Sukses

12 Jenis Penyakit Kulit Tidak Menular, Penyebab dan Perawatannya

Penyakit kulit sangat umum terjadi dan bisa dialami siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta Jenis penyakit kulit sangat umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Jenis penyakit kulit sangat bervariasi gejala dan tingkat keparahannya. Mereka bisa bersifat sementara atau permanen, dan mungkin tidak menyakitkan atau menyakitkan. Beberapa jenis penyakit kulit, ringan dan bisa diobati, sementara lainnya bisa serius dan memerlukan perawatan khusus.

Jenis penyakit kulit terbagi menjadi kondisi yang menular dan tidak menular. Jenis penyakit kulit menular umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Sementara jenis penyakit kulit tidak menular disebabkan oleh iritasi atau kondisi kesehatan lainnya.

Jenis penyakit kulit tidak menular punya penanganan yang berbeda. Berikut jenis penyakit kulit tidak menular dan penyebabnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(13/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Biang keringat

Biang keringat atau milaria merupakan kondisi kulit yang sering dijumpai pada bayi dan anak. Miliaria dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun miliaria biasanya terjadi pada daerah wajah, leher dan punggung. Jenis penyakit kulit ini bisa terjadi karena kelembapan udara yang tinggi atau panas, pakaian terlalu ketat, dan kurangnya kebersihan kulit. Biang keringat bisa diatasi dengan menerapkan losion atau bedan kalamin dan mandi dengan air dingin dan sabun yang tidak mengeringkan.

Biduran

Bidur, atau bekas yang sering gatal, datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka paling sering disebabkan oleh alergi, paling umum reaksi terhadap makanan seperti kacang-kacangan, susu, telur, kerang, atau buah jeruk. Biduran atau bentol juga bisa dipicu oleh gigitan serangga dan sengatan, atau obat-obatan.

Bidur dapat muncul dalam beberapa menit setelah terpapar alergen atau bisa memakan waktu hingga dua jam. Biduran biasanya hilang tanpa pengobatan, tetapi obat antihistamin sering membantu dalam mengatasi gejala.

3 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Jerawat

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit tidak menular yang sangat umum dialami. Jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang kemudian menyumbat folikel rambut. Sumbatan ini kemudian meradang dan menyebabkan jerawat. Jerawat bisa diatasi dengan menjaga kebersihan kulit, melembapkan kulit, dan menggunakan obat jerawat.

Eksim

Eksim adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan bercak-bercak kulit yang gatal dan meradang. Penyebab eksim terkait dengan bocornya penghalang kulit. Hal ini menyebabkan area tersebut mengering, sehingga berisiko iritasi dan peradangan.

Eksim sering terlihat pada bayi dan anak kecil, muncul di wajah bayi. Tetapi eksim bisa datang dalam berbagai jenis pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Eksim bisa diatasi dengan rutin melembapkan kulit, menghindari iritan, dan menggunakan krim untuk meredakan gatal.

4 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan cepat sel-sel kulit. Psoriasis adalah hasil dari proses produksi kulit yang dipercepat. Biasanya, sel-sel kulit tumbuh jauh di dalam kulit dan perlahan-lahan naik ke permukaan. Akhirnya, mereka jatuh. Siklus hidup khas sel kulit adalah satu bulan.

Pada orang dengan psoriasis, proses produksi ini dapat terjadi hanya dalam beberapa hari. Karena itu, sel-sel kulit tidak punya waktu untuk lepas. Sisik psoriatik khas berwarna keputihan-perak dan berkembang dalam bercak merah tebal. Terkadang, kulit akan retak dan berdarah.

Perawatan psoriasis bertujuan untuk menghentikan sel-sel kulit tumbuh begitu cepat dan untuk menghilangkan sisik. Pilihan termasuk krim dan salep (terapi topikal), terapi cahaya (fototerapi), dan obat oral atau injeksi.

Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan atau infeksi yang dapat memengaruhi satu atau lebih folikel rambut. Folikel rambut adalah rongga kecil yang mengelilingi akar rambut. Folikulitis dapat terjadi pada kulit di mana pun rambut tumbuh, termasuk kulit kepala. Folikulitis biasanya muncul sebagai benjolan kecil. Ini mungkin terlihat seperti jerawat atau ruam.

Perawatan folikulitis berfokus pada pengendalian iritasi dan infeksi. Krim, pil, atau sampo bisa membantu mengatasi folikulitis. Folikulitis ringan bisa diatasi dengan kompres hangat dan rutin membersihkan kulit.

5 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Vitiligo

Vitiligo merupakan kelainan autoimun, ditandai dengan bercak yang lebih terang pada kulit. Kondisi ini terjadi ketika tubuh menyerang sel yang disebut melanosit yang menghasilkan pigmen yang memberi warna kulit dan rambut. Vitiligo tidak dapat disembuhkan, tetapi beberapa perawatan dapat membantu mengembalikan warna kulit terlihat lebih rata. Perawatan vitiligo dapat memperbaiki penampilan kulit tetapi tidak menyembuhkan kondisinya.

Rosacea

Rosacea paling sering ditandai dengan kemerahan di hidung dan pipi. Penyebab rosacea tidak diketahui, tetapi bisa jadi karena kombinasi faktor keturunan dan lingkungan. Rosacea tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk. Perawatan seperti antibiotik atau obat anti-jerawat dapat mengontrol dan mengurangi gejala.

 

6 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Dermatitis kontak

Dermatitis adalah istilah umum untuk peradangan kulit. Dermatitis menyebabkan kulit terlihat kering, bengkak, dan merah. Dermatitis kontak terjadi ketika suatu zat menyentuh kulit dan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Reaksi ini dapat berkembang lebih lanjut menjadi ruam yang membakar, menyengat, gatal, atau melepuh. Dermatitis kontak bisa diatasi dengan menjauhi pemicu. Obat antihistamin juga bisa membantu jika dermatitis disebabkan oleh alergi.

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris atau kulit ayam adalah jenis penyakit kulit yang menyebabkan bercak-bercak benjolan kasar muncul di kulit. Benjolan atau jerawat kecil ini sebenarnya adalah sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. Mereka terkadang tampak berwarna merah atau coklat.

Tidak ada obat yang diketahui untuk menyembuhkan keratosis pilaris. Meskipun kondisinya tidak dapat disembuhkan, perawatan seperti mandi air hangat, eksfoliasi, menggunakan pelembap, dan menghindari pakaian ketat bisa membantu meminimalkan benjolan, gatal, dan iritasi.

7 dari 7 halaman

Jenis penyakit kulit tidak menular

Melasma

Melasma adalah jenis penyakit kulit tidak menular yang menyebabkan bercak gelap dan perubahan warna pada kulit. Tidak sepenuhnya jelas apa yang menyebabkan melasma. Sensitivitas estrogen dan progesteron juga terkait dengan kondisi ini. Selain itu, paparan sinar matahari dapat menyebabkan melasma karena sinar ultraviolet mempengaruhi sel-sel yang mengontrol pigmen (melanosit). Stres dan penyakit tiroid juga dianggap sebagai penyebab melasma.

Bagi sebagian wanita, melasma hilang dengan sendirinya. Ini biasanya terjadi ketika itu disebabkan oleh kehamilan atau pil KB. Prosedur lain untuk melasma termasuk pengelupasan kimia, mikrodermabrasi, dermabrasi, perawatan laser, atau prosedur berbasis cahaya.

Ruam popok

Ruam popok adalah kondisi umu kulit yang meradang (dermatitis) yang muncul dalam bentuk bercak kulit merah cerah di pantat bayi. Ruam popok sering dikaitkan dengan popok basah atau jarang diganti, sensitivitas kulit, dan gesekan. Perawatan terbaik untuk ruam popok adalah menjaga kulit bayi sebersih dan sekering mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini