling air terjun. Suasana sejuk yang ada juga bisa menambah kenyamanan tersendiri.

Pantai Losari

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Makassar. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam. Pantai ini juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini kalian bisa memancing, naik banana bots dan sepeda air. Selain itu, kalian dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

3 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Pulau Tinabo, Selayar

Tempat wisata Makassar terbaru dan paling hits yang berupa pulau indah berikutnya adalah Pulau Tinabo, Selayar. Bukan hanya memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona, Pulau Tinabo juga menyuguhkan pemandangan darat yang tidak kalah menarik.

Pulau wisata Makassar terbaru dan paling hits ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Selayar, Sulawesi Selatan ini termasuk dalam Taman Laut Nasional Taka Bonerante. Di sini, Anda juga bisa mengkesplor indahnya pemandangan terumbu karang dengan aktivitas menyelam.

Pulau Samalona

Terletak di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini terkenal dengan eksotisme khususnya keindahan bawah lautnya. Pamandangan wisata Makassar terbaru dan paling hits di bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia.

Pulau Bulupole

Pulau Bulupole terletak di Teluk Bone, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya alam pegunungan yag menyatu dengan keindahan pesisir pantai. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki bentangan pasir putih halus yang mengitari pulau. Tak ketinggalan cantiknya keindahan bawah laut yang memanjakan mata.

Pantai Tete Tonra

Pantai Tete terletak di Kabupaten Bone. Pantai berpasir putih ini tak pernah sepi dari wisatawan. Selain lokasi wisata Makassar terbaru dan paling hits yang sangat memesona, Pantai Tete merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan. Pesona pasir putih ini semakin sempurna saat air laut mulai surut. Saat air laut surut, sebuah jalan setapak selebar 3-6 meter sepanjang 1 kilometer terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di timur Pantai Tete.

4 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira dikenal dengan pasir putih yang halus dengan air laut yang biru. Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini telah dilengkapi fasilitas berupa penginapan seperti villa, hotel, bungalow dan restoran. Di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, kalian juga dapat melihat keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang Loe dan pulau tak berpenghuni.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Wisata Makassar terbaru dan paling hits atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari wisata Makassar terbaru dan paling hits di Takabonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Taman Nasiona Taka Bonerate terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

Pantai Apparalang

Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira. Pesona wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki tebing karang yang sangat unik. Banyak orang yang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi kalian yang ingin menikmati pantai ini bisa menaiki menara biru yang menjulang tinggi. Dari puncak menara kalian dapat melihat keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

5 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Taman Nasional Bantimurung

Di Taman Nasional Bantimurung, terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Kawasan wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki luas kurang lebih mencapai 43 ribu hektare dengan ekosistem dan kekayaan alam yang luar biasa.

Taman Nasional Bantimurung dikenal sebagai surganya kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly. Total terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu yang terdapat di kawasan wisata Makassar terbaru dan paling hits ini. Taman nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Pulau Kadingareng Keke

Pulau Kadingareng Keke adalah wisata Makassar terbaru dan paling hits. Banyak orang menyebut tempat wisata Makassar terbaru dan paling hits ini sebagai surga tersembunyi di Makassar. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Losari, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 14 km.

Di wisata Makassar terbaru dan paling hits ini, Anda tentu saja bisa menikmati pemandangan indah dengan hamparan air laut biru yang jernih. Jika ingin berlibur di pulau ini, Anda perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman karena tidak ada orang yang berjualan di pulau tak berpenghuni ini.

Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros

Tempat wisata wisata Makassar terbaru dan paling hits berikutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melihat hasil karya manusia pasa zaman purba, seperti hasil gambar tangan dan rusa yang ada pada dinding goa.

Ini bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata Makassar terbaru dan paling hits ala edukasi yang cocok untuk keluarga. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan artistik, gua, dan bebatuan raksasa yang bisa menjadi latar belakang foto menarik.

6 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Pantai Panrang Luhu

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukmba, jarak pantai dari pusat kota sekitar 37 km. Pesona keindahan wisata Makassar terbaru dan paling hits tak kalah dari Tanjung Bira apalagi dikunjungi sore hari saat matahari terbenam. Panrang Luhu dalam bahasa setempat berarti pekuburan orang Luwu.

Terlepas dari namanya yang sedikit seram, pantai ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pada pantai ini. Panrang Luhu dikenal sebagai tempat penghasil kapal phinisi. Begitu masuk area pantai kalian akan disambut pemandangan barisan kapal.

Pantai Punaga

Pantai Punaga terletak di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini merupakan wisata Makassar terbaru dan paling hits yang cukup indah, karena pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan snorkling, berenang, juga memancing. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di bali. Namun yang harus kalian waspadai di sini yaitu batu karang yang sangat tajam dan licin.

Pegunungan Latimojong

Pegunungan Latimojong merupakan titik tertinggi di Sulawesi Selatan. Pegunungan Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang merupakan bagian dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Titik tertinggi dari pegunungan ini dinamai Puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl.

Pantai Seruni

Pantai Seruni di Kabupaten Bantaeng ini menjadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan. Pantai Seruni merupakan hasil reklamasi sepanjang 1,5 kilometer. Nama Seruni diambil dari nama sebuah bunga, yaitu bunga seruni yang memiliki arti emas.

Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Kalian juga akan mendapatkan suasana pantai yang tenang dan eksotis. Pantai ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berlibur tanpa keramaian. Ciri khas pantai ini adalah hamparan pasir putih.

7 dari 7 halaman

Wisata Makassar Terbaru dan Paling Hits

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dulunya wisata Makassar terbaru dan paling hits ini berfungsi sebagai pusat perdagangan. Kini Benteng Somba Opu menjadi objek wisata bersejarah dengan beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan.

Pantai Marumasa

Bicara tentang pantai di Kabupaten Bulukumba, tidak ada habisnya. Satu lagi pantai yang memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki panjang kurang lebih 150 meter, spotnya keren banget. Ada spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

Benteng Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' Kallonna. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini awalnya berfungsi sebagai markas pasukan katak Kerajaan Gowa-Tallo. Kini benteng ini telah menjadi destinasi wisata sejarah Makassar dengan museum sejarah di dalamnya.

Pantai Bibir

Pantai Bibir adalah salah satu pantai indah yang ada di Kota Pare Pare. Menuju ke arah selatan kota, wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memperlihatkan pemandangan sunrise dan sunset. Pantai ini banyak dikunjungi anak muda dan wisatawan asing.

Pantai ini terletak di pusat Kota Pare Pare, sekitar persimpangan Jalan Bau Massepe dan Jalan Mattirotasi. Wisata Makassar terbaru dan paling hits ini memiliki pemandangan lepas ke arah teluk Pare Pare. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti gazebo, taman, dan jogging track.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.