Sukses

12 Tempat Wisata di Berau, Tawarkan Berjuta Pesona Keindahan

Tempat wisata di Berau yang sangat mempesona.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Berau, Kalimantan Timur ini benar-benar menggugah batin para traveller. Pasalnya ada begitu banyak keindahan alam yang begitu memesona bagi siapa saja yang hadir di sana.

Tempat wisata di Berau ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin berwisata dengan nuansa alam seperti pantai dan keindahan bawah laut di banyak kepulauan kabupaten Berau. 

Tidak hanya memesona jika dipandang mata saja, tetapi tempat wisata di Berau juga menjadi spot foto menarik bagi kamu yang suka hunting foto alam. Jika ada yang berminat untuk melakukan foto prewedding juga bisa loh.

Menjadi nilai lebih juga karena tempat wisata di Berau ini belum banyak yang mengetahuinya. Semakin penasaran bukan? Karena tempat wisata yang tersembunyi memang selalu menakjubkan. Berikut tempat wisata di Berau, Kalimantan Timur yang sudah dirangkum oleh Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berau: Labuan Cermin, Pulau Kakaban, dan Pulau Derawan

1. Wisata Labuan Cermin

Wisata Labuan Cermin di Berau ini memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan karena ada dua rasa air danau di sana. Rasa air asin dan rasa air tawar. Lokasi Labuan Cermin ini berada di kecamatan Biduk-Biduk.

Dari pusat kota ke tempat wisata ditempuh selama 5 jam perjalanan. Lumayan lama tetapi saat tiba di lokasi akan terbayarkan sekali. Di Labuan Cermin wisatawan akan ditawari untuk menaiki kapal untuk menyusuri setiap sudut danau, dengan harga hanya Rp 20 ribu saja.

2. Wisata Pulau Kakaban

Wisata Pulau Kakaban di Berau ini memiliki pesona keasrian alam yang benar-benar alami. Ada banyak spesies flora, fauna, juga biota laut langka. Selain itu ada juga ubur-ubur dan ikan hias khas danau Kakaban yang bisa dilihat dari atas perahu karena kejernihan airnya.

3. Wisata Pulau Derawan

Wisata Pulau Derawan ini memiliki pesona keindahan bawah lautnya. Di tempat wisata ini wisatawan bisa melakukan snorkelling dan diving.

Dan jika wisatawan bersedia menelusuri lebih jauh alam bawah lautnya, maka akan bertemu dengan spesies ikan hiu tutul dan penyu yang lucu-lucu.

Tidak perlu khawatir akan menggigit, karena spesies bawah laut ini sudah sangat akrab dengan keberadaan manusia atau wisatawan.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berau: Pulau Sanglaki, Pulau Maratua, dan Teluk Sulaiman

4. Wisata Pulau Sangalaki

Wisata Pulau Sangalaki memiliki pesona keindahan pada biota lautnya, terkhusus penyu laut. Di tempat wisata ini juga ada sarana untuk edukasi seperti melakukan penelitian pada telur penyu.

Tidak hanya itu tetapi wisatawan juga diperbolehkan untuk menyelam menyusuri setiap bibir pantai di Pulau Sangalaki.

Tidak perlu khawatir jika ingin menikmati keindahan pantai lebih lama dari biasanya, karena di tempat wisata ini tersedia banyak tempat penginapan milik masyarakat lokal.

5. Wisata Pulau Maratua

Wisata Pulau Maratua ini memiliki pesona keindahan pada pantai pasir putihnya. Tidak hanya berwarna putih tetapi tempat wisata ini menjadi semakin kontras karena bersih sekali.

Selain itu keadaan ombak pantai di Pulau Maratua cukup landai, jadi sangat cocok jika hendak digunakan untuk bersantai, dan menikmati kesejukan suasana pantainya.

Ada banyak pohon mangrove juga di pantai ini. Bahkan fasilitas snorkelling juga sudah tersedia di sini. Ada banyak ikan Manta dan Hiu yang hidup di pantai Maratua ini.

6. Wisata Teluk Sulaiman

Wisata Teluk Sulaiman ini memiliki pesona keindahan pantai pasir putihnya. Ada banyak sekali pohon yang membentang di setiap bibir pantai. Sehingga pantai di Teluk Sulaiman ini menawarkan kesejukan pantai yang begitu menenagkan.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berau: Air Terjun Pahlawan, Air Panas Asin Biatan, dan Pulau Kaniungan

7. Wisata Air Terjun Pahlawan

Wisata Air Terjun Pahlawan ini menawarkan pesona keindahan air terjun pegunungan yang menakjubkan. Bahkan air terjun ini diperbolehkan untuk mandi atau sekadar bermain air dingin untuk membasahi kaki.

Lokasi dari air terjun ini berada di Tabalar, Kecamatan Tuban, Kabupaten Berau. Di tempat wisata ini juga banyak sekali pepohonan khas pegunungan yang akan membuat wisatawan enggan untuk beranjak pergi.

8. Wisata Air Panas Asin Biatan

Wisata Air Panas Asin Biatan ini memiliki pesona alam berupa kesegaran air panas dan asin. Di tempat wisata ini wisatawan juga bisa mengobati sakit kulit dengan kemurnian panasnya. di tempat ini juga belum banyak perubahan, masih sangat alami dan asri karena belum banyak wisatawan yang mengetahui.

9. Wisata Pulau Kaniungan

Wisata Pulau Kaniungan ini memiliki pesona keindahan pada pasir putihnya. Selain putih juga bersih sekali. Angin pantainya pun sangat landai sekali, sepoi-sepoi menyejukkan wisatawan yang datang. Selain itu di sini juga banyak sekali pohon kelapa yang membuat pantai ini tercantik di Kalimantan Timur.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Berau: Pulau Nabucco, Pantai Biduk-Biduk, dan Gua Haji Mangku

10. Wisata Pulau Nabucco

Wisata Pulau Nubucco ini memiliki pesona keindahan alam pada pemandangan pantainya. Air lautnya juga jernih. Selain itu di bibir pantai juga ada gubuk-gubuk untuk beristirahat para wisatawan. Dan ada rumah makan yang menyediakan makanan khas Kalimantan Timur.

11. Pantai Biduk-Biduk

Pantai Biduk-Biduk ini memiliki pesona keindahan alam pada pemandangan pantainya yang indah. Dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Pantai ini masih sangat sepi sekali karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini.

Selain itu untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu 7 jam dari Kabupaten Berau jika menggunakan mobil atau motor pribadi. Di tempat ini walaupun sepi masih ada penjualnya, mereka menjual cinderamata dan makanan khas Kabupaten Berau.

12. Gua Haji Mangku

Gua Haji Maratua ini berada di Pulau Kakaban. Tempat wisata ini memiliki pesona keindahan pada eksotisme gua itu sendiri. Lokasi gua ini berada di tengah hutan yang masih dikelilingi pepohonan yang cukup ribun. Memang untuk mencapai Gua Haji ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan perjuangan ekstra, tetapi keindahan yang akan didapatkan juga tidak cuma-cuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini