Sukses

7 Bahan Alami Pengganti Pewangi Mobil, Lebih Murah dan Praktis

Bahan alami pengganti pewangi mobil bisa menjadi solusi murah dan sehat

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami pengganti pewangi mobil bisa menjadi solusi murah dan sehat. Ada beberapa orang yang tidak bisa menghirup zat kimia yang terkandung dalam pewangi mobil. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi orang-orang tersebut.

Memanfaatkan bahan alami atau rempah-rempah sebagai pewangi mobil alami tentu akan menghindarkan kamu dari menghirup zat kimia berbahaya secara terus menerus dari pewangi mobil berbahan kimia.

Bahan alami pengganti pewangi mobil bisa menjadi pilihan yang tepat.  Selain dapat menghindarkan kamu dari berbagai macam masalah kesehatan karena zat kimia, hal ini tentunya juga lebih murah dan menghemat pengeluaran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019) beberapa bahan alami pengganti pewangi mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kopi

Salah satu bahan alami pengganti pewangi mobil yang cukup sering digunakan adalah kopi. Menghilangkan bau-bauan dengan aroma kopi memang sudah lazim ditemui dan terkenal ampuh. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau di dalam mobil dengan kopi terutama yang berbentuk bubuk.

Pertama, kamu bisa menaburkannya langsung pada sumber bau dalam mobil. Kedua, kamu bisa menempatkan bubuk kopi tersebut dalam wadah dan menaruhnya pada sumber bau.

3 dari 8 halaman

Irisan Daun Pandan

Selain kopi, irisan daun pandan juga dapat kamu gunakan sebagai bahan alami pengganti pewangi mobil. Menggunakan bahan alami tak hanya dapat menghindarkan kamu dari resiko penyakit pernapasan yang diakibatkan oleh pemakaian pewangi sintetis kimiawi, tapi tentunya juga lebih hemat untuk kantong.

4 dari 8 halaman

Sereh

Sereh juga dapat digunakan sebagai bahan pengharum mobil bagi kamu yang suka baunya. Di dalam sereh terkandung minyak atsiri yang bermanfaat meningkatkan fungsi sistem saraf. Minyaknya gampang keluar dan teroksidasi dengan udara.

Semakin teroksidasi, semakin segar baunya. Cara penggunaannya adalah cukup ambil 20-25 tangkai sereh dan patahkan, lalu simpan di bawah jok.

5 dari 8 halaman

Kayu Manis

Kamu juga bisa memanfaatkan rempah beraroma khas ini sebagai bahan alami pengganti pewangi mobil. Letakkan kayu manis di dalam wadah kecil atau di dalam kantong jala. Selain menebarkan aroma khas, bentuknya yang unik bisa juga dijadikan hiasan di dalam mobil.

6 dari 8 halaman

Bunga Melati

Bunga melati terkenal dengan wanginya yang khas. Bunga ini mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga Rp30-40 ribu per kg. Sebagai bahan alami pengganti pewangi mobil, cukup pakai seperempat kilogram dan tebarkan di bawah jok penumpang.

Bunga ini memiliki wangi yang berfungsi sebagai aromaterapi yang efektif mengendurkan saraf yang kencang, kecemasan, dan gangguan pada saraf.

7 dari 8 halaman

Bunga Kenanga

Bunga Kenanga juga bisa kamu jadikan bahan alami pengganti pewangi mobil. Daun Kenanga tunggal setangkai, berbentuk bulat telur dengan pangkal daun mirip jantung. Kenanga memiliki minyak atsiri yang wanginya mengandung beberapa unsur penting seperti eugenol, linalool, dan geranio sebagai insektisida alami.

8 dari 8 halaman

Baking Soda

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau tidak sedap di dalam mobil. Kamu bisa menebarkan baking soda pada jok atau karpet mobil kemudian membersihkannya menggunakan vacuum cleaner setelah mendiamkan sekitar 15 menit.

Cara lainnya, siapkan wadah kecil. Masukkan baking soda dan beberapa tetes minyak esensial favorit kamu. Letakkan di dalam mobil. Campuran baking soda dan minyak esensial akan menghasilkan aroma segar dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.