Sukses

10 Wisata Kota Bogor yang Paling Populer, Bikin Liburan Makin Seru

Banyak tempat wisata menarik di Bogor, mulai tempat bersejarah hingga alam yang memesona.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota Bogor yang sangat populer bisa kamu jadikan alternatif ketika mengunjungi kota hujan. Mulai dari keindahan kota, dataran tinggi, hingga keasrian alam dapat kamu nikmati di tempat wisata kota Bogor.

Wisata kota Bogor yang paling populer merupakan destinasi favorit banyak orang, baik lokal, liar daerah, bahkan mancanegara. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat wisata kota Bogor yang populer.

Tempat wisata kota Bogor biasanya ramai pada waktu libur panjang dan libur akhir pekan. Kemudahan akses serta tarif yang sangat terjangkau membuat tempat wisata kota Bogor tak pernah sepi pengunjung.

Destinasi wisata di kota Bogor pun menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber 10 wisata kota Bogor yang wajib kamu kunjungi, Kamis (14/11/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor

Kebun Raya Bogor

Mengunjungi kota Bogor, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata kota Bogor yang sangat populer.

Kebun Raya Bogor Memiliki luas 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari kerajaan Sunda.

alah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia. Selain melihat koleksi bunga lokal dan berbagai negara, di sini pengunjung juga bisa mengunjungi pusat-pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan perpustakaan.

Istana Bogor

Selain Kebun Raya Bogor, tempat wisata kota Bogor yang sangat populer dan wajib dikunjungi adalah Istana Bogor. Istana kepresidenan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor. 

Tempat ini sudah sangat terkenal karena merupakan tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain. Istana ini dikenal unik dengan kehadiran rusa-rusa yang dipelihara di halaman istana. 

Pada kesempatan tertentu, masyarakat umum bisa masuk mengunjungi istana ini. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, kamu juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

3 dari 6 halaman

Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara

Kebun Raya Cibodas

Sebelum menuju Puncak Bogor, kamu bisa berkunjung sebentar ke kawasan jalur arah Puncak antara Taman Safari-Cipanas. Ada destinasi wisata Puncak Bogor yang tak biasa, yaitu Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas yang terletak di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur.  

Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat kamu temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini. Kamu bisa menikmati indahnya bunga Sakura di taman ini sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan iklim dan kontur tanah yang dengan tempat aslinya, Jepang.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini.

Kamu bisa mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu seperti Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih. Ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

4 dari 6 halaman

Taman Safari Bogor dan Mekarsari

Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor merupakan merupakan yang pertama kali ada di Indonesia. Di sini kamu bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang masih asri dan indah. Tentunya lengkap dengan flora dan fauna di dalamnya yang bahkan beberapa ada yang dilepaskan secara bebas.

Taman Safari Bogor merupakan tempat wisata alam Bogor yang bisa kamu kunjungi dengan keluarga. Selain menjadi tempat untuk refresing, tempat ini juga bisa menjadi tempat edukasi untuk anak-anak. Terdapat kurang lebih 2.500 spesies satwa yang ada di sini.

Taman Wisata Buah Mekarsari

Wisata kota Bogor populer selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Wisata Buah Mekarsari merupakan salah satu taman wisata buah terbesar yang ada di Indonesia. Ada kurang lebih 1.500 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon di lahan seluas kurang lebih 265 hektar ini.

Banyak sekali paket wisata yang ditawarkan di sini. Mulai dari jalan-jalan mengintari taman menggunakan kereta, mencicipi hasil buah yang ada sepuas-puasnya, dan belajar menanam, hingga memetik buah yang dapat dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak.

5 dari 6 halaman

Paralayang dan Little Venice

Paralayang Bukit Gantole Puncak Bogor

Destinasi wisata Puncak Bogor ini cocok buat kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto.

Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Kamu bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Nantinya kamu akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang sudah terjamin keamanannya.

Little Venice Puncak

Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan menggunakan arsitektur yang sangat mirip dengan kota Venesia di Italia. Di sini kamu bisa mencoba berbagai macam permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak hingga gondola yang bisa kamu dayung sendiri.

Kamu juga bisa memanfaatkan petugas untuk mendayung gondola. Sementara kamu hanya duduk santai menikmati pemandangan Puncak Bogor yang indah dari atas gondola.

 

6 dari 6 halaman

Taman Nasional Gunung Gede dan Wisata Air Panas

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat wisata alam di Bogor yang sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka mendaki dan menikmati suasana pegunungan. Ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa

Di sini kamu akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik. Jika beruntung, kamu bisa menemukan Bungan Edelweis di area taman nasional ini.

Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.

Wisata Air Panas

Bogor dikenal sebagai kota hujan dengan cuaca yang dingin. Untuk mendapatkan kehangatan di kota hujan ini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata air panas di Bogor.

Ada dua wisata air panas di Bogor yang cukup populer, yaitu Air Panas Ciparay dan Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Kedua wisata alam ini cukup terkenal bagi wisatawan yang ingin menikmati hangatnya mandi atau berendam dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini